Mengenal Penyebab Susah BAB dan Solusi Alaminya Yang Bisa Dicoba

Mengenal Penyebab Susah BAB dan Solusi Alaminya Yang Bisa Dicoba

Masalah sembelit atau susah BAB memang sering dialami oleh siapa saja, dan dalam dunia medis kondisi ini dikenal dengan istilah konstipasi. Sembelit dipicu oleh banyak faktor dan meskipun tidak ada penyebab yang terbilang pasti, namun faktor-faktor tertentu diketahui menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab Susah BAB


Masalah BAB yang tidak lancar ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut detail penjelasannya:

1. Pola Makan Tidak Sehat

Kondisi susah buang air besar sering kali disebabkan oleh faktor pola makan yang tidak sehat. Misalnya saja menerapkan pola makan yang kurang serat atau kurang cairan. Baik asupan serat maupun asupan cairan memiliki peran penting untuk melancarkan buang air besar. Oleh sebab itu konsumsi kedua jenis makanan susah BAB ini sangat penting untuk dilakukan rutin.

 

2. Faktor Kehamilan

Sekitar 40% ibu hamil mengeluhkan sembelit, khususnya di trimester pertama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena saat hamil maka otot di dalam tubuh akan mengendur. Kondisi ini mempengaruhi sistem pencernaan dimana pergerakan usus akan ikut melambat.

Sehingga kesulitan untuk buang air besar akan dialami, dan sebaiknya diatasi secara alami. Mengingat dalam kondisi hamil tidak bisa asal-asalan minum obat kecuali jika sudah diberi lampu hijau oleh dokter. Berhubung kondisi sembelit ini lumrah dialami selama hamil, maka dianjurkan untuk memperbanyak asupan serat dan minum air.

 

3. Terbiasa Menunda Keinginan BAB

Ada kalanya seseorang baik orang dewasa maupun anak-anak enggan untuk pergi ke toilet saat keinginan buang air besar muncul. Alasannya beragam, bisa karena malas atau ada halangan lain untuk pergi ke toilet. Hanya saja jika terlalu sering dilakukan malah bisa memicu sembelit.

Keinginan untuk buang air besar sebaiknya tidak ditunda apapun alasannya, supaya pencernaan tetap sehat dan lancar. Semakin sering buang air besar maka semakin baik. Tidak hanya mencegah kemungkinan susah BAB namun juga memastikan pencernaan bersih dan tidak ada lemak berlebih di perut.

 

4. Kurang Olahraga

Kembali lagi ke persoalan gaya hidup yang tidak sehat, selain pola makan yang keliru sembelit juga terjadi jika tubuh kurang bergerak. Tidak pernah atau malas untuk berolahraga menjadi salah satu penyebab tubuh mengalami sembelit. Jika setiap harinya terpaksa duduk seharian seperti orang kantoran, maka penting untuk sesekali beristirahat dan melakukan peregangan.

Dianjurkan pula untuk meluangkan waktu beberapa menit saja bergerak, dan jika memungkinkan usahakan memperbanyak berjalan kaki. Misalnya saja memilih berangkat kerja dengan berjalan kaki dibanding naik kendaraan. Jika naik kendaraan umum maka bisa turun sedikit lebih jauh dari kantor agar bisa berjalan kaki sebentar.

 

5. Efek Konsumsi Obat Tertentu

Sembelit juga bisa disebabkan dari konsumsi obat-obatan tertentu, sebab ada sejumlah obat yang mempengaruhi pencernaan. Misalnya saja suplemen kalsium, zat besi, obat antidepresan, anti epilepsi, obat diuretik, dan juga obat pereda nyeri. Jika selama ini sering diare dan minum obat antidiare, maka konsumsinya juga perlahan bisa menyebabkan sembelit.

 

6. Faktor Psikologis

Kondisi susah BAB juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis, yakni ketik seseorang punya masalah psikis. Misalnya saja tengah mengalami stress atau depresi yang kemudian akan mempengaruhi sistem pencernaan. Sebagian besar orang yang sedang stress mengalami penurunan intensitas buang air besar.

 

7. Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu

Penyebab lain dari sembelit ini adalah kondisi kesehatan, sebab ada beberapa orang yang punya penyakit tertentu sering mengeluhkan sembelit. Meskipun jumlah kasusnya sangat sedikit namun tetap menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami sembelit. Adapun kondisi kesehatan yang dimaksud adalah seperti pada orang yang menderita diabetes, penyakit radang usus, dan lain sebagainya.

 

Makanan untuk Atasi Susah BAB

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengalami sembelit, maka perlu pula mengetahui solusinya. Utamakan solusi alami, dan salah satunya adalah lewat perbaikan pola makan. Banyak praktisi kesehatan menganjurkan memperbanyak asupan makanan yang bisa melancarkan pencernaan. Adapun beberapa rekomendasinya adalah:

1. Roti Gandum

Kunci untuk terhindar dari sembelit adalah mengkonsumsi makanan tinggi serat. Pilihan pertama adalah roti gandum, yang tentunya cocok untuk siapa saja yang terbilang sibuk. Roti gandum ini bisa dipanggang kemudian disantap dengan telur mata sapi, bukannya dengan selai agar lebih sehat dan tinggi nutrisi.

2. Yogurt

Jika sulit menemukan roti gandum atau mungkin memang kurang suka, maka bisa beralih ke yogurt. Yogurt merupakan hasil fermentasi susu sapi yang memiliki rasa sedikit asam dan khas. Mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik dan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsinya saat sembelit bisa membantu memunculkan keinginan BAB.

3. Nasi Merah

Jika membahas masalah makanan susah BAB makan nasi merah atau beras merah tidak akan pernah ketinggalan. Dibandingkan dengan nasi putih yang mengandung serat rendah dan tinggi gula. Nasi merah justru kebalikannya, yakni tinggi serat dan rendah gula yang baik untuk melancarkan pencernaan secara alami.

4. Sayur Bayam

Sumber serat lainnya berasal dari keluarga sayur-mayur, khususnya sayuran berwarna hijau. Pilihan terbaiknya adalah sayur bayam yang mudah ditemukan, punya rasa sedikit manis, dan juga harganya murah. Bayam mengandung magnesium dan serat yang sangat dibutuhkan pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat sembelit.

5. Kacang Polong

Kacang polong juga disebut-sebut sebagai solusi alami untuk mengatasi susah BAB. Makanan satu ini diketahui mengandung serat yang cukup tinggi dan membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di lambung. Mengkonsumsinya saat sembelit akan membantu meningkatkan intensitas BAB secara aman dan alami.

6. Buah Pepaya

Salah satunya dengan mengkonsumsi buah pepaya yang diketahui bisa menjadikan feses lebih lunak. Sehingga merangsang keinginan untuk buang air besar tanpa efek samping, karena memang alami.

7. Kacang Hijau

Selain sayur bayam, kacang hijau juga bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi saat mengalami sembelit. Sebab di dalam kacang hijau terkandung serat dan magnesium, persis seperti sayur bayam. Sehingga bisa dijadikan alternatif untuk siapa saja yang kebetulan kurang suka dengan sayur bayam.

8. Nutrive Fibershot

Cara enak penuhi serat sehingga masalah sembelit teratasi, bisa dengan mengonsumsi Nutrive Fibershot. Nutrive Fibershot minuman tinggi serat yang mengandung 16 sari buah dan sayur yang praktis dibawa kemanapun.

Nutrive Fibershot merupakan minuman untuk susah BAB yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk pencernaan. Kandungan serat Nutrive Fibershot sebanyak 5gram / botol, dapat membantu memelihara saluran pencernaan. Manfaat Nutrive Fibershot juga beragam, salah satunya dapat membantu BAB teratur setiap hari sehingga terhindar dari wasir, sembelit/ konstipasi.

Sembelit merupakan salah satu ciri- ciri pencernaan yang tidak sehat. Beberapa orang mengalami masalah ini terutama di bulan Ramadhan yang memangkas asupan cairan maupun serat lewat ibadah puasa.

03 November 2021 - 861 views 4 min to read

Share: