Perlu Diperhatikan, Berikut 4 Gejala atau Ciri-ciri Asam Urat Kolesterol

Perlu Diperhatikan, Berikut 4 Gejala atau Ciri-ciri Asam Urat Kolesterol

Perlu Diperhatikan, Berikut 4 Gejala atau Ciri-ciri Asam Urat Kolesterol

Dilansir dari Cleveland Clinic, laman informasi mengenai kesehatan dari Inggris, asam urat adalah komponen yang berasal dari pengurangan metabolisme purin (senyawa kimia yang dibuat oleh tubuh dan dicerna bersama makanan). Secara sederhana, asam urat merupakan hasil sisa metabolisme tubuh.

Sebenarnya, memiliki asam urat di dalam tubuh terbilang cukup normal, lho. Bahkan, asam urat yang ada di dalam tubuh seseorang memiliki takarannya sendiri. Dilansir dari Medical News Today, laman kesehatan dari Inggris, kandungan asam urat yang normal untuk laki-laki berada di angka 2.5-7.0 miligram. Sedangkan untuk wanita, kadar normalnya berada di angka 1.5-6.0 miligram.

Namun, adanya asam urat di dalam tubuh hanya baik jika kandungannya masih di batas normal. Kalau lebih dari normal, kamu bisa terkena asam urat tinggi. Biasanya, ciri-ciri asam urat kolesterol ini mengganggu aktivitas tubuh juga.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki asam urat tinggi terbilang perlu penanganan cepat. Tujuannya, agar tubuh bisa kembali sehat dan beraktivitas seperti sedia kala. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai gejala dan ciri-ciri asam urat kolesterol di sini!

Apa hubungan antara asam urat dan kolesterol?

Sebelum membahas ciri-ciri asam urat kolesterol, sebenarnya apa hubungan antara asam urat dan kolesterol itu sendiri?

Menurut jurnal International Journal of Cardiology (2018), asam urat yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dan lemak-lemak lainnya yang ikut naik.

Jadi, hubungan antara asam urat dan kolesterol pun terbilang cukup sederhana namun berkaitan satu sama lain. Jika asam urat naik, maka kolesterol jahat pun ikut naik. Akibat terburuknya, seseorang bisa terkena serangan jantung.

Penyebab utama dari asam urat kolesterol ini adalah pola makan yang tidak sehat, obat-obatan, obesitas, serta mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat purin cukup tinggi. Nah, beberapa jenis makanan atau minuman yang mengandung zat purin tinggi adalah:

  • Seafood atau makanan laut
  • Bagian organ seperti hati atau ginjal
  • Daging berlemak
  • Minuman yang mengandung kadar gula
  • Bir dan alkohol

Maka dari itu, orang yang memiliki asam urat kolesterol tinggi diharapkan tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Sebagai alternatif, makanan yang bisa dikonsumsi berupa daging tanpa lemak, susu rendah lemak, sayuran, dan juga buah-buahan.

Gejala atau ciri-ciri asam urat kolesterol

Agar bisa memahami lebih lanjut, gejala atau ciri-ciri asam urat kolesterol pun wajib diketahui. Tujuannya, agar kamu bisa melakukan pengecekan dini dan sigap mengatasi jika kadar asam urat dan kolesterolmu tinggi.

Dikutip dari Mayo Clinic, salah satu pusat kesehatan dari Amerika Serikat, berikut ini beberapa gejala atau ciri-ciri asam urat kolesterol tinggi pada tubuh.

  • Nyeri sendi

Pasti dialami, ciri-ciri asam urat kolesterol tinggi bisa dirasakan melalui sendi yang nyeri. Utamanya, asam urat akan memengaruhi bagian sendi di jempol kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk terjadi di bagian sendi lainnya seperti siku, pergelangan kaki, lutut, serta pergelangan tangan.

Nah, nyeri sendiri yang dialami seseorang dengan asam urat kolesterol tinggi pun bisa mencapai 4 hingga 12 jam, lho. Jadi, tubuh akan merasakan nyeri dan pegal-pegal dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Rasa tidak nyaman yang berlangsung lama

Dikarenakan nyeri sendi di beberapa bagian tubuh, tubuh seseorang yang memiliki asam urat kolesterol tinggi akan ikut tidak nyaman. Akibatnya, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

  • Radang dan kemerahan

Ciri-ciri asam urat kolesterol tinggi lainnya adalah terjadi peradangan serta kemerahan. Sendi yang terkena asam urat akan menjadi bengkak, nyeri, serta berubah warna menjadi kemerahan. Sebab, adanya asam urat yang menumpuk di dalam tubuh akan membentuk benjolan kecil yang biasa disebut dengan tofi.

  • Sulit menggerakkan tubuh

Seiring hari berjalan, ciri-ciri asam urat kolesterol tinggi akan berlanjut ke bagian tubuh yang sulit untuk digerakkan. Secara sederhana, bagian sendi akan tidak bisa digerakkan. 

Itu dia beberapa ciri-ciri asam urat kolesterol yang pasti akan dialami penderitanya. Tentunya kamu tidak ingin merasakan gejala-gejala tersebut, bukan? Maka dari itu, lebih baik mencegahnya sejak dini. 

Salah satu cara mencegah terjadinya asam urat tinggi adalah dengan memerhatikan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Usahakanlah mengonsumsi makanan yang mengandung serat alami dan hindari makanan yang tinggi kolesterol.

Kalau ingin mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, pastikan kamu segera meminum Nutrive Benecol, ya! Sebab, Nutrive Benecol sengaja didesain untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, kamu juga sangat aman jika ingin mengonsumsinya dalam kadar 2 kali sehari sebab Nutrive Benecol tidak mengandung gula pasir tambahan.

Asam urat dan kolesterol tinggi? Sekarang, semuanya bisa diatasi dengan mengonsumsi Nutrive Benecol

Reference:

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0167527317379275.

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/490117-what-is-the-relation-between-high-levels-of-cholesterol-uric-acid/

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17808-high-uric-acid-level.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gout/symptoms-causes/syc-20372897

03 August 2022 - 364 views 3 min to read

Share: