Usia Muda Bukan Berarti Tidak Bisa Terkena Penyakit Jantung, Ini Cirinya!

Usia Muda Bukan Berarti Tidak Bisa Terkena Penyakit Jantung, Ini Cirinya!

Kawula muda mungkin meyakini kalau penyakit jantung hanya menyerang dan mematikan bagi orang lansia. Tetapi, jangan beranggapan karena masih muda dan aktif bergerak serta rajin berolahraga sehingga terbebas dari serangan penyakit jantung, ya. Penyakit jantung bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2019 ada sekitar 17,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Minimnya pengetahuan tentang ciri-ciri penyakit jantung usia muda membuat kawula muda terkesan cuek sehingga penyakit ini tidak terdeteksi sejak dini dan terlambat penangannya. 

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja ciri-ciri tersebut. Mari cari tahu ciri-ciri penyakit jantung usia di muda di bawah sini !

5 Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda

Nyeri Dada (angina)

Saat angina muncul, dada akan terasa nyeri seperti ditekan atau di remas. Nyeri dada ini biasanya terjadi pada bagian dada sebelah kiri. Rasa nyeri yang bermula dari belakang tulang dada, lalu bisa menyebar ke daerah punggung, bahu, rahang, dan tenggorokan. Otot jantung yang kekurangan suplai darah sehingga menyebabkan angina. 

Badan Lemas Berlebihan

Tubuh akan menjadi lemas setelah beraktivitas, apalagi aktivitas yang Anda lakukan termasuk aktivitas berat. Hal tersebut merupakan kondisi yang biasa terjadi. Anda bisa memulihkan kondisi badan dengan beristirahat. Namun, jika setelah beristirahat Anda masih merasakan lemas yang berlebihan, ada kemungkinan hal tersebut adalah ciri penyakit jantung di usia muda. 

Selain itu, napas yang terengah-engah setelah melakukan kegiatan ringan juga bisa menjadi ciri penyakit jantung di usia muda.

Sesak Napas

Biasanya sesak napas menandakan ada gangguan pada organ paru-paru. Tetapi, dispnea atau napas pendek juga termasuk kedalam gejala penyakit jantung. Ketika mengalami kondisi ini, Anda akan merasakan nafas lebih pendek disertai rasa nyeri pada dada atau sesak.

Tekanan Darah Tinggi

Ciri keempat dari penyakit jantung usia muda adalah tekanan darah tinggi atau disebut juga sebagai hipertensi. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang diakibatkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat aliran darah ke jantung berkurang dan terjadi penyakit jantung koroner. 

Pingsan

Pada istilah medis, pingsan disebut juga dengan sinkop. Penyebab pingsan adalah berkurangnya aliran darah ke otak sehingga otak tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita darah rendah atau hipotensi.

Sebagian orang mungkin menganggap sepele hal ini dan tidak mencari tahu penyebab mengapa kondisi tersebut bisa terjadi, ya. 

Jika Anda pernah mengalami kondisi seperti di atas, Anda bisa berkonsultasi ke Dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, Anda juga bisa meminta saran kepada Dokter tentang cara menjaga kesehatan jantung.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi Nutrive Benecol secara rutin 2x sehari setelah makan. 

Nutrive Benecol, yang memiliki kandungan Plant Stanol Ester dan sudah terbukti secara klinis bisa menurunkan kadar kolesterol 7-10% jika dikonsumsi 2x sehari setelah makan selama 2-3 minggu. Nutrive Benecol, cara mudah turunkan kolesterol !

11 October 2022 - 19 views 2 min to read

Share: