Makanan Tinggi Serat untuk Asam Lambung, Apa Saja Ya?

Makanan Tinggi Serat untuk Asam Lambung, Apa Saja Ya?

Perut kita memiliki tugas yang sangat penting yaitu untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara perut untuk mencerna makanan yang diterima tubuh yaitu melalui penggunaan asam lambung.

Lapisan perut akan secara alami mengeluarkan asam lambung. Sekresi ini dikendalikan oleh hormon dan sistem saraf di dalam tubuh. Tapi terkadang, perut bisa menghasilkan terlalu banyak asam lambung yang kemudian menimbulkan gejala-gejala kurang menyenangkan untuk Anda.

Sebenarnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan asam lambung naik atau tinggi. Nah, salah satu yang menyebabkan kondisi ini terjadi yaitu ketika tubuh kelebihan produksi hormon gastrin. Apa itu hormon gastrin?

Gastrin merupakan hormon yang memberi tahu perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Makanya ketika Anda memiliki produksi hormon gastrin berlebih, asam lambung juga bisa menjadi tinggi.

Ketika asam lambung di dalam tubuh sedang tinggi, biasanya Anda akan mengalami beberapa gejala seperti rasa tidak nyaman yang dirasakan dari perut, perasaan mual hingga membuat ingin muntah, kembung, maag, diare, kehilangan nafsu makan, hingga mengalami penurunan berat badan.

Untuk menghindari asam lambung tinggi, Anda butuh makanan dengan tinggi serat. Kira-kira, apa saja itu? Inilah beberapa makanan tinggi serat untuk asam lambung tetap normal.

Makanan Tinggi Serat untuk Asam Lambung

  • Sayuran dan Buah-buahan

Hampir semua buah dan sayuran mampu membantu mengurangi peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Terlebih lagi, sayuran dan buah-buahan juga secara alami mengandung rendah lemak, rendah gula, dan mampu menyediakan serat serta nutrisi penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Beberapa pilihan sayuran terbaik yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah dan roti gandum merupakan salah satu makanan tinggi serat untuk asam lambung. Mereka bisa membantu mengurangi hingga menghentikan gejala dari refluks asam yang membuat perut terasa tidak nyaman.

Selain itu, biji-bijian juga merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh. Mereka mampu membantu menyerap asam lambung dan menjaga asam lambung agar tetap pada kondisi normal.

Oatmeal juga dikategorikan ke dalam biji-bijian dengan serat tinggi. Dengan mengonsumsi oatmeal untuk sarapan setiap harinya, Anda bisa mengurangi risiko asam lambung tinggi.

  • Daging Rendah Lemak

Mengonsumsi daging dengan rendah lemak juga baik untuk asam lambung. Beberapa daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan makanan laut dipercaya bisa mengurangi gejala refluks asam.

Makanan jenis ini merupakan sumber protein rendah lemak, maka dari itu Anda bisa memperbanyak konsumsi daging rendah lemak untuk menjaga asam lambung agar tetap baik. Untuk pengolahannya, Anda bisa coba untuk merebus dan memanggangnya untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Lemak Sehat

Lemak sehat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, makan terlalu banyak lemak justru bisa memicu asam lambung tinggi. Maka dari itu, Anda bisa mengganti lemak tidak sehat dengan lemak sehat agar kondisi asam lambung tetap terjaga.

Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat, yaitu alpukat, minyak zaitun, minyak wijen, dan produk dengan bahan dasar kedelai lainnya.

  • Yogurt

Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang bisa memberikan efek menenangkan ketika dikonsumsi. Efek ini kemudian bisa membantu mengurangi hingga menghilangkan rasa tidak nyaman yang hadir akibat dari asam lambung tinggi.

Selain itu, yogurt memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan tersebut juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, yogurt mengandung protein yang bisa membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

Ketika tubuh bisa mencerna makanan dengan baik, maka produksi asam lambungnya juga bisa lebih stabil.

Itulah makanan tinggi serat untuk asam lambung yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Satu hal yang paling penting untuk tetap menjaga asam lambung adalah dengan makan-makanan bergizi dan makan tepat waktu.

Anda juga bisa memaksimalkan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi minuman berserat tinggi seperti Nutrive FiberShot. Kandungan 16 sari buah sayur yang ada dalam Nutrive FiberShot bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Nutrive FiberShot juga mengandung Inulin dari Chicory dan Polidextrosa yang berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang maksimal.

Cukup mengonsumsi 2 botol Nutrive FiberShot per hari, Anda sudah bisa bantu penuhi kebutuhan sehat harian Anda.

 

Referensi:

High Fiber Foods for Acid Reflux - On Point Nutrition. https://www.onpoint-nutrition.com/blog/high-fiber-foods-for-acid-reflux

Foods to Help Your Acid Reflux - Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition

Makanan Tinggi Serat untuk Mengatasi Asam Lambung - Enesis Group. https://enesis.com/article/makanan-tinggi-serat-untuk-mengatasi-asam-lambung/

Kenali Makanan dan Buah untuk Asam Lambung - AloDokter. https://www.alodokter.com/makanan-dan-buah-untuk-asam-lambung

01 July 2022 - 42 views 3 min to read

Share: