Terbukti Ampuh, Berikut Manfaat Alpukat Untuk Kolesterol

Terbukti Ampuh, Berikut Manfaat Alpukat Untuk Kolesterol

Kolesterol tinggi memang bisa menjadi masalah untuk seseorang. Sebab, penderita kolesterol tinggi berisiko terkena jantung bermasalah, stroke, hingga diabetes. Maka dari itu, merubah pola makan sangat diperlukan. Nah, salah satu makanan yang disarankan untuk penderita kolesterol adalah alpukat. Memangnya, apa manfaat alpukat untuk kolesterol?

Pasalnya, mengonsumsi alpukat untuk kolesterol mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) seseorang. Apakah informasi tersebut fakta? Yuk, cari tahu jawabannya melalui artikel yang ada di bawah ini!

Kandungan Alpukat

Sebelum membahas manfaat alpukat untuk kolesterol, mari beda satu per satu mengenai kandungan nutrisi yang ada di alpukat. Selain menjadi buah yang nikmat disantap, alpukat juga kaya akan nutrisi. 

Dikutip dari U.S Department of Agriculture, departemen agrikultur dari Amerika Serikat, alpukat mengandung nutrisi seperti:

  • Vitamin A (menjaga kesehatan mata, sistem reproduksi, dan menjaga sistem kekebalan tubuh)
  • Vitamin E (melindungi sel tubuh dari segala kemungkinan akan kerusakan)
  • Vitamin K (membantu pembekuan darah dan penyembuhan luka)
  • Folat (membentuk sel darah merah pada tubuh)
  • Kalium (mengurangi risiko stroke dan serangan jantung pada seseorang)
  • Kolin (membantu proses pembuangan racun yang ada di dalam tubuh)
  • Tembaga (membantu kinerja sistem saraf, pembuluh darah, serta imun)
  • Fosfor (memelihara sistem saraf dan otot)
  • Magnesium (mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah)

Dilihat dari kandungan yang ada dalam alpukat, ternyata banyak sekali nutrisi yang bisa didapat, ya. Kalau begitu, apakah kandungan alpukat tersebut berpengaruh untuk menurunkan kolesterol?

Manfaat Alpukat Untuk Kolesterol

Nyatanya, manfaat alpukat untuk kolesterol memang berpengaruh besar, lho. 

Sebab, alpukat mengandung fitosterol yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dikutip dari hasil penelitian yang dijelaskan Medical News Today, salah satu laman kesehatan dari Inggris, seseorang yang lebih memilih untuk mengonsumsi alkohol daripada lemak hewani bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) di tubuh sebanyak 18,80 miligram per desiliter. 

Selain itu, salah satu hasil penelitian dari PubMed Central, perpustakan nasional dari Amerika Serikat di bidang kesehatan, menunjukkan bahwa alpukat memang tidak menjadi bintang utama dalam menurunkan kolesterol secara langsung. Namun, mengonsumsi alpukat untuk kolesterol bisa meningkatkan level kolesterol baik (HDL) seseorang.

Kemudian, menurut The California Avocado Commission, laman informasi mengenai alpukat yang berasal dari Amerika Serikat, alpukat bisa memiliki manfaat baik untuk jantung. Sebab, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda. 

Selain manfaat alpukat untuk kolesterol, alpukat juga memiliki kelebihan lainnya dalam sisi kesehatan, lho. Apa saja? Dikutip dari Healthline, laman kesehatan dari Amerika Serikat, berikut manfaatnya:

  • Menyehatkan usus

Alpukat bisa menyehatkan kondisi usus seseorang karena mengandung 14 gram serat di dalamnya. 

  • Mengurangi risiko jantung bermasalah

Berbagai kandungan nutrisi di dalam alpukat mampu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular seseorang. Sehingga, sistem peredaran darah menjadi lancar dan jantung bisa berfungsi dengan tepat.

  • Kaya akan antioksidan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh

Kandungan alpukat seperti vitamin E termasuk ke antioksidan yang bisa menjaga daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, antioksidan juga memiliki banyak manfaat seperti mempertahankan kesehatan kulit hingga mencegah penyakit saraf.

  • Menaikkan berat badan dalam cara yang sehat

Ingin menaikkan berat badan dengan cara yang sehat? Maka, mengonsumsi alpukat bisa menjadi jawaban. Selain mengonsumsi alpukat untuk kolesterol, buah ini juga bisa meningkatkan rasa kenyang seseorang.

Peran penting alpukat untuk kolesterol dan kesehatan tubuh itulah yang membuat banyak orang berlomba-lomba mengonsumsi alpukat. Nah, agar kadar kolesterol di tubuh bisa cepat menurun, mengonsumsi alpukat saja tidak cukup.

Kamu perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya yang kaya akan serat. Selain itu, merubah pola hidup menjadi lebih teratur juga diperlukan, lho. Untuk itulah, Nutrive Benecol hadir agar bisa menemanimu melawan kolesterol tubuh.

Biasakan untuk mengonsumsi Nutrive Benecol setiap harinya sebanyak 2 botol setelah makan, kolesterol di tubuh bisa berkurang sebanyak 7 sampai 10%. Sangat menarik, bukan? Itulah mengapa, mengonsumsi Nutrive Benecol juga snagat diperlukan jika kamu ingin mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

Reference:

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/is-avocado-good-for-cholesterol#overview-on-cholesterol.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/avocado-nutrition#healthy-weight

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/avocado-and-cholesterol.

Nutrition Facts. https://nutritionfacts.org/2022/06/21/what-do-avocados-do-to-your-cholesterol/

NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29635493/.

03 August 2022 - 43 views 3 min to read

Share: