Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, kebutuhan wanita akan makanan meningkat hingga 200-300 kalori per hari. Untuk memenuhinya, makan banyak saja tidak cukup. Anda harus mengutamakan mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk ibu hamil agar nutrisi bagi janin juga terpenuhi.

Kebutuhan nutrisi setiap ibu hamil mungkin berbeda, tergantung kondisi kesehatan hingga diet yang dianut. Namun, pada dasarnya agar ibu dan janin berkembang sehat, ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan janin yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, serta banyak sayur dan buah.

Nutrisi Yang Harus Terdapat Dalam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, makanan sehat untuk ibu hamil adalah semua makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang. Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil setidaknya harus mengandung nutrisi berikut:

  • Asam Folat: untuk mencegah cacat bawaan, seperti kelainan tabung saraf.
  • Zat besi: untuk menyehatkan sel-sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  • Vitamin A: untuk menyehatkan mata bayi.
  • Protein: untuk merangsang pertumbuhan bayi, terutama otak, otot, dan sel darah. 
  • Kalsium: dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi janin, mencegah penggumpalan darah, dan menormalkan fungsi saraf serta jantung.
  • Vitamin D: untuk menyehatkan tulang, gigi, kulit, serta penglihatan.

Manfaat Makanan Berserat Untuk Ibu Hamil

Hormon yang disebut progesteron yang diproduksi oleh ovarium selama kehamilan, melemaskan otot-otot perut dan memperlambat pencernaan. Menambahkan serat dalam diet anda dapat mengurangi ketidak aturan, Berikut adalah manfaat serat yang baik di kehamilan:

  • Membantu Menjaga Berat badan di masa kehamilan

Makanan berserat tinggi dapat membuat kenyang lebih lama dan tidak mengandung banyak kalori, ini adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan dalam menjaga serat dalam masa kehamilan.

  • Mencegah Sembelit

Mengkonsumsi serat yang cukup dan baik dalam sehari-hari akan mengatasi anda dalam sembelit, masalah sembelit merupakan yang dihadapi oleh sebagian wanita hamil.

  • Mengatur Gula Darah

Serat memperlambat pencernaan makanan, sehingga serat dapat membantu anda mencegah gula darah naik terlalu cepat.

  • Mengurangi Resiko Masalah Jantung

Serat membantu menangkap asam empedu yang kaya akan kolesterol ke dalam sistem pencernaan, sehingga tubuh anda tidak perlu menyerap kolesterol jahat tersebut.

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. Anda dapat memperoleh kalsium dari beberapa makanan dan minuman, seperti susu rendah lemak, jus jeruk, sayuran berwarna hijau gelap, dan berbagai macam olahan kedelai. Sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan juga banyak mengandung serat vitamin yang dapat mencegah sembelit dan wasir.

Makanan Yang Mengandung Serat Baik Untuk Ibu Hamil

1. Sayuran yang berwarna Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, sawi hijau, dan sayuran hijau lainnya, merupakan sumber serat terbaik. Tak hanya serat, jenis makanan tersebut juga kaya akan zat besi dan beta-karoten. Selain itu, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin C. Brokoli adalah salah satu makanan yang tidak hanya kaya akan serat tetapi juga kaya akan berbagai mineral dan vitamin esensial.

2. Buah-buahan

Jenis makanan selanjutnya adalah buah-buahan. Menurut para ahli gizi, raspberry, blackberry dan stroberi adalah pilihan buah berserat tinggi yang sangat baik bagi pencernaan. Buah ini tidak hanya mengandung serat tinggi tetapi juga kalium, magnesium, vitamin C, vitamin E, dan folat. 

Selain itu, buah pir yang dikonsumsi dengan kulitnya juga memiliki jumlah serat, vitamin, dan mineral penting lainnya yang baik untuk tubuh. Terakhir adalah pepaya. Buah pepaya diketahui dapat membantu melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme atau mencegah sembelit. 

Enzim papain di dalamnya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino, yang bersifat menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna.

3. Karbohidrat Kompleks 

Karbohidrat Kompleks yang baik untuk tubuh adalah jagung,beras merah dan juga oatmeal. Jagung mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain jagung, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi beras merah. Jenis beras ini memiliki berbagai kandungan vitamin terutama vitamin B dan vitamin E, serta memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit. 

Beras merah kaya kandungan mineral yang tinggi serta berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan sebagainya. Tak lupa, terakhir adalah oatmeal. Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber makanan berserat tinggi yang menempati daftar paling atas. Salah satunya adalah almond. Jenis kacang-kacangan yang satu ini diketahui kaya akan berbagai mineral, lemak sehat, proten, dan serat tinggi. 

Selain itu, ibu Hamil  juga perlu menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan rutin berolahraga, mengurangi pikiran yang dapat membuat stress dan tidur yang cukup. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter juga.

Maka dari itu, untuk membantu kebutuhan serat harian tubuh, kamu bisa rutin konsumsi Nutrive Fiber Shot tiap hari yang mengandung 16 sari buah & sayur untuk jaga saluran pencernaan . Dengan mengonsumsi Nutrive Fiber Shot 2 kali sehari, kebutuhan serat harianmu sudah tercukupi dengan baik lho!

11 July 2022 - 9 views 3 min to read

Share: