Rekomendasi Olahraga yang Bagus untuk Menjaga Kadar Kolesterol Agar Tetap Normal

Rekomendasi Olahraga yang Bagus untuk Menjaga Kadar Kolesterol Agar Tetap Normal

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat yaitu dengan berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga bisa membantu membuat manajemen berat badan stabil, membakar kalori, mencegah tekanan darah tinggi, hingga meningkatkan suasana hati agar tetap baik.

Selain itu, olahraga juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Kenapa kadar kolesterol di dalam tubuh perlu dijaga?

Dari pengertiannya sendiri menurut American Heart Association, kolesterol merupakan zat lilin yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel dan membuat vitamin dan hormon lainnya. Tapi, ketika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini justru bisa menimbulkan masalah.

Inilah sebabnya mengapa kadar kolesterol di dalam tubuh perlu dijaga. Kolesterol terbagi atas dua jenis, yaitu kolesterol jahat yang disebut Low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik yang disebut High-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari aliran darah untuk membantu organ kita berfungsi dengan baik.Ketika jumlah kolesterol di dalam darah meningkat, maka banyak juga risiko yang bisa muncul di dalam tubuh, salah satunya seperti penyakit kardiovaskular, jantung, dan juga stroke.

Lalu, bagaimana cara menjaga kadar kolesterol tetap stabil? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa menjaganya dengan melakukan olahraga secara teratur setiap harinya. 

Kalau bingung olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan, inilah rekomendasi olahraga yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol Anda!

Olahraga yang Bagus untuk Menjaga Kadar Kolesterol

  • Jalan Cepat atau Jogging

Olahraga pertama yang bisa Anda coba yaitu jalan cepat atau jogging. Tidak perlu memikirkan Anda harus berlari kencang berkilo-kilo meter jauhnya atau menggunakan treadmill dengan kecepatan yang tinggi, Anda hanya perlu melakukannya secara perlahan.

Karena jika Anda tidak biasa lari atau memiliki masalah persendian, memaksakan untuk lari malah hanya akan memperburuk kondisi tubuh dibandingkan mendapat manfaat yang baik. Anda bisa mulai dengan berjalan di sekitar rumah secara rutin setiap harinya.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine pada tahun 2013, peneliti melaporkan bahwa para pelari jarak jauh menunjukkan adanya peningkatan kolesterol HDL yang jauh lebih baik dibandingkan dengan para pelari jarak pendek yang berlari kurang dari 10 mil dalam seminggu.

Meskipun begitu, dengan bertambahnya usia, kadang terasa lebih sulit untuk berlari. Maka dari itu, Anda bisa membiasakan diri jalan cepat sekaligus juga untuk melindungi kesehatan sendi.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga favorit yang seringkali kita lakukan saat masih kecil. Ternyata, olahraga jenis ini juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol, lho. Hal ini disebabkan bersepeda dapat membakar kadar kalori sebanyak ketika Anda melakukan jogging.

Tanpa disadari, bersepeda juga membuat tubuh lebih mudah untuk menggerakkan sendi-sendi di tubuh, khususnya sendi lutut. Selain mampu menjaga kadar kolesterol, sebuah studi Prospective Study of Bicycling and Risk of Coronary Heart Disease in Danish Men and Women (2016) menemukan fakta bahwa bersepeda bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Berenang

Kalau Anda merasa berat untuk jalan cepat, jogging, dan bersepeda, Anda bisa coba untuk melakukan olahraga lain yang juga memiliki manfaat untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang seperti berenang.

Ditambah lagi ketika Anda berenang, seluruh bagian tubuh bergerak yang bisa membuat tubuh semakin rileks. Berenang juga sangat baik untuk kesehatan jantung, terlebih lagi untuk menurunkan kadar kolesterol lebih baik dibandingkan dengan berjalan kaki.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di International Journal of Aquatic Research and Education, peneliti menemukan fakta bahwa perenang (khususnya pria) memiliki risiko kematian hingga 53% lebih rendah dari pria yang tidak banyak bergerak, pejalan kaki, atau pelari.

  • Yoga

Yoga juga bisa Anda lakukan sebagai olahraga yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol. Beberapa studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan secara langsung juga bisa menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Bahkan, dengan melakukan olahraga yoga selama tiga bulan mampu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL. Tidak hanya itu saja, aktivitas ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL pada para penderita diabetes, seperti yang dilaporkan pada Indian Heart Journal pada tahun 2013.

Studi yang diterbitkan oleh European Journal of Preventive Cardiology juga menunjukkan mereka yang secara teratur berlatih yoga memiliki peningkatan kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan tekanan darah yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Nah, mulai sekarang anda bisa coba untuk melakukan olahraga yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol seperti yang disebutkan di atas. Tetapi, untuk semakin menjaga agar tubuh tetap sehat, Anda sebaiknya juga menjaga pola makan dan juga minum minuman bernutrisi setiap harinya.

Salah satunya dengan mengonsumsi Nutrive Benecol yang memiliki kandungan Plant Stanol Ester. Kandungan ini dapat menurunkan kolesterol 7--10%, lho.

Anda hanya perlu minum Nutrive Benecol sebanyak 2 kali sehari untuk menurunkan kadar kolesterol setiap habis makan. Nutrive Benecol juga dapat dikonsumsi untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol normal namun ingin melakukan pencegahan.

 

Referensi:

What is Cholesterol? - American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/about-cholesterol

The Top 10 Benefits of Regular Exercise - Healthline, 2021. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise

Does Exercise Lower Cholesterol? - Health Essentials, 2021. https://health.clevelandclinic.org/does-exercise-lower-cholesterol/

Lowering Your High Cholesterol: 6 Exercises That Will Pay Off - Healthline.

https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/treating-with-statins/best-exercises

30 June 2022 - 8 views 3 min to read

Share: