Waspadai Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda Berikut Ini !

Waspadai Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda Berikut Ini !

Anda mungkin berpikir kalau serangan jantung hanya menyerang lansia. Apakah pemikiran tersebut benar ? Ternyata, pemikiran tersebut belum tentu benar, lho. 

Dahulu, kasus serangan jantung di usia muda memang masih terbilang langka. Tetapi sekarang, serangan jantung di usia muda sudah mulai ditemukan.

Melansir dari Cardio Metabolic Institute, menuturkan bahwa satu dari lima penderita serangan jantung berumur di bawah 40 tahun. Bahkan, serangan jantung juga mulai menyerang orang-orang berusia muda, yaitu usia 20-30 an.

Untuk Anda yang masih berusia 20-40 an, tentunya hal ini bisa menjadi penanda untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Serangan jantung tidak pandang usia dan bisa menyerang siapapun. Usia muda bukan jaminan bagi seseorang untuk tidak terkena penyakit mematikan ini. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab sakit jantung di usia muda sehingga bisa terhindar dari serangan penyakit jantung. Apakah Anda ingin tahu apa saja penyebab serangan jantung di usia muda ?

Ketahui 5 penyebab serangan jantung di usia muda dengan membaca ulasan di bawah ini, ya !

5 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Serangan jantung atau dalam istilah medis disebut infark miokard merupakan kondisi ketika aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung terhenti secara tiba-tiba. Apabila tidak ditangani secara cepat dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian mendadak. Berikut ini adalah beberapa penyebab serangan jantung usia muda.

Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Obesitas adalah kondisi penumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh karena jumlah kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar. Berat badan berlebih dapat memicu hipertensi atau diabetes yang menjadi penyebab umum penyakit jantung di usia muda.

Untuk menghindari obesitas, bisa Anda lakukan dengan beberapa cara seperti mengatur porsi makan, mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Rokok dan Kopi

Rokok dan kopi merupakan paket lengkap yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Minum kopi sambil merokok memang terasa nikmat bagi yang menyukainya. Jika Anda suka melakukan kebiasaan merokok sambil minum kopi, ada baiknya kurangi kebiasaan tersebut.

Dua kebiasaan tadi jika secara terus-menerus Anda lakukan dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung. 

Rokok mengandung nikotin, sedangkan kopi mengandung kafein, keduanya bisa mempercepat kerja dari jantung. Saat jantung bekerja terlalu cepat karena efek dari dua senyawa tadi, maka lama-kelamaan akan merusak organ jantung.

Hypertrophic Cardiomyopathy

Hypertrophic Cardiomyopathy (HCM) adalah suatu kondisi di mana otot jantung menjadi lebih tebal dari biasanya. Kondisi ini mengganggu kemampuan jantung Anda untuk memompa aliran darah. Penebalan yang tidak diketahui penyebabnya ini, biasanya terjadi di dinding bilik kiri jantung. Dinding jantung yang menebal membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. 

Hypertrophic Cardiomyopathy merupakan salah satu jenis penyakit pada otot jantung yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika seorang menderita penyakit ini, ada kemungkinan penyakit tersebut diturunkan dari orang tuanya. 

Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner atau penyakit jantung koroner adalah gangguan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan penyumbatan aliran darah akibat dari kolesterol dan simpanan lemak lainnya.

Gejala umum dari penyakit ini adalah rasa tidak nyaman di dada yang disertai keringat dingin atau gejala lain seperti mual atau pusing.

Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit peradangan pada pembuluh darah dan dapat berkembang menjadi penyakit jantung. Penyakit yang langka ini biasanya ditemui pada bayi dan anak-anak. Gejala pada anak yang terserang penyakit Kawasaki adalah demam beberapa hari, timbul ruam, pembengkakan tangan, dan iritasi pada selaput lendir mulut, bibir serta lidah. 

Memang, penyebab serangan jantung usia muda ada yang dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Namun, penyebab serangan jantung di usia muda juga ada yang diawali dari tidak menerapkan pola hidup sehat, contohnya obesitas. 

Selain itu, ada juga yang diakibatkan karena sering melakukan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan, seperti merokok dan ngopi. Kebiasaan merokok sambil menikmati kopi memang sulit untuk ditinggalkan bagi penikmatnya. Akan tetapi, kebiasaan kurang baik seperti itu perlu Anda tinggalkan agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Bagi Anda yang merokok memang sulit untuk berhenti merokok secara total. Anda bisa mulai mengurangi jumlah rokok yang Anda isap per hari secara perlahan. Sama seperti perokok, bagi pecinta kopi, Anda juga bisa mengurangi konsumsi kopi per hari atau mengganti kopi dengan minuman sehat. 

Nah, berbicara tentang minuman sehat. Ada satu minuman yang menyehatkan bagi tubuh Anda, yaitu Nutrive Benecol.

Nutrive Benecol merupakan minuman smoothies yang mengandung Plant Stanol Ester yang bisa menurunkan kolesterol hingga 7-10% saat dikonsumsi dua kali sehari setelah makan selama 2 atau 3 minggu berturut-turut. Di samping itu, Nutrive Benecol juga aman dari diabetes karena dibuat tanpa tambahan gula pasir dan Low GI. 

Yuk, jangan menunggu hingga kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh Anda dan menjadi sumber penyakit. 

Ayo minum Nutrive Benecol 2 botol setiap hari dimulai dari sekarang agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.  



04 October 2022 - 23 views 3 min to read

Share: