Rekomendasi Makanan yang Rendah Lemak untuk Jaga Kadar Kolesterol Seimbang

Rekomendasi Makanan yang Rendah Lemak untuk Jaga Kadar Kolesterol Seimbang

Makan merupakan kebutuhan yang paling penting untuk tubuh kita. Setiap hari, ibaratnya tubuh kita seperti gadget yang kita gunakan dan ketika baterainya mulai habis, salah satu cara mengisi energinya yaitu dengan makan.

Ternyata makan juga memiliki fungsi yang lebih kompleks dari itu, di mana makan juga menjadi kunci utama untuk memperbaiki jaringan tubuh. Apalagi tubuh kita memiliki milyaran sel dan sel-sel tersebut membutuhkan nutrisi dari makanan untuk bisa berkembang dengan baik.

Namun terkadang, makanan tidak selalu membawa dampak baik bagi tubuh kita. Ada beberapa makanan yang justru meninggalkan efek kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Contohnya saja seperti makanan-makanan cepat saji atau fast food yang memiliki kadar kolesterol hingga 85–180 mg dalam satu porsinya.

Gorengan dan makanan berlemak lainnya juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh Anda meningkat. Ini tentu bukan hal yang baik, apalagi kalau Anda ingin berusaha untuk tetap menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang.

Tapi tidak perlu khawatir, ya. Meskipun banyak makanan yang bisa memicu kolesterol meningkat, ada juga kok makanan yang rendah lemak untuk jaga kadar kolesterol. Bahkan, makanan-makanan ini sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol atau mencegah penyakit kolesterol.

Kira-kira, apa saja makanannya?

Makanan yang Rendah Lemak untuk Jaga Kadar Kolesterol

  • Oatmeal

Ketika Anda ingin menjaga kadar kolesterol, salah satu makanan yang bisa Anda pilih yaitu oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung banyak serat larut, di mana serat larut ini bisa mengurangi kolesterol LDL atau yang biasa disebut dengan kolesterol jahat.

Selain di oatmeal, serat larut juga bisa ditemukan di makanan lain seperti kacang merah, kubis, brussel, apel, dan pir.

Mengapa serat larut baik untuk mengurangi kolesterol LDL? Karena serat larut mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Dalam sehari, serat larut bisa menurunkan kolesterol LDL dari lima hingga 10 gram.

Bisa dikatakan, satu porsi sarapan dengan oatmeal bisa mengandung 3 hingga 4 gram serat. Anda bisa juga menambahkan lebih banyak serat lagi dengan mengonsumsi buah-buahan.

  • Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Makanan yang rendah lemak untuk jaga kadar kolesterol lainnya yaitu ikan. Ikan berlemak memiliki kadar asam lemak omega 3 yang tinggi, sehingga bisa mengurangi trigliserida atau sejenis lemak yang biasa ditemukan di dalam darah.

Selain itu, kadar asam lemak omega 3 ini juga bisa membantu mengurangi tekanan darah dan meminimalisir risiko pembekuan darah. Bagi orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung, asam lemak omega 3 mampu mengurangi risiko kematian mendadak yang disebabkan akibat penyakit tersebut.

Asam lemak omega 3 memang tidak mempengaruhi kadar kolesterol secara signifikan, tetapi karena manfaatnya yang baik untuk jantung, American Heart Association merekomendasikan agar kita mengonsumsi setidaknya dua ikan dalam seminggu.

Kadar asam lemak omega 3 tertinggi bisa ditemukan di ikan kembung, ikan tuna, dan ikan salmon.

  • Kacang, Terutama Kacang Almond dan Kenari

Kacang-kacangan merupakan makanan padat nutrisi lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal, khususnya kacang almond dan kacang kenari. Apalagi kacang kenari dikenal mengandung banyak lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, kacang almond dan kacang-kacangan lainnya kaya akan L-arginine, asam amino yang bisa membantu tubuh untuk membuat oksida nitrat, yang pada akhirnya, akan membantu mengatur tekanan darah supaya tetap stabil.

  • Alpukat

Alpukat merupakan sumber nutrisi yang kuat dan mengandung monounsaturated fatty acids (MUFAs) atau asam lemak tak jenuh tunggal. Bisa dikatakan bahwa alpukat merupakan buah yang sangat padat nutrisi.

Nutrisi yang ada di dalam alpukat mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang punya kelebihan berat badan dan obesitas dengan kadar kolesterol LDL tinggi, mampu menurunkan kadar LDL mereka secara signifikan ketika mengonsumsi satu alpukat setiap hari dibandingkan mereka yang tidak makan alpukat.

Sangat penting untuk kita menjaga pola makan dan juga jenis makanan apa yang ingin dikonsumsi. Pilihlah makanan yang paling tepat untuk tubuh Anda agar kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik.

Selain mengonsumsi makanan yang rendah lemak untuk jaga kadar kolesterol, Anda juga bisa menyeimbangkannya dengan minum Nutrive Benecol untuk menjaga kolesterol dan menurunkan kolesterol agar tetap normal.

Dengan kandungan Plant Stanol Ester, Nutrive Benecol mampu menurunkan kolesterol hingga 7–10%. Minum Nutrive Benecol sebanyak 2 kali sehari setelah makan untuk turunkan kadar kolesterol dan menjaga tubuh tetap sehat setiap harinya.

 

Referensi:

Cholesterol: Top foods to improve your numbers - Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/cholesterol/art-20045192

13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet - Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels#TOC_TITLE_HDR_3

30 June 2022 - 27 views 3 min to read

Share: