Makanan Kaya Serat Yang Ampuh Membakar Lemak Di Tubuh Anda

Makanan Kaya Serat Yang Ampuh Membakar Lemak Di Tubuh Anda

Menjaga pola hidup sehat harus dimulai sejak dini sebelum berbagai penyakit mematikan datang tanpa diundang. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah menjaga pola makan supaya nutrisi di dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Memang sangat sulit untuk menjaga pola makan dengan menghindari jenis makanan yang tidak menyehatkan. Namun jika anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, dan lain sebagainya akan menghantui anda.

Supaya anda terhindar dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Sehingga anda tidak cepat merasa lapar, karena beberapa makanan di bawah ini dapat memberikan rasa kenyang dan baik untuk tubuh.


Makanan Kaya Serat Untuk Menurunkan Berat Badan

 

Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kadar lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Lemak tak jenuh memiliki banyak manfaat dan tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu, alpukat juga memiliki kadar serat yang tinggi untuk membantu kebutuhan serat di dalam tubuh. Di setiap 100 gram alpukat mengandung 6,7 gram serat dan 160 kalori.

Jeruk Bali

Jeruk bali juga dapat membantu membakar lemak dan mengurangi berat badan. Menurut situs Healthline, 91 orang mengalami penurunan berat badan hingga 1,6 kilogram setelah mengkonsumsi jeruk bali selama 12 minggu. Kelompok jeruk juga dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Di setiap 100 gram jeruk bali juga terdapat 1,1 gram serat dan 32 kalori.

Oat

Pasti banyak dari kalian yang sudah mengetahui bahwa oat sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Oat merupakan sumber beta-glukan yang merupakan sejenis serat larut untuk membantu pencernaan dalam penyerapan nutrisi. Dengan mengkonsumsi 100 gram oat, anda akan mendapatkan 1,6 gram serat dan 25 kalori.

Quinoa

Bagi anda yang belum familiar, Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari Amerika Latin dan sudah ada sejak 5.000 tahun lalu. Kandungan yang terdapat pada biji-bijian ini lebih baik dibanding gandum dan beberapa jenis biji-bijian yang sudah populer. Selain itu, Quinoa mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak banyak ditemukan pada tanaman lain. Anda bisa mendapatkan 1,6 gram serat dan 25 kalori di setiap 100 gram Quinoa.

Beras Merah

Orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai asupan utama. Namun nasi putih kurang baik untuk kesehatan karena mengandung glukosa yang cukup tinggi. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah yang mengandung nutrisi lebih baik dibandingkan nasi putih. Di setiap 100 gram nasi merah terdapat 1,6 gram dan 123 kalori, serta kandungan lignan yang merupakan antioksidan untuk mengurangi penyakit jantung dan mengurangi tekanan darah.

Hazelnut

Kacang-kacangan juga memiliki kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi, sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Berbagai kandungan protein, serat, dan lemak sehat bisa didapatkan dalam jumlah yang seimbang. Tidak tanggung-tanggung, anda bisa mendapatkan 628 kalori dan 9,7 gram serat pada 100 gram hazelnut.

Walnut


Tidak hanya hazelnut, anda juga bisa memilih walnut sebagai kacang-kacangan untuk dikonsumsi. Di setiap 100 gram walnut terdapat 654 kalori dan 6,7 gram serat. Dilansir dari situs Healthline, orang-orang yang mengkonsumsi kacang cenderung lebih sehat dan ramping daripada orang-orang yang tidak mengkonsumsi kacang.

Biji Chia

 

Biji chia harus menjadi pertimbangan utama anda sebagai pilihan asupan kaya serat untuk dikonsumsi. Menurut situs Healthline, biji chia adalah salah satu makanan paling bergizi di dunia. Di setiap 100 gram biji chia terdapat 138 kalori dan 9,8 gram serat. Karena kandungan serat yang tinggi, biji chia dapat menyerap hingga 12 kali beratnya di dalam air dan merubahnya menjadi gel untuk mengembang di dalam perut. Penelitian juga mengatakan bahwa biji chia dapat mengurangi nafsu makan.

 

Bagi anda yang sudah mengalami berat badan yang tidak normal atau kegemukan, ubah pola makan anda dengan mengkonsumsi 8 jenis makanan di atas. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin supaya lemak di dalam tubuh bisa terbakar dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi minuman sehat dan menyegarkan yang bisa anda dapatkan dari Nutrive Fibershot. Dengan mengkonsumsinya dua kali sehari secara rutin, anda akan mendapatkan 10 gram serat dari 16 sari buah dan sayur. Segera jaga berat badan anda tetap ideal supaya lebih sehat dan dapat tampil lebih percaya diri. 

 

Referensi:

Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#TOC_TITLE_HDR_15
Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/12-fat-burning-foods
Healthline: https://www.healthline.com/nutrition/whole-grain-foods#TOC_TITLE_HDR_11
My Food Data: https://tools.myfooddata.com/nutrition-facts/169704/100g/1

22 October 2021 - 173 views 3 min to read

Share: