Perhatikan Ciri-ciri Gangguan Pencernaan yang Bisa Menyerang Tubuh

Perhatikan Ciri-ciri Gangguan Pencernaan yang Bisa Menyerang Tubuh

Apakah Anda suka merasa sakit perut yang berlebihan? Atau susah untuk buang air besar? Jika iya, Anda mungkin sedang mengalami masalah gangguan pencernaan yang membuat sistem pencernaan di dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.

Pencernaan merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam tubuh, karena tanpa adanya sistem pencernaan, tubuh tidak akan bisa mencerna nutrisi yang didapatkan dari makanan dan membuang sisa-sisa makanan yang sudah melewati proses di usus besar. Maka dari itu, penting untuk Anda menjaga agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem pencernaan tetap baik yaitu dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan meminum vitamin yang bisa membantu merawat pencernaan Anda. Tapi, bagaimana ciri-ciri gangguan pencernaan yang mungkin bisa menyerang tubuh?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tersebut, mari kita kenali gangguan pencernaan lebih dalam lagi, ya.

Apa itu Gangguan Pencernaan?

Sebenarnya, gangguan pencernaan ialah nama yang diberikan untuk mendefinisikan berbagai gejala pencernaan yang tidak normal, termasuk di dalamnya seperti rasa tidak nyaman di perut bagian atas, mulas, sakit perut, hingga mual. Namun, ada juga istilah medis untuk gangguan pencernaan yaitu dispepsia.

Biasanya orang mengalami gangguan pencernaan setelah makan besar. Pernah dengar istilah ‘salah makan’ yang menyebabkan perut Anda mengalami sakit yang luar biasa hingga diare? Nah, itu merupakan salah satu contoh dari gangguan pencernaan. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang bisa mengalami gangguan pencernaan.

Beberapa faktor tersebut meliputi kebiasaan diet dan gaya hidup yang tidak sehat, hingga efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi sehingga menyebabkan timbulnya kondisi mendasar yang serius.

Meskipun gangguan pencernaan merupakan penyakit umum yang bisa terjadi kepada siapa saja, setiap orang mungkin mengalami gangguan dari penyakit ini dengan cara yang sedikit berbeda. Gejalanya pun bisa berbeda-beda bagi setiap orang, ada yang bisa merasakannya setiap hari, ada juga yang hanya merasakannya sesekali.

Lalu, seperti apa ciri-ciri gangguan pencernaan yang bisa dirasakan ketika Anda mengalami gangguan pencernaan tersebut?

Ciri-ciri Gangguan Pencernaan

Beberapa ciri-ciri gangguan pencernaan yang mungkin dirasakan, yaitu:

  • Kekenyangan pada awal makan. Maksudnya di sini yaitu keadaan di mana Anda cepat merasa kenyang padahal baru makan dengan porsi yang sedikit. Kondisi ini menyebabkan Anda hanya mampu mengisi perut dengan sedikit makan dan jarang bisa menghabiskan makanan yang hendak dikonsumsi.
  • Rasa kenyang yang tidak nyaman. Meskipun merasa cepat kenyang, tapi rasa kenyang yang dirasakan justru memberikan rasa yang tidak nyaman untuk perut Anda. Misalnya rasa kenyang tersebut terus dirasa dalam jangka waktu yang lama, bahkan ketika sudah waktunya makan lagi, perut Anda masih tetap merasa kenyang.
  • Ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Ada perasaan tidak enak yang Anda dirasakan di perut bagian atas, yaitu di sekitar bawah dada hingga ke pusar. Kondisi ini menyebabkan Anda mungkin akan merasakan nyeri mulai dari nyeri ringan hingga nyeri yang luar biasa dan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.
  • Rasa terbakar di perut bagian atas. Selain itu, Anda juga mungkin akan merasakan rasa seperti terbakar di perut bagian atas. Sensasi panas seperti terbakar ini bisa terasa di bagian bawah dada hingga ke pusar.
  • Kembung. Ketika mengalami gangguan pencernaan, Anda juga akan merasakan perut kembung yang membuat tidak nyaman. Perut kembung bisa menyebabkan rasa sesak yang dirasakan di bagian perut bagian atas.
  • Mual. Ciri-ciri gangguan pencernaan lain yang mungkin dirasa yaitu perasaan mual yang membuat Anda merasa ingin muntah.

 

Selain itu, Anda mungkin juga akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan dan penurunan berat badan yang tanpa sengaja secara signifikan.

 

 

Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan serat yang tinggi seperti Nutrive FiberShot yang dibuat dengan mengandung 16 kandungan sari buah sayur yang bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan terkena gangguan pencernaan, karena kandungan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang ada di dalam Nutrive FiberShot akan bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

Konsumsi Nutrive FiberShot 2 kali sehari setelah makan untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat setiap harinya.

 

Referensi:

Why Do I Have Indigestion?, Healthline. https://www.healthline.com/health/indigestion

Indigestion, Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211#:~:text=Indigestion%20%E2%80%94%20also%20called%20dyspepsia%20or,rather%20than%20a%20specific%20disease.

 

03 August 2022 - 84 views 3 min to read

Share: