Makanan Tinggi Serat Yang Baik Dikonsumsi Untuk Anak

Makanan Tinggi Serat Yang Baik Dikonsumsi Untuk Anak

Serat merupakan salah nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tubuh kita sehari - hari. Serat sendiri merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks. Serat merupakan sebuah mineral tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, tidak seperti mineral lainnya. Jika dibandingkan dengan karbohidrat biasa, serat memiliki lebih sedikit kalori. Serat sendiri sangat dibutuhkan bagi setiap orang, baik untuk orang dewasa dan terutama untuk anak - anak.

Kebutuhan serat bagi anak sangatlah penting. Hal ini dikarenakan anak - anak sangat rentan mengalami sembelit dan obesitas jika kekurangan serat. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama sebagai orang tua agar kesehatan anak kita dapat terjaga setiap harinya.

Serat sendiri mempunyai banyak sekali manfaat yang penting bagi tubuh, manfaat tersebut antara lain :

  • Melancarkan pencernaan dan pergerakan usus

Cukupnya asupan serat merupakan salah satu ciri dari sebuah sistem pencernaan yang sehat. Serat dapat membantu pergerakan feses dalam sistem pencernaan supaya lebih lancar. Hal ini tentunya dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi.

  • Membantu Menurunkan berat badan

Serat dengan jenis tertentu bisa membantu mendukung penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan asupan serat yang cukup akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

  • Mengoptimalkan penyerapan nutrisi makanan 

Serat yang ada di dalam tubuh kita, merupakan salah satu faktor penting yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. 

  • Menjaga imun tubuh

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dapat menjaga dan memelihara mikroba yang ada dalam usus tubuh manusia. Mikroba ini nantinya akan dapat memecahkan serat yang dicerna menjadi asam yang berguna untuk mengaktifkan sel imun tubuh.

Setelah mengetahui manfaat - manfaat baik dari serat. Kita tentunya perlu memastikan agar asupan serat untuk anak kita terpenuhi dengan baik. Kebutuhan serat tiap anak sendiri sebenarnya berbeda - beda dan cenderung dikelompokkan melalui kelompok atau golongan umur. Hal ini terdapat pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019. 

Menurut peraturan tersebut, rekomendasi kebutuhan serat harian bagi anak adalah sebagai berikut :

Bayi/anak 

0-5 bulan : 0 gram 

6-11 bulan : 11 gram 

1-3 tahun : 19 gram 

4-6 tahun : 20 gram 

7-9 tahun : 23 gram

Mulai umur 10 tahun, kebutuhan serat anak perempuan dan laki - laki menjadi berbeda, jumlahnya adalah sebagai berikut :

Laki-laki 

10-12 tahun: 28 gram 

13-15 tahun: 34 gram

Perempuan

10-12 tahun: 27 gram 

13-15 tahun: 29 gram

 

Salah satu cara memenuhi kebutuhan serat harian bagi anak adalah dengan mengkonsumsi makanan - makanan yang mengandung serat tinggi. Dengan konsumsi serat harian yang cukup, maka kesehatan anak terutama pencernaannya kan terjaga dengan baik. Bagi para orang tua yang ingin tahu makanan serat untuk anak dengan kandungan serat yang tinggi. Simak rekomendasi dari kami sebagai berikut :

10 Rekomendasi Makan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Anak

1. Wortel

Sayuran berwarna oranye yang satu ini, selain memiliki berbagai nutrisi penting tumbuh kembang anak. Wortel juga memiliki kandungan serat yang cukup baik. Dalam 100g wortel terdapat 2,8 gram yang bagus untuk asupan serat harian anak.

2. Pir

Buah yang manis dan menyegarkan ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 100 gram buah pir, terdapat sekitar 3.1 gram serat didalamnya.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan dengan nutrisi yang cukup beragam. Selain mengandung protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Oatmeal juga kaya akan serat. Setiap 100 gram oatmeal merupakan sumber serat sekitar 1,7gram.

4. Pisang

Buah yang sering kita jumpai di pasar ini merupakan salah satu dengan gizi yang tinggi. Buah yang kaya akan potasium ini juga merupakan sumber serat yang baik. Terdapat 2,6 gram serat dalam 100 gram buah pisang.

5. Roti Gandum

Roti dengan berbahan dasar gandum yang sering dikonsumsi untuk sarapan ini. merupakan salah satu makanan dengan tingkat kandungan serat yang tinggi. Didalam setiap 100gram terdapat kandungan serat sebesar 7 gram.

6. Pepaya

Buah yang daunnya sering dijadikan sayur ini adalah salah satu buah yang sering dianjurkan untuk mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya cukup banyak. Dalam 100 gram pepaya terkandung 1,3 gram serat.

7. Alpukat

Buah yang masuk kedalam kategori superfood ini merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi dengan dijadikan minuman jus alpukat. Setiap 100 gram alpukat sendiri mengandung setidaknya 7 gram.

8. Brokoli

Sayuran yang mempunyai banyak manfaat ini akan terasa lezat jika dimasak dengan baik. Selain kaya akan berbagai vitamin dan mineral, brokoli juga memiliki serat yang cukup tinggi. 100 gram brokoli memiliki 3.3 gram.

9. Buncis

Jenis kacang-kacangan yang satu ini biasanya dimasak dengan cara ditumis atau direbus. Buncis sendiri ternyata memiliki jumlah kadar serat yang tinggi, sekitar 3.4g serat ada di dalam setiap 100g buncis.

10. Kembang Kol

Sayuran ini merupakan sebuah sayuran yang memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram kembang kol, terdapat 2 gram serat didalamnya.

Itu tadi merupakan 10 rekomendasi makanan yang memiliki serat tinggi dan cocok bagi anak untuk dijadikan sumber asupan serat harian. Sekarang anda sudah tau kan apa saja sayuran yang mengandung tingkat kandungan serat yang tinggi. Jangan lupa pastikan asupan serat harian anak terpenuhi dengan baik agar anak dapat selalu sehat setiap hari.

kebaikan serat bukan hanya untuk anak- anak melainkan untuk sekeluarga. Anda dapat memenuhi kebutuhan serat harian sekeluarga dengan mengkonsumsi Nutrive FiberShot sebagai Cara Enak Penuhi Serat. 

Nutrive Fibershot adalah minuman tinggi serat mengandung 16 sari buah sayur untuk bantu jaga sistem pencernaan dan juga penuhi kebutuhan serat harian. Kabar baiknya, Nutrive Fiber Shot aman dikonsumsi oleh anak di atas 1 tahun, ibu menyusui, dan ibu hamil sehingga anda bisa menyajikannya untuk sekeluarga. 

Selain baik untuk pencernaan, dengan mengkonsumsi serat dapat melancarkan BAB, terhindar dari sembelit hingga kanker usus. Konsumsi 2 botol Nutrive Fibershot setiap hari untuk bantu penuhi kebutuhan serat harian anggota keluarga anda.

30 June 2022 - 10 views 4 min to read

Share: