Perlu Dihindari, Ini 9 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Perlu Dihindari, Ini 9 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Pada dasarnya, ada banyak faktor penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang perlu dihindari. Menjaga pola makan dengan mengganti menu ke yang lebih sehat memang terbilang sangat penting untuk menjaga kolesterol rendah. Namun nyatanya, hal tersebut pun harus ditemani dengan gaya hidup sehat lainnya.

Jika tidak, kadar kolesterol bisa tetap meningkat hingga mengarah ke stroke atau penyakit jantung. Biasanya, kebanyakan orang tidak sadar jika mereka memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuhnya. Sebab, cara mengetahui kadar kolesterol di tubuh hanya melalui tes pengambilan darah.

Tidak hanya kolesterol jahat, sebenarnya ada juga kolesterol baik, lho. Nah, menurut Mayo Clinic, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, berikut dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh. 

  • LDL (Lipoprotein densitas rendah)

Secara sederhana, LDL merupakan kolesterol jahat yang bisa menumpuk di dinding arteri tubuh sehingga menyebabkan penyakit jantung.

  • HDL (Lipoprotein densitas tinggi)

Kebalikan dari LDL di atas, HDL merupakan kolesterol baik yang fungsinya menyerap kolesterol berlebih dan membawa kembali ke bagian hati.

Meskipun terbagi menjadi jahat dan baik, membiasakan pola hidup yang sehat pun tetap perlu dimulai sejak dini. Pola hidup sehat seperti apa yang bisa menjaga kadar kolesterol baik di tubuh? Berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi selain makanan.

Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

  • Kurang olahraga

Tubuh yang kurang olahraga kerap menjadi sasaran empuk dari penyebab kolesterol tinggi selain makanan, lho. Mengapa demikian? Menurut Mayo Clinic, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, tubuh akan memproduksi banyak kolesterol baik atau HDL saat berolahraga.

Nah, jika tidak olahraga, tubuh pun tidak akan memproduksi HDL. Akhirnya, kolesterol jahat atau LDL di tubuh yang akan terus-terusan meningkat sehingga tidak seimbang dengan HDL.

  • Merokok

Kebiasaan lainnya yang menjadi penyebab kolesterol tinggi selain makanan adalah merokok. 

Menurut Healthline, laman kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Akibatnya, kolesterol di tubuh akan terus meningkat hingga menyebabkan peradangan di pembuluh darah seseorang. 

  • Terlalu banyak konsumsi alkohol

Pada dasarnya, mengonsumsi alkohol tidak membuat kadar kolesterol seseorang meningkat. Namun, jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan, hal tersebut bisa menjadi faktor utama penyebab kolesterol tinggi selain makanan.

Untuk kadar normal, Anda boleh minum 1 hingga 2 gelas alkohol. Tetapi jika sudah terbiasa untuk mengonsumsi 4 hingga 6 gelas alkohol sekaligus, kadar kolesterol bisa semakin tinggi dan memburuk. Sebab, saat kolesterol sedang diproses oleh tubuh, hati akan memecah alkohol dan dibangun kembali menjadi kolesterol. Sehingga, kadar kolesterol pun akan ikut meningkat.

  • Usia

Faktor lainnya yang menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi selain makanan adalah usia. Walaupun nyatanya semua kalangan usia bisa memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya, usia yang menua juga berperan penting.

Mengapa demikian? Sebab, di umur lebih dari 40 tahun, fungsi hati seseorang akan menurun sehingga kurang mampu untuk menghilangkan kolesterol jahat atau LDL. Akibatnya, kadar kolesterol jahat di tubuh akan semakin meningkat.

  • Banyak pikiran atau stres

Stres memikirkan pekerjaan atau kehidupan? Coba hindari kebiasaan ini, ya. Banyak pikiran atau stres juga bisa menjadi faktor lain dari penyebab kolesterol tinggi selain makanan. Dilansir dari WebMD, penerbit di bidang kesehatan dari Amerika Serikat, orang yang mengalami stres biasanya memiliki hormon stres yang tinggi pula seperti kortisol dan adrenalin.

Jika hormon-hormon stres tersebut terus meningkat, maka risiko peningkatan kolesterol jahat pun akan meninggi. Kemudian, kadar kolesterol baik pun akan menurun. Akibatnya, hati akan memompa lebih banyak kolesterol hingga tinggi. Tak hanya itu, faktor lain seperti tingginya gula darah juga akan terjadi.

  • Kehamilan

Pada dasarnya, seseorang yang sedang hamil memiliki kadar kolesterol yang tinggi, lho. Sebab, kolesterol di tubuh seseorang yang hamil berguna untuk membantu janin agar bisa tumbuh dengan baik. 

Namun, karena meningkatnya kolesterol secara drastis saat hamil, memiliki pola hidup yang sehat pun menjadi sangat penting. Maka dari itu, tak heran jika para ahli menyarankan untuk makan-makanan berserat selama masa kehamilan. Tujuannya, agar kolesterol jahat (LDL) tidak meningkat secara drastis.

  • Obat-obatan

Obat-obatan memang dikenal baik untuk membantu proses penyembuhan seseorang yang sedang sakit. Tapi, beberapa jenis obat terbilang tidak baik untuk kadar kolesterol di tubuh, lho. Tidak heran juga, obat-obatan menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi selain makanan.

Beberapa jenis obat-obatan yang mampu meningkatkan kolesterol adalah pil KB tertentu, antivirus, hingga antikonvulsan. Solusinya, anda bisa mengonsumsi obat tersebut, namun dengan dosis yang berbeda-beda sesuai anjuran konsultasi dengan dokter.

  • Kopi

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan juga datang dari jenis minuman yang dikonsumsi. Menurut Healthline, kopi yang berkafein ataupun tidak biasanya mengandung minyak kopi (kafestol). 

Biasanya, minyak kopi ditemukan dalam kopi yang tidak menggunakan filter sehingga masih memiliki ampas di dalamnya. Jadi, lebih baik mengonsumsi kopi yang sudah difilter, ya.

Nah, kafestol sendiri bisa memengaruhi kemampuan metabolisme tubuh saat mengatur kolesterol. Bahkan, minyak kopi tersebut bisa menurunkan asam empedu yang mengarah ke meningkatnya kadar kolesterol LDL.

  • Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi selain makanan, lho. Sebab, jaringan lemak di tubuh pun akan lebih banyak, kolesterol LDL akan meningkat, dan kadar kolesterol HDL yang menurun.

Maka dari itu, menjaga gaya hidup yang sehat terbilang sangat penting. Tidak hanya makanan, penyebab kolesterol yang tinggi juga bisa datang dari kebiasaan sehari-hari. 

Selain menerapkan gaya hidup seperti yang disebutkan di atas, solusi menangkas kolesterol lainnya ini bisa dengan rutin mengonsumsi Nutrive Benecol, lho! Bisa dikonsumsi 2 kali setiap harinya, Nutrive Benecol sudah teruji plant stanol ester yang terbukti menurunkan 7-10% kadar kolesterol di tubuh.

 

Referensi:

Mayo Clinic.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800

Web MD.

https://www.webmd.com/cholesterol-management/ss/slideshow-surprising-causes-high-cholesterol

Healthline.

https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/sugar-and-cholesterol.

Healthline.

https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/coffee-link.

05 July 2022 - 28 views 4 min to read

Share: