Sering Salah Kaprah! Beberapa Mitos Pencernaan Yang Sering Dipercaya

Sering Salah Kaprah! Beberapa Mitos Pencernaan Yang Sering Dipercaya

Mitos tentang sistem pencernaan memang sudah banyak tersebar di dalam kehidupan  masyarakat kita. Seiring berjalanya waktu, mitos tentang sistem pencernaan makin berkembang melalui mulut ke mulut. Mitos-mitos ini berhubungan dengan sistem pencernaan yang sudah dipercaya oleh banyak orang.

Salah satu mitos tentang pencernaan adalah menelan biji dari buah-buahan. Ingatkah Anda pada waktu kecil dahulu, ada mitos yang mengatakan jika menelan biji dari buah-buahan, maka biji tersebut bisa tumbuh dan berbuah di dalam perut Anda.

Nah, supaya tidak keliru, Mari kita cari tahu berbagai mitos yang sering dipercaya oleh orang banyak pada ulasan di bawah ini, ya !

Beberapa Mitos Tentang Pencernaan yang Dipercaya Banyak Orang

Sayuran Mentah Lebih Sehat

Bagi yang mengira kalau sayuran mentah ternyata lebih sehat untuk pencernaan, ternyata anggapan ini hanyalah mitos belaka. Tak semua orang bisa memakan sayuran dalam kondisi yang masih mentah, terutama yang memiliki penyakit pada saluran pencernaan.

Sayuran yang masih mentah dapat memicu produksi gas sehingga perut menjadi kembung. Selain itu, dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran saat sudah matang sebab usus lebih mudah mencerna dan menyerap nutrisi daripada sayuran yang masih mentah.

Hindari Makanan Berserat Tinggi Saat Diare

Banyak orang yang menganggap jika konsumsi makanan berserat pada saat diare merupakan hal yang tidak baik. Anggapan ini sebenarnya agak kurang tepat, pasalnya, pada makanan sendiri terdapat dua jenis serat, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Betul kalau kedua jenis serat tersebut baik untuk pencernaan Anda, tetapi saat mengalami diare yang perlu dihindari adalah konsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut air. Sebab, serat tidak larut air dapat merangsang gerak usus dan membuat Anda lebih sering buang air besar. 

Meskipun anda dianjurkan untuk menghindari serat tidak larut air, akan tetapi jenis serat lainnya yaitu serat larut air ternyata justru sangat baik untuk anda yang sedang diare karena bisa menyerap kelebihan air dalam feses. Hal ini sangat cocok pada orang yang sedang mengalami diare, dikarenakan konsistensi tinja menjadi lebih berair atau encer saat diare. Oleh karena itu, kelebihan cairan pada feses perlu diserap agar tekstur feses menjadi padat saat dikeluarkan melalui BAB.

Cuci Usus dapat Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat dari cuci usus mungkin sudah menjadi mitos pencernaan yang paling banyak diketahui. Cuci usus merupakan suatu metode untuk membersihkan saluran pencernaan. Cuci usus dibagi mencari dua cara, yaitu dengan mengonsumsi produk detoksifikasi atau dengan terapi alami, yakni hidroterapi kolon.

Bagi Anda yang belum tahu, hidroterapi kolon pada usus besar adalah terapi alami tanpa rasa sakit atau nyeri untuk mengeluarkan racun serta kotoran yang terkumpul dalam tubuh dengan membersihkan kolon menggunakan air hangat atau cairan yang terbuat dari bahan herbal.

Walaupun tidak berbahaya bagi orang sehat, cuci usus tidak disarankan untuk orang yang mengidap penyakit crohn, diverkulitis dan kolitis ulseratif. 

Usus Tidak Bisa Mencerna Permen Karet

Permen Karet terbuat dari karet sintesis. Karet sintetis memang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, permen karet dibuat hanya untuk dikunyah, bukan untuk ditelan.

Tubuh manusia memang tidak bisa mencerna permen karet, tetapi bila tidak sengaja tertelan, maka permen karet tidak akan tertahan dalam perut untuk jangka waktu lama. Permen karet akan segera dikeluarkan oleh gerak usus bersamaan dengan keluarnya feses.

Stres Menyebabkan Tukak Lambung

Tukak lambung tidak disebabkan oleh stres dan membuat anggapan ini hanyalah tidak lebih dari sekedar mitos saja. Tukak lambung diakibatkan oleh infeksi bakteri yang bernama Helicobacter Pylori. 

Bakteri Helicobacter Pylori menyerang lapisan pelindung lambung sehingga lambung lebih mudah terkikis oleh asam. Biarpun begitu, kondisi stres juga dapat memperparah penyakit lambung karena ketika stres membuat produksi asam lambung ikut meningkat. Inilah sebabnya gejala sakit lambung bisa bertambah parah ketika Anda mengalami stres.

Itulah berbagai mitos tentang pencernaan yang sering dipercaya oleh banyak orang. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan dari mana saja yang termasuk ke dalam mitos. Beberapa mitos yang sudah terlanjur beredar di masyarakat bisa membuat seseorang menjadi salah memahami sistem pencernaan dan berpotensi mengganggu kesehatan pencernaan.

Bagaimana? Sekarang anda jadi lebih paham kan, apa saja mitos - mitos pencernaan yang umum dijumpai di masyarakat?. Kesehatan sistem pencernaan merupakan hal yang perlu anda jaga dan pelihara dengan baik, salah satu cara praktis dan enak untuk menjaga kesehatan pencernaan anda adalah dengan rutin konsumsi Nutrive FiberShot tiap hari. Rajin konsumsi Nutrive FiberShot dua kali sehari untuk membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan anda. 

12 October 2022 - 16 views 3 min to read

Share: