Yuk, Kenali Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Yuk, Kenali Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Kadar kolesterol normal yang perlu ada di setiap tubuh adalah 200 miligram. Jika lebih dari 200 miligram, seseorang bisa dianggap memiliki kadar kolesterol yang tinggi di tubuhnya. Tidak hanya untuk laki-laki, wanita pun juga ikut mengalaminya, lho. Nah, gejala kolesterol tinggi pada wanita juga cukup beragam, nih.

Beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita dianggap bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Bahkan jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi pada wanita bisa terbilang fatal. 

Yuk, kenali penyebab, gejala kolesterol tinggi pada wanita, serta cara mengatasinya di artikel ini!

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Biasanya, penyebab kolesterol tinggi pada wanita diikuti karena gaya hidup yang tidak sehat. Dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut, fungsi tubuh bisa berkurang sehingga mengarah ke kenaikan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengapa kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh berbahaya? Alasannya, karena kolesterol LDL yang tinggi bisa membuat lemak tertimbun di dalam tubuh. Saat timbunan lemak tumbuh, darah yang seharusnya mengalir melalui arteri pun akan terhalang.

Akibatnya, timbunan lemak tersebut bisa pecah sehingga menyebabkan stroke atau serangan jantung. Tentunya kamu tidak menginginkan hal itu bisa terjadi, bukan? Oleh karena itu, penyebab kolesterol tinggi pada wanita perlu diperhatikan sejak dini.

Nah, menurut Healthline, salah satu laman informasi kesehatan dari Amerika Serikat, berikut ini beberapa penyebab kolesterol tinggi pada wanita yang kerap menjadi alasan utama:

 

  • Riwayat keluarga
  • Umur yang semakin lanjut
  • Kurang olahraga
  • Merokok
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Polycystic ovarian syndrome (PCOS)
  • Diet yang buruk (mengonsumsi lemak jenuh berlebihan)

Gejala Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Lalu, apa saja gejala kolesterol tinggi pada wanita? Apa perbedaannya dengan kadar kolesterol laki-laki? 

Dikutip dari National Institutes of Health (NIH), institut kesehatan nasional dari Amerika Serikat, kadar kolesterol wanita ada pengaruhnya dengan kadar estrogen yang selalu berubah-ubah setiap bulannya. 

Berdasarkan penelitian dari NIH, para ahli menemukan di saat hormon estrogen meningkat, kolesterol baik (HDL) pun bisa ikut meningkat. Sedangkan kadar kolesterol buruk (LDL) akan menurun jika wanita akan mengalami menstruasi. Namun, hal itu hanya terjadi menuju menstruasi saja, ya.

Selain menstruasi, wanita yang memiliki kolesterol tinggi tetap harus segera diatasi agar tidak membahayakan diri. Nah, berikut ini beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai:

  • Badan terasa mudah lelah saat beraktivitas

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang sering dialami adalah badan terasa lebih mudah lelah saat beraktivitas sehari-harinya. Mengapa demikian? Badan yang mudah lelah saat memiliki kolesterol tinggi disebabkan adanya plak di area pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi susah untuk mengalir ke sel-sel tertentu.

  • Kesemutan

Merasakan kebas atau kesemutan juga menjadi gejala kolesterol tinggi pada wanita yang cukup utama. Sebab saat kolesterol tubuh meninggi, aliran darah pun ikut menjadi kental hingga membuat tangan atau kaki menjadi kesemutan.

  • Nyeri di bagian dada (angina)

Biasa dikenal sebagai angina, nyeri di bagian dada tidak bisa dianggap sepele, lho. Bisa jadi, hal tersebut merupakan gejala kolesterol tinggi pada wanita. Hal ini bisa terjadi karena plak yang mengendap di pembuluh darah akan mengurangi aliran darah ke bagian arteri. Alhasil, dada akan terasa nyeri.

  • Sakit di bagian rahang

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang lainnya adalah sakit di bagian rahang. Karena darah susah mengalir ke bagian otak dan jantung, maka rahang pun akan terasa nyeri.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Sempat merasakan beberapa gejala yang ada di atas? Sebaiknya, kamu bisa mulai menata pola hidup menjadi lebih sehat agar terhindar dari risiko penyakit yang ada, ya.

Menurut Healthline, laman informasi kesehatan dari Amerika Serikat, berikut beberapa cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari:

  • Jaga berat badan ideal
  • Memberhentikan kebiasaan merokok
  • Hindari makanan yang mengandung gula berlebih
  • Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan serat

Secara sederhana, gejala kolesterol tinggi pada wanita bisa muncul jika setiap harinya mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Mulai sekarang, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan yang sehat, kaya akan serat, serta mengandung lemak tak jenuh agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Jika suatu saat kamu ingin mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi seperti seafood, usahakan untuk mengonsumsi 2 botol Nutrive Benecol tepat setelah makan, ya! Mengandung komposisi alami, Nutrive Benecol memang sengaja dibuat untuk kamu yang memiliki kolesterol tinggi.

Sekarang, kamu tidak perlu takut memiliki kolesterol tinggi lagi di dalam tubuh. Sebab, Nutrive Benecol bisa menjadi solusi utamanya!

 

Referensi:

National Institutes of Health. https://www.nih.gov/news-events/news-releases/womens-cholesterol-levels-vary-phase-menstrual-cycle.

John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/why-cholesterol-matters-for-women.

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/high-cholesterol-and-heart-disease-in-women#lowering-cholesterol.

03 August 2022 - 74 views 3 min to read

Share: