Kolesterol - Penjelasan, Dampak, Penyebab dan Pencegahannya

Kolesterol - Penjelasan, Dampak, Penyebab dan Pencegahannya

Anda mungkin sering mendengar kata kolesterol disebut untuk hal - hal berhubungan dengan tingkat kesehatan tubuh kita. Tapi mungkin beberapa dari kita masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu yang disebut dengan kolesterol. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

Penjelasan Mengenai Kolesterol

Kolesterol merupakan sebuah jenis lemak hasil produksi oleh organ hati. Selain itu kolesterol dapat ditemukan dari sumber makanan hewani, seperti misalnya daging ayam atau telur. Kolesterol sendiri sebenarnya berguna untuk tubuh. Kolesterol merupakan salah satu zat yang ikut membantu tubuh dengan memproduksi vitamin D, hormon - hormon penting dan asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak. Akan tetapi meskipun kolesterol mempunyai berbagai macam manfaat bagi tubuh, jika jumlah kolesterol di dalam tubuh terlampau banyak maka akhirnya akan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Kadar Kolesterol Yang Normal Bagi Tubuh

Sebenarnya Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, yang pertama adalah Low-density lipoprotein atau LDL dan yang kedua adalah High-density lipoprotein atau HDL. LDL sering disebut juga sebagai kolesterol jahat dan HDL sering disebut dengan kolesterol baik. Hal ini dikarenakan LDL dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan biasanya HDL sendiri berfungsi untuk mengembalikan kolesterol berlebih ke organ hati yang akan nantinya mengeluarkan kolesterol tersebut dari tubuh.

Selain itu ada pula yang disebut Trigliserida, yaitu lemak yang digunakan sebagai sumber tenaga oleh tubuh dan jumlahnya pun juga harus diperhatikan karena trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit koroner dan serangan stroke. Kadar kolesterol yang terbilang normal bagi seseorang adalah sebagai berikut :

Kadar Kolesterol Dewasa Menurut Pedoman Dislipidemia PERKENI 2019 (mg/dL)

LDL :

- Optimal <100 

- Mendekati Optimal <100

- Sedikit Tinggi 130-159

- Tinggi 160-189

- Sangat Tinggi  190

HDL :

- Rendah <40 

- Tinggi  60 

Trigliserida :

- Normal <150

- Sedikit TInggi 150-199

- Tinggi 200-499

- Sangat Tinggi  500

Total Kolesterol :

- Diinginkan <200 

- Sedikit Tinggi 200-239 

- Tinggi  240

Dampak Dari Akibat Dari Tingkat Kolesterol Yang Tinggi

Jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi, hal ini sangatlah berbahaya. Karena dengan tingkat kolesterol yang terlampau tinggi dapat menyebabkan berbagai macam peningkatan resiko penyakit ataupun masalah kesehatan lainnya. Masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat kolesterol tinggi antara lain adalah :

  • Stroke
  • Hipertensi
  • Penyakit Jantung Koroner
  • Hipertensi
  • dan berbagai macam penyakit lainnya

Hal Yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi tentunya tidak serta-merta terjadi begitu saja. Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan tingkat kolesterol dalam tubuh seseorang menjadi tinggi. Faktor - faktor yang paling umum sebagai penyebab kolesterol yang tinggi antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pola Makan Yang Tidak Sehat

Tingkat kolesterol yang paling umum dijumpai adalah dikarenakan pola makan atau diet yang tidak sehat. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak seperti sumber protein hewani seperti daging atau makanan yang dimasak dengan cara digoreng dengan minyak. Dapat menyebabkan penumpukkan lemak dalam tubuh yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol di tubuh.

  • Kurang Aktif Bergerak

Bagi orang yang jarang bergerak setiap harinya, mungkin sering duduk di kantor untuk waktu yang cukup lama hingga berjam - jam atau mungkin tidak banyak melakukan aktivitas yang membakar kalori. Hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol anda. Terlebih jika pola makan anda pun juga tidak sehat. Maka tingkat kolesterol di tubuh anda akan meroket tidak terkendali. Jika terus dibiarkan, hal tersebut akan membahayakan kesehatan anda di kemudian hari.

  • Obesitas Atau Berat Badan Yang Berlebih

Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh, dapat juga memicu tingkat kadar kolesterol ikut menjadi tinggi juga. Tentu dampak dari obesitas sendiri banyak yang membahayakan bagi kesehatan kita, misalnya seperti penyakit jantung, stroke, dan resiko penyakit lainnya yang tidak kalah membahayakan.

  • Merokok

Kebiasaan merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan anda. Selain membuat resiko penyakit berbahaya seperti kanker atau asma menjadi meningkat. Rokok juga ternyata dapat menyebabkan kadar kolesterol tubuh menjadi tinggi. Zat acrolein yang terdapat pada rokok dapat membuat kadar LDL didalam tubuh menjadi tidak terkontrol. Sehingga disarankan agar anda menjauhi kebiasaan merokok, karena dapat membuat tingkat kolesterol anda semakin tinggi dan meningkatkan resiko penyakit lain yang tidak kalah berbahaya. 

Cara Mencegah Dan Mengurangi Tingkat Kolesterol Tinggi.

Bagi anda yang ingin menjaga kadar kolesterol anda supaya tetap normal atau mengurangi tingkat kolesterol anda yang cenderung tinggi, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda. Cara - cara tersebut antara lain adalah :

  • Olahraga Dengan Teratur

Aktivitas olahraga aktif yang dilakukan secara teratur dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh anda, hal ini nantinya akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh anda menjadi normal. Olahraga secara teratur juga bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh anda sehingga anda terhindar dari resiko kolesterol tinggi.

  • Pola Makan Yang Sehat dan Seimbang

Dengan mengatur pola makan anda, kadar kolesterol dalam tubuh anda pun dapat anda jaga di angka yang normal dan aman. Mengurangi konsumsi makanan - makanan tinggi lemak dan kalori seperti gorengan atau junk-food dapat menjaga tingkat kolesterol anda. 

Mengganti metode memasak makanan yang biasa anda konsumsi dengan cara digoreng menjadi direbus, dikukus atau dibakar pun juga akan membuat badan anda lebih sehat dan tingkat kolesterol anda akan menjadi normal. 

Untuk menjaga tingkat kolesterol normal juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur- mayur dan buah - buahan yang dapat membuat anda sehat tanpa khawatir kolesterol anda akan menjadi tinggi. 

Itulah tadi penjelasan mengenai kolesterol, dampaknya , penyebab serta cara mengatasi dan mencegah kolesterol tinggi dari kami. Jangan lupa untuk pastikan tingkat kolesterol anda tiap harinya senantiasa normal sehingga anda dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan yang akan berdampak negatif pada keseharian anda.

Jika anda merasa khawatir dan ingin memastikan tingkat kolesterol anda tetap terjaga tiap harinya, anda bisa menjaga kadar kolesterol anda dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol. Plant Stanol Ester (PSE) yang terkandung di dalamnya merupakan kandungan yang sudah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh anda sekitar 7% - 10% dengan konsumsi rutin selama 2-3 minggu yang dibarengi dengan olahraga teratur dan menghindari makanan berkolesterol tinggi. 

Cegah kolesterol tinggi dari sekarang, konsumsi  Nutrive Benecol untuk hadapi harimu tanpa khawatir kolesterol tinggi.





30 June 2022 - 5 views 1 min to read

Share: