Kopi dan Rokok, Kombinasi Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kopi dan Rokok, Kombinasi Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi minuman berkafein yaitu kopi memang sudah mengakar di kehidupan sehari - hari. Ditambah makin menjamurnya kedai - kedai kopi yang kerap kita jumpai, secara tidak langsung membuat konsumsi kopi menjadi sebuah hal yang normal di dalam benak kita. Disamping itu, biasanya konsumsi kopi seakan tidak pernah lepas dan seringkali dibarengi dengan konsumsi rokok juga. 

Namun, apakah anda tahu bahwa kedua hal tersebut merupakan kombinasi yang terbilang cukup membahayakan kesehatan jantung anda? Ya, meskipun konsumsi kedua hal tersebut secara bersamaan memang sangat lumrah dijumpai di kehidupan kita sehari - hari, akan tetapi ternyata kedua hal tersebut sangat tidak disarankan untuk kesehatan tubuh anda, terutama untuk kesehatan jantung. Sebenarnya kedua hal tersebut jika dikonsumsi secara masing - masing sudah memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan jantung, apalagi jika dikonsumsi secara bersamaan.

Lantas, apa yang membuat kedua hal yang nampak sangat berhubungan erat tersebut menjadi sebuah hal yang tidak baik untuk kesehatan jantung? SImak baik - baik penjelasan berikut ini

Dampak Buruk Konsumsi Kopi dan Rokok

Tekanan Darah Tinggi

Dampak pertama dari konsumsi rokok dan kopi pada tubuh adalah membuat tekanan darah seseorang menjadi meningkat, hal ini dikarenakan konsumsi rokok memiliki efek meningkatkan aliran darah sedangkan rokok sendiri memiliki efek mempersempit arteri, sehingga jika kedua hal tersebut digabungkan maka akan memiliki efek yang makin membahayakan karena nantinya bisa menyebabkan berkembangnya plak pada pembuluh darah yang membuat arteri menjadi kehilangan elastisitasnya dan menjadi kaku. 

Hal ini senada dengan hasil dari penelitian yang di publish oleh The American Journal of Medicine yang menyatakan bahwa konsumsi rokok dan kopi memiliki efek yang signifikan terhadap meningkatnya tekanan darah pada tubuh seseorang. Maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kedua hal tersebut untuk menghindari beberapa dampak buruk atau penyakit yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi.

Ketergantungan Yang Berkelanjutan

Seperti yang umumnya kita sudah ketahui, salah satu kandungan zat yang terdapat pada rokok yaitu nikotin, merupakan sebuah zat yang bersifat adiktif atau menyebabkan ketergantungan, ketika seseorang sudah memiliki ketergantungan pada rokok, maka akan sangat sulit untuk bisa lepas dan berhenti untuk mengkonsumsi hal tersebut. Begitupun dengan kopi, banyak orang yang merasa jika belum mengkonsumsi kopi maka mereka tidak bisa melakukan aktivitas dan rutinitas mereka sehari - hari.

Sebuah riset yang diterbitkan oleh Journal of Caffeine Research menyatakan bahwa sekitar 86% perokok juga memiliki intensitas konsumsi kopi yang signifikan dan kedua hal tersebut biasanya dilakukan secara berbarengan. Disamping itu, rata - rata ketika sedang mengkonsumsi kafein, kemungkinan untuk merokok akan meningkat sekitar 55%. Hal ini tentunya membuat kombinasi konsumsi kedua hal tersebut menjadi sangat erat antara satu sama lain dan sebaiknya kita hentikan demi terjaganya kesehatan tubuh kita.

Peningkatan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kopi dan rokok juga bisa memiliki efek detrimental pada kesehatan jantung anda, sebuah penelitian  menunjukan bahwa konsumsi kedua hal tersebut secara bersamaan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama dalam hal penyakit jantung koroner. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, konsumsi rokok dan kopi secara bersamaan dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku, hal ini juga akan memiliki dampak terhadap meningkatnya resiko penyakit jantung, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua hal tersebut memilliki efek yang berbahaya bagi tubuh anda.

Konsumsi rokok dan kopi memanglah sebuah kebiasaan yang berkaitan sangat erat satu sama lain dan seakan - akan sudah menjadi sebuah hal yang sangat melekat di kehidupan sehari - hari kita, akan tetapi demi kebaikan anda dan orang - orang terdekat anda, sebaiknya anda batasi asupan kopi harian anda dan jauhi kebiasaan merokok demi jantung yang sehat.

Selain kedua hal tersebut, salah satu penyebab penyakit jantung yang paling umum dijumpai adalah dikarenakan dari kadar kolesterol yang berlebih. Maka dari itu, anda juga perlu mengontrol tingkat kolesterol yang ada pada tubuh anda, salah satu cara yang ampuh dan praktis untuk memastikan kadar kolesterol anda tetap terjaga adalah dengan rutin mengkonsumsi Nutrive Benecol. Nutrive Benecol diperkaya Plant Stanol Ester yang teruji klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% jika dikonsumsi 2x sehari langsung setelah makan selama 2-3 minggu. Jangan tunggu sampai terlambat, ayo lawan kolesterol dengan Nutrive Benecol.

02 August 2022 - 6 views 3 min to read

Share: