Makanan Kaya Serat Cocok Untuk Penuhi Serat Di Bulan Puasa

Makanan Kaya Serat Cocok Untuk Penuhi Serat Di Bulan Puasa

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Memiliki tubuh yang fit saat menjalankan puasa selama bulan Ramadan tentu menjadi impian banyak orang, khususnya bagi Anda yang termasuk umat muslim. Meski pola makan berubah, bahkan relatif berkurang, kita harus tetap produktif saat puasa. Untuk itu, kita perlu memastikan asupan nutrisi yang dikonsumsi cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi adalah serat. Asupan serat yang cukup, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan optimal. Tenang saja, untuk membantu memenuhi kebutuhan serat selama puasa, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan berserat tinggi saat sahur dan berbuka. Apa saja makanan kaya serat untuk puasa? Yuk, langsung kita simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Makanan Kaya Serat Untuk Di Bulan Puasa

Kurma


Buah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi disajikan, khususnya di bulan Ramadan. Buah yang tumbuh subur di Timur Tengah ini mengandung zat besi, gula alami, mineral, dan serat. Untuk membantu memenuhi asupan serat dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi minimal tiga butir kurma sebagai menu awal berbuka puasa.

Selain dapat memenuhi kebutuhan serat, kurma juga mengandung kalori yang baik untuk tubuh. Dengan tiga butir kurma saat berbuka, dapat memberikan sekitar 69 kalori bagi tubuh sehingga energi dapat kembali terisi setelah seharian berpuasa. 

Beras Merah


Beras merah merupakan salah satu jenis makanan kaya serat yang sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Beras merah juga dapat membantu memenuhi asupan serat dalam tubuh meski seharian berpuasa. Anda dapat menambahkan lauk pauk kesukaan untuk disantap bersama beras merah yang sudah diolah menjadi nasi merah untuk santapan saat berbuka maupun sahur. 

Buah-buahan


Seperti diketahui, buah-buahan mengandung nutrisi dan serat yang tinggi. Anda dapat mengonsumsi berbagai buah-buahan berserat saat berbuka puasa dan sahur. Contoh buah berserat yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain apel, pisang, pepaya, naga, buah beri, alpukat, hingga pir.  

Sayuran Hijau


Sayuran hijau rupanya termasuk ke dalam salah satu dari sederet makanan berserat yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat. Sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi adalah daun kale, brokoli, dan bayam. Anda dapat mengolah sayuran ini menjadi hidangan kesukaan untuk disantap saat sahur dan berbuka. 

Jus

 
Berbuka dengan minuman yang segar dan manis menjadi menu berbuka favorit yang dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Agar tetap sehat, Anda dapat mengonsumsi jus yang tinggi serat. Akan lebih baik jika jus yang Anda konsumsi tidak mengandung tambahan gula. Sebagai gantinya Anda dapat menambahkan madu atau yoghurt untuk menambah cita rasa yang menyegarkan.

Biji-bijian


Biji-bijian merupakan makanan berserat tinggi yang dipercaya bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan. Selain dapat melancarkan pencernaan, konsumsi biji-bijian juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, biji-bijian juga mengandung protein yang bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Anda dapat mencoba berbagai macam jenis biji-bijian saat berbuka seperti kacang tanah, kacang hijau, kedelai, dan kacang polong.

Ubi


Untuk melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan serat, ubi juga termasuk salah satu makanan yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, ubi juga dapat meningkatkan sistem gerakan usus yang berguna untuk mencerna makanan, dengan begitu buang air besar lancar dan badan tetap fit selama Ramadan. 

Oatmeal


Oatmeal dikenal sebagai salah satu makanan berserat tinggi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat ini. Dengan kandungan vitamin, mineral, beta glucan dan antioksidan yang baik untuk gula darah serta tingkat kolesterol tubuh, membuat oatmeal menjadi makanan yang tepat untuk kamu konsumsi saat sahur. Oatmeal juga membuat Anda kenyang lebih lama, loh. 

Itu dia daftar makanan berserat tinggi yang dapat Anda konsumsi untuk penuhi serat selama berpuasa di bulan Ramadan. Agar lebih praktis, Anda dapat mengonsumsi Nutrive FiberShot untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Dilengkapi dengan kandungan 16 sari buah sayur, kesehatan sistem pencernaan Anda akan lebih terjaga dan terhindar dari masalah perut sembelit. Dengan Nutrive FiberShot, pencernaan jadi lebih sehat dan ibadah di bulan puasa lebih lancar.

20 April 2022 - 101 views 3 min to read

Share: