Makanan yang Bisa Membuat BAB Jadi Tidak Lancar, Harus Dihindari!

Makanan yang Bisa Membuat BAB Jadi Tidak Lancar, Harus Dihindari!

Apakah saat ini Anda sedang mengalami kesusahan untuk buang air besar (BAB) sehingga tidak BAB dalam beberapa hari ? Jika itu sedang terjadi, kemungkinan disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Coba diingat kembali, sudah makan apa saja dalam beberapa hari belakangan.

Kesulitan buang air besar disebut juga sembelit yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya, adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi jenis makanan tertentu bisa membuat Anda mengidap sembelit. 

Sembelit juga sering kali membuat tidak nyaman karena kegiatan buang air besar Anda menjadi terganggu. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengurangi dan membatasi konsumsi makanan yang dapat memicu sembelit.  Lalu, makanan apa saja yang bisa membuat BAB menjadi sulit ?

Ketahui makanan yang membuat BAB menjadi susah pada daftar makanan di bawah ini, ya. Yuk, baca sampai selesai !

6 Makanan yang Bisa Membuat BAB Menjadi Tidak Lancar

Daging Merah

Jangan heran kalau Anda terkena sembelit sehabis makan daging merah. Daging merah dapat menjadi penyebab sembelit karena lemak pada daging ini terbilang tinggi. Selain lemak yang tinggi, daging merah juga tidak mengandung serat.

Oleh karena itu, saat mengonsumsi daging merah juga harus diimbangi dengan sayur agar kebutuhan serat tercukupi dan BAB menjadi lancar.  

Pisang Mentah

Mengonsumsi buah pisang memang menyehatkan, tetapi tidak semua pisang baik untuk pencernaan. Pisang mentah bisa membuat Anda terkena sembelit. Pisang yang berwarna hijau biasanya masih belum matang (mentah) dan juga mempunyai kandungan pati (karbohidrat kompleks) yang tinggi sehingga lebih lama dicerna oleh tubuh dan bisa mengakibatkan sembelit. 

Makanan Manis

Terlalu sering mengonsumsi makananan yang tinggi gula, yaitu cake atau kue kering dapat mengakibatkan Anda terkena sembelit. Makanan manis ini dibuat dari tepung yang rendah serat sehingga tidak baik untuk sistem pencernaan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Apabila sangat menyukai makanan yang manis, Anda bisa mencari alternatif makanan lain yang tinggi serat dan dapat mencegah sembelit, contohnya adalah buah kurma.

Roti

Roti merupakan makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah protein yang terkandung pada biji-bijian dan pada makanan tertentu. Selain roti, gluten juga dapat ditemukan di beberapa jenis makanan olahan, seperti pasta atau sereal. Bagi sebagian orang, mungkin akan mengalami gangguan BAB ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. 

Cokelat

Mengonsumsi cokelat secara normal dan tidak berlebihan memang baik untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas karena cokelat mengandung zat antioksidan yang tinggi. Namun, mengonsumsi cokelat secara berlebihan, maka dapat mengurangi gerakan usus dan bisa membuat Anda terkena sembelit. 

Makanan Beku (Frozen Food)

Frozen food adalah jenis makanan yang diproses dengan menggunakan teknik pembekuan. Tujuannya adalah untuk mengawetkan makanan hingga tiba saatnya untuk dimasak atau disajikan. Makanan beku termasuk jenis makanan yang rendah serat namun tinggi lemak. Selain itu, pada makanan beku juga terkandung sodium, natrium, dan bahan pengawet lainnya. Natrium adalah salah jenis mineral yang dapat mengakibatkan sembelit karena mampu mengikat cairan dalam tubuh. 

Demikian penjelasan singkat tentang makanan yang membuat BAB menjadi tidak lancar. Selalu sertakan makanan yang mengandung serat dalam menu makanan Anda agar sistem pencernaan terjaga kesehatannya dan kegiatan buang air besar menjadi lancar. 

Umumnya serat terkandung pada sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, serat juga bisa Anda temukan pada minuman tinggi serat, yaitu Nutrive FiberShot. 

Agar asupan serat dalam tubuh tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi Nutrive FiberShot 2x sehari. Nutrive FiberShot mengandung 16 sari buah dan sayur untuk bantu penuhi kebutuhan serat. Nutrive FiberShot juga dilengkapi dengan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus.

Jangan tunda lagi, ayo penuhi kebutuhan serat harian Anda dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot secara rutin.

06 October 2022 - 20 views 3 min to read

Share: