Manfaat dan Fungsi Serat Untuk Tubuh, Penting untuk kesehatan

Manfaat dan Fungsi Serat Untuk Tubuh, Penting untuk kesehatan

Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat dipecah di dalam organ tubuh, serat tidak mengalami pemecahan tersebut. Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah Anda makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.

Asupan serat memiliki manfaat dalam kesehatan pencernaan, berat badan, gula darah dan masih banyak lagi. Selain itu, pola makan tinggi serat juga berhubungan dengan umur yang panjang dan penurunan risiko kanker.

Rekomendasi Serat Harian yang harus dicukupi berdasarkan usaha

Untuk mencukupi serat harian anda harus melakukan konsumsi setidaknya sebesar 25 - 40 Gram per harinya. Namun kebutuhan serat setiap orang dan setiap usia berbeda-beda, Berikut merupakan kebutuhan serat harian berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) 2013:

  • Perempuan berusia 16 – 18 tahun sebanyak 30 gram per hari, sedangkan laki-laki sebanyak 37 gram per hari.
  • Perempuan berusia 19 – 29 tahun sebanyak 32 gram per hari, sedangkan laki-laki sebanyak 38 gram per hari.
  • Perempuan berusia 30 – 49 tahun sebanyak 30 gram per hari, sedangkan laki-laki sebanyak 38 gram per hari.
  • Kebutuhan ini akan menurun pada usia lebih dari 49 tahun dan terus menurun mengikuti usia.

Makanan Serat Tinggi Yang Mudah Didapat

Serat makanan yang baik bagi tubuh kebanyakan berada pada buah-buahan, sayuran juga biji-bijian, Berikut merupakan sedikit dari makanan yang mengandung serat tinggi yang mudah kamu dapatkan:

  • Apel
  • Brokoli
  • Wortel
  • Oatmeal
  • Shia Seed
  • Jeruk
  • Kacang Hitam
  • Pisang
  • Buah Pir
  • Roti


Jika anda dapat makan makanan diatas berikut dengan konsisten di setiap harinya Serat dalam tubuh anda akan tercukupi dan anda tidak perlu takut lagi akan kekurangan serat yang tinggi.

Manfaat Serat Untuk Tubuh

1. Mengendalikan Gula Darah

Orang-orang yang sering makan manis hingga yang terkena diabetes sangat membutuhkan serat, terutama yang dapat larut di dalam air. Serat dapat memperlambat penyerapan gula, serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

Dengan menurunnya penyerapan gula dari makanan, kandungan gula darah tidak akan naik dengan cepat. Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit diabetes tipe 2, makan-makanan banyak serat bisa mengurangi risiko Anda untuk terkena penyakit ini.


2. Memelihara Kesehatan usus

Manfaat serat untuk tubuh yang lainnya adalah membantu menjaga usus dari berbagai gangguan. Jika Anda rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang baik untuk kesehatan, risiko terkena ambeien serta penyakit divertikular (terbentuknya kantong-kantong kecil di usus besar) pun akan berkurang.

 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan dan menjaga berat badan

Jenis serat tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dikarenakan serat dapat mengurangi nafsu makan karena serat rata-rata membuat kenyang, menyerap air di usus, serta memperlambat penyerapan nutrisi.

Serat yang bisa untuk menurunkan berat badan ini tergantung pada jenis seratnya. Beberapa jenis serat tidak memiliki efek pada penurunan bobot Anda. Sementara itu, serat yang larut dalam air tertentu, dapat memiliki dampak yang signifikan.

Mudahnya Saat Anda merasa kenyang, otak berhenti mengirimkan sinyal yang membuat Anda ingin makan. Selain itu, makanan tinggi serat umumnya mengandung kalori yang lebih rendah sehingga asupan kalori Anda juga berkurang.

 

4. Membuat Badan Anda Terhindar dari penyakit dan menjaga daya tahan tubuh

Serat adalah nutrisi yang dapat memelihara mikroba di dalam usus untuk membantu proses pencernaan makanan. Mikroba ini juga dapat memecah serat menjadi asam yang dapat mengaktifkan sel imun. Sehingga, daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk melawan penyakit.

 

5. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi makanan

Kandungan serat yang ada dalam tubuh dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, terutama untuk gizi yang jumlahnya sedikit. Termasuk kalsium, mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.


Anda juga bisa memperoleh manfaat serat secara optimal dengan menggabungkan serat larut air dan serat tidak larut air. Maka dari itu, jangan lupa untuk menambahkan makanan berserat dalam menu Anda mulai dari Hitung serat harian yang kamu konsumsi di aplikasi Nutrive sekarang. Untuk anda yang ingin serat tercukupi dengan mudah dan enak anda bisa minum Nutrive FiberShot karena Fibershot mengandung 16 Sari buah dan Sayurbantu penuhi kebutuhan serat harian sehingga menjaga sistem pencernaan, menghindari masalah pencernaan seperti BAB tidak teratur, dan sembelit.

 

Referensi:

UCSF Health (https://www.ucsfhealth.org/education/increasing-fiber-intake)

Mayo Clinic (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983)

27 September 2021 - 254 views 3 min to read

Share: