Menyehatkan, Ini 7 Manfaat Dari Jogging Untuk Jantung

Menyehatkan, Ini 7 Manfaat Dari Jogging Untuk Jantung

Memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan semua orang. Dengan memiliki jantung yang sehat, tubuhmu akan terlindung dari risiko diabetes, asma, nyeri sendi, hingga mengurangi risiko terjadinya kanker. 

Maka dari itu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan jantung, salah satunya yakni dengan jogging. Manfaat dari jogging untuk jantung pun juga sangat menarik, lho.

Dari sisi kesehatan mental, manfaat jogging mampu mengurangi stres atau depresi. Sedangkan dari sisi kesehatan medis, manfaat jogging mampu menguatkan imun seseorang. Lalu, bagaimana manfaat dari jogging untuk jantung? Tentunya mampu menyehatkan jantung. 

Memangnya, seperti apa tanda-tanda jantung yang sehat? Menurut Texas Health Resources, laman kesehatan dari Amerika Serikat, berikut ini adalah ciri-ciri jantung yang sehat:

  • Detak jantung di angka 60-100 denyut per menit
  • Mampu beraktivitas secara aktif tanpa merasakan nyeri di bagian dada
  • Tidak mudah lelah saat beraktivitas
  • Tekanan darah normal di bawah 120/80 mm
  • Mulut dan gusi yang sehat

Dengan rutin jogging, kamu bisa mendapatkan jantung yang sehat seperti ciri-ciri di atas, lho. Maka dari itu, manfaat dari jogging untuk jantung pun sangat beragam. Menurut Bronson Health, laman informasi kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, berikut berbagai manfaat dari jogging untuk jantung:

  • Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat dari jogging untuk jantung yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Usahakanlah untuk jogging setidaknya 30 menit setiap beberapa hari, hal itu akan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), lho. Selain itu, melakukan aktivitas fisik yang konsisten juga mampu membuat kerja jantung menjadi lebih normal.

  • Menguatkan otot jantung

Selain itu, manfaat dari jogging untuk jantung juga bisa menguatkan otot jantung. Mengapa demikian? Sebab saat sedang melakukan jogging, otot jantung diibaratkan sedang dipompa terus-menerus. Sehingga, dinding jantung akan lebih kuat dan meningkatkan efisiensinya.

Selain otot bagian jantung, jogging juga bermanfaat untuk menguatkan otot di bagian tangan. Hal ini bisa terjadi karena pada saat jogging, tangan akan terus mengayun dari sisi samping. Nah, ayunan tangan tersebut lah yang membuat otot bagian tangan akan lebih kuat seiring berjalannya waktu.

  • Menjaga kesehatan berat badan

Ingin memiliki berat badan yang ideal? Maka, jogging adalah salah satu solusinya. Menurut John Hopkins Medicine, salah satu laman kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. 

Mereka lebih berisiko besar untuk terkena diabetes atau memiliki tekanan darah tinggi sehingga mengarahkannya ke penyakit jantung. Dengan melakukan jogging, berat badan mampu berkurang sehingga menurunkan risiko dari terkena penyakit jantung.

  • Meminimalkan beban kerja jantung

Sebagian besar orang yang rutin jogging biasanya memiliki jantung yang lebih kuat. Selain itu, denyut nadi istirahat mereka pun akan normal, dengan asupan oksigen yang jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, organ tubuh bisa menangani pemompaan darah dengan jumlah yang lebih besar per denyutnya sehingga jantung tidak merasa kesulitan saat orang tersebut beraktivitas secara berlebihan. Maka dari itu, orang yang gemar berolahraga kerap kali lebih kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari tanpa merasa mudah lelah.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Menurut wawancara yang dilakukan Bronson Health dengan dr. DeLucia, manfaat dari jogging untuk jantung mampu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 35 sampai 55%, lho. 

Hal ini disebabkan jogging mampu mencegah pembekuan darah di bagian arteri serta pembuluh darah. Jadi, risiko memiliki jantung bermasalah pun akan semakin berkurang.

  • Melancarkan peredaran darah

Memiliki peredaran darah yang lancar terbilang sangat penting untuk jantung dan tubuh seseorang. Tujuannya, darah yang mengalir ke jantung bisa memaksimalkan fungsi organ tubuh.

Sebab itulah, manfaat dari jogging untuk jantung juga mampu melancarkan peredaran darah. Dengan jogging, aliran darah bisa tersebar dengan mudah ke pembuluh-pembuluh kecil yang ada di tubuh. Dengan sirkulasi darah yang baik, hal ini juga mampu menurunkan risiko adanya penyakit jantung.

  • Mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung

Aritmia jantung adalah gangguan pada irama jantung. Menurut Edward-Elmhurst Health, pusat kesehatan dari Amerika Serikat, gangguan pada irama jantung bisa mengarahkan seseorang terkena penyakit stroke 5 kali lipat lebih tinggi daripada seseorang yang tidak memiliki aritmia.

Menurut American Heart Association, asosiasi kesehatan jantung dari Amerika Serikat, manfaat dari jogging untuk jantung mampu mengurangi risiko terjadinya aritmia jantung. Dengan begitu, risiko terjadinya stroke pun akan berkurang juga.

Itulah beberapa manfaat dari jogging untuk jantung yang lebih sehat. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, cara yang bisa dilakukan tidak hanya dari berolahraga saja, lho. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga memiliki peranan penting.

Nah, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung ialah mengonsumsi minuman yang kaya akan nutrisi seperti Nutrive Benecol. Mengandung Plant Stanol Ester, Nutrive Benecol terbukti mampu mengurangi kolesterol di dalam tubuh sebesar 7 hingga 10%.

Jadi, kamu bisa berolahraga secara rutin serta mengonsumsi Nutrive Benecol setiap harinya, lho. Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi dengan kolesterol tinggi! 

 

Reference:

Bronson Health. https://www.bronsonhealth.com/news/five-ways-running-improves-your-heart-health/.

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/level-exercise-safe-will-benefit-heart/.

Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefits-of-jogging#weight-loss.

Texas Health Resources. https://www.texashealth.org/Health-and-Wellness/Heart-and-Vascular/What-are-the-Signs-of-a-Healthy-Heart.

Edward Elmhurts Heart. https://www.eehealth.org/blog/2022/06/exercise-for-your-heart/.

03 August 2022 - 4 views 3 min to read

Share: