Obat Herbal Kolesterol Alami Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Obat Herbal Kolesterol Alami Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Sebagai salah satu faktor penyebab penyakit mematikan, kadar kolesterol di dalam darah harus dijaga agar tetap di batas normal. Apalagi untuk anda yang kurang menerapkan pola hidup sehat dengan tidak menjaga asupan makanan yang masuk. Menurut situs Mayo Clinic, kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan timbunan lemak di pembuluh darah yang dapat menghambat darah yang mengalir pada arteri. Jika tidak dikontrol, serangan jantung dan stroke sulit untuk dihindari dan dapat menyebabkan kematian.

Nah untuk anda yang ingin menghindari peningkatan kadar kolesterol dengan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan atau herbal. Anda bisa menggunakan beberapa obat herbal yang sudah teruji secara klinis mampu menurunkan kadar kolesterol. Berikut daftar obat herbal penurun kolesterol menurut situs WebMD dan Healthline!

Obat Herbal Kolesterol Alami

Biji rami

Berasal dari tanaman rami, biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang sangat tinggi. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terlebih lagi untuk orang-orang penderita kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause.

Hawthorn

Hawthorn adalah tanaman yang mana daun, buah, dan bunganya bisa diandalkan untuk mengatasi masalah jantung sejak Kekaisaran Romawi. Beberapa penelitian menemukan bahwa Hawthorn efektif untuk masalah gagal jantung yang lebih ringan. Hawthorn dapat membantu meningkatkan jumlah darah yang dipompa keluar dari jantung selama kontraksi, memperlebar pembuluh darah, dan meningkatkan transmisi sinyal saraf.

Astragalus

Akar Astragalus telah digunakan sebagai obat dan suplemen diet selama ribuan tahun, karena sifatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Astragalus juga dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, terlebih lagi untuk orang-orang yang mengalami kondisi gagal jantung. Studi klinis menunjukkan bahwa pasien gagal jantung yang mengkonsumsi suplemen Astragalus setiap hari bersamaan dengan pengobatan mereka, mengalami peningkatan lebih besar dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen.

Bawang putih

Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan beberapa persen kadar kolesterol total, namun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, peneliti di Emory University School of Medicine menemukan bahwa komponen minyak bawang putih dapat membantu melindungi jantung setelah serangan jantung dan selama operasi jantung.

Guggulipid

Berasal dari getah pohon mukul, Guggulipid telah digunakan dalam pengobatan ayurveda tradisional sejak lebih dari 2.000 tahun lalu di India. Studi klinis di India membuktikan bahwa Guggulipid menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL dalam darah. Namun uji klinis di Amerika Serikat menganggap Guggulipid tidak bisa dikategorikan sebagai agen herbal penurun kolesterol, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Suplemen sterol dan stanol tanaman

Sterol dan stanol tanaman adalah zat yang ditemukan pada sebagian banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa tanaman lainnya. Beberapa makanan dan minuman olahan juga mengandung sterol atau stanol, seperti margarin, jus jeruk, atau yogurt. 

Anda juga bisa mendapatkan sterol dan stanol tanaman pada Nutrive Benecol yang dapat membantu menurunkan kolesterol hingga 10% dalam 2 minggu. Tentu Nutrive Benecol tidak memiliki tambahan gula pasir sehingga aman untuk penderita diabetes. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, selalu konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan. Dijamin anda akan merasakan cara yang enak untuk menurunkan kolesterol!

Referensi:

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-527/hawthorn
https://www.webmd.com/diet/health-benefits-astragalus#1
https://www.healthline.com/health/heart-disease/natural-remedies-cholesterol#plant-supplements
https://www.webmd.com/cholesterol-management/high-cholesterol-alternative-therapies

 

01 December 2021 - 140 views 2 min to read

Share: