Saling Berkaitan, Ini Dia Hubungan Kolesterol Dengan Hipertensi

Saling Berkaitan, Ini Dia Hubungan Kolesterol Dengan Hipertensi

Hubungan kolesterol dengan hipertensi sebenarnya sangat erat, lho. Apalagi untuk seseorang dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti makan sembarangan, jarang berolahraga, hingga melakukan kebiasaan yang tidak menyehatkan (merokok atau minum alkohol). Biasanya, kolesterol dan hipertensi akan menjadi teman baik.

Memangnya, apa saja hubungan kolesterol dengan hipertensi? Sebelum mencari tahu lebih jauh di antara hubungannya, bedah mengenai kolesterol dan hipertensi dulu, yuk!

Apa Itu Kolesterol?

Dari sisi kesehatan, kolesterol adalah zat lilin yang ada di dalam darah seseorang. Sebenarnya, tubuh seseorang membutuhkan kandungan kolesterol untuk membangun sel-sel, lho. Namun, jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh mendominasi, maka hal itu juga tidak baik karena bisa menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung.

Nah, menurut Mayo Clinic, pusat kesehatan yang ada di Amerika Serikat, kolesterol sendiri terbagi menjadi dua, yakni:

  • High-density lipoprotein (HDL)

HDL atau yang biasa juga disebut sebagai kolesterol baik berfungsi untuk menyerap kolesterol yang berlebih serta mengembalikannya ke bagian hati.

  • Low-density lipoprotein (LDL)

LDL atau kolesterol buruk bisa membawa seluruh partikel kolesterol ke bagian tubuh yang lainnya. Akibatnya, kolesterol LDL bisa menggumpal di dinding arteri sehingga menyulitkan peredaran darah.

Jika ingin memiliki kadar kolesterol yang normal, disarankan untuk membatasinya sampai 200 miligram. Jika sudah lebih dari 200, bisa dikatakan kalau kadar kolesterol seseorang tersebut cukup tinggi.

Kebanyakan, penyebab kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan tanpa nutrisi yang cukup. Selain itu, faktor penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah obesitas, kurang olahraga, faktor umum, hingga mengonsumsi alkohol dan rokok.

Jika kolesterol meninggi karena gaya hidup tersebut, lemak pun akan tertimbun di pembuluh darah hingga menyebabkan stroke atau penyakit jantung.

Apa Itu Hipertensi?

Sebelum membahas hubungan kolesterol dengan hipertensi, kenalan dengan hipertensi dahulu, yuk! Apa yang dimaksud dengan hipertensi? Menurut World Health Organization, organisasi kesehatan dunia, hipertensi adalah tekanan darah yang terlalu tinggi. Tekanan darah sendiri merupakan kekuatan yang dibutuhkan untuk sirkulasi darah terhadap pembuluh darah Biasanya, tekanan darah akan tertulis berupa angka yang terdiri dari dua bagian. Angka awal merupakan tekanan dalam pembuluh darah saat jantung berdetak. Sedangkan angka akhir adalah tekanan dalam pembuluh darah saat jantung sedang beristirahat. Dikutip dari NHS, layanan kesehatan nasional dari Inggris, tekanan darah normal berada di kisaran 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Jika lebih dari 120/80, bisa dikatakan jika tekanan darahmu tinggi atau mengalami hipertensi.

Beberapa faktor penyebab hipertensi adalah pola hidup yang tidak baik serta makanan yang tidak sehat saat dikonsumsi seperti:

  • Terlalu banyak garam dan lemak jenuh
  • Kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Kurang berolahraga
  • Penyakit penyerta (diabetes)
  • Faktor umur

Secara sederhana, penyebab hipertensi dan kolesterol tinggi memang sama, yakni pola hidup yang tidak sehat. Nah, jika tekanan darah terlalu tinggi atau seseorang mengalami hipertensi, maka ada beberapa komplikasi yang mungkin dialami seperti stroke atau penyakit jantung. 

Mengapa bisa terjadi? Sebab saat tekanan darah meninggi, akan terjadi penebalan pembuluh darah yang membuat jantung menjadi bermasalah.

Hubungan Kolesterol dengan Hipertensi

Dari penjelasan di atas, kolesterol dan hipertensi merupakan kedua hal yang sama-sama harus dihindari. Namun, apa hubungan kolesterol dengan hipertensi?

Menurut Web MD, penerbit informasi kesehatan dari Amerika Serikat, hubungan kolesterol dengan hipertensi saling berkaitan jika salah satunya meningkat. \

Saat tubuh seseorang memiliki kelebihan kolesterol dan tidak dapat membersihkan kolesterol dari aliran darah, kolesterol tersebut akan mengendap dan tertimbun di sepanjang arteri dinding. Lalu, arteri akan menjadi sempit karena timbunan kolesterol tersebut.

Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras lagi agar darah bisa melalui bagian arteri dengan lancar. Karena itulah, tekanan darah pun jadi harus semakin meningkat dan tinggi atau terjadi hipertensi. 

Namun, semakin tingginya tekanan darah untuk melawan kolesterol, arteri dinding akan menjadi rusak juga. Arteri yang ditempati oleh endapan kolesterol pun akan robek. Maka dari itu, hubungan kolesterol dengan hipertensi yang erat menjadi risiko tinggi seseorang terkena stroke atau penyakit jantung.

Hubungan kolesterol dengan hipertensi yang sama-sama tinggi biasanya dikenal dengan nama sindrom metabolik (penyakit yang terjadi secara bersamaan). Terjadinya sindrom metabolik pada tubuh seseorang bisa juga meningkatkan risiko terkena diabetes. 

Jadi, usahakan untuk selalu menjaga kadar kolesterol di tubuh, ya. Sebab, jika kadar kolesterol di tubuh cukup normal, maka tekanan darah pun akan normal. Tetapi jika tingkat kolesterol cukup tinggi, maka kemungkinan terjadi hipertensi pun sangat tinggi.

Salah satu cara yang bisa mendukung kolesterol di tubuh menjadi normal adalah mengonsumsi Nutrive Benecol, lho. Kamu tidak perlu khawatir saat makan makanan yang tinggi akan kolesterol seperti seafood lagi. 

Sebab, mengonsumsi Nutrive Benecol 2 kali setiap harinya bisa menurunkan kadar kolesterol seseorang hingga 7-10%. Tunggu apa lagi? Yuk, konsumsi Nutrive Benecol untuk hajar kolesterol!

 

Referensi:

Web MD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/high-cholesterol-and-high-blood-pressure. Hubungan

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/treating-with-statins/hypertension#7. Hubungan

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800.

World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20373410

NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/lifestyle/what-is-blood-pressure/.

03 August 2022 - 2 views 3 min to read

Share: