Kolesterol Dan Diabetes Berhubungan, Ini Yang Wajib Kamu Ketahui

Kolesterol Dan Diabetes Berhubungan, Ini Yang Wajib Kamu Ketahui

Kolesterol dan diabetes, dua penyakit ini begitu populer diperbincangkan di tengah masyarakat, tetapi siapa sangka dua penyakit pembunuh ini ternyata memiliki kaitan satu sama lain.

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya risiko untuk meningkatnya nilai kolesterol juga bertambah, dan untuk itu semua lapisan masyarakat sudah tahu solusinya, minumlah obat statin secara teratur, kolesterol pun turun seketika. Mudah, murah, aman, setidaknya itu yang selama ini dianut masyarakat luas, tidak heran obat statin menjadi jajanan tetap sebagian besar orang.

Sebuah studi di Kanada baru-baru ini menguak suatu fakta yang datang bagaikan petir di siang bolong. Penggunaan statin setidaknya selama 4 tahun, meningkatkan risiko untuk timbulnya penyakit diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi obat statin sama sekali. Obat statin yang dimaksud dalam hal ini terutama jenis atorvastatin, rasuvastatin, dan simvastatin.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi. Kerja obat statin ternyata memberi dampak negatif pada pengeluaran insulin, hormon yang bertugas mengubah gula menjadi cadangan makanan. Jika kerja insulin tidak optimal, gula dalam darah tidak terkontrol dan akhirnya berkembanglah kondisi diabetes pada tubuh.

Dari fakta ini kita kembali diingatkan, obat tidaklah selalu bisa kita jadikan solusi bagi gaya hidup kita yang tidak sehat, karena di balik khasiat obat, selalu ada konsekuensi yang harus kita tanggung. Bangun gaya hidup yang sehat dari hari ini, supaya anda tidak perlu terperangkap dalam masalah ini.

 

Bagaimana diabetes dan kolesterol dapat memperberat satu sama lain? 


Jika Kamu menderita diabetes, ada baiknya mulai memperhatikan juga kadar kolesterol dalam tubuh. Pasien dengan diabetes memiliki kondisi khusus, yakni kadar insulin (hormon yang mengubah glukosa menjadi energi) yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi.

Gula yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap baik oleh sel-sel tubuh dan akhirnya menumpuk di dalam darah. Kondisi kadar gula yang tinggi dalam darah penderita diabetes ternyata memicu naiknya level kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dan justru menurunkan tingkat kolesterol baik atau HDL.

Kolesterol jahat yang terlalu banyak, menumpuk pada dinding-dinding arteri dan membentuk plak. Semakin banyak plak yang menumpuk, maka akan berdampak pada tersumbatnya aliran darah akibat diameter arteri yang menyempit. Jika dibiarkan, dikhawatirkan penderita diabetes akan mengalami aterosklerosis, yakni kondisi ketika pasien diabetes menjadi rentan terkena stroke dan jantung. Ketahui lebih jauh tentang diabetes di bawah ini, yuk!

 

Cara Mengatur Kolesterol dalam tubuh


Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, di antaranya:

  • Kurangi atau hindari konsumsi makanan yang mengandung cokelat, margarin, atau santan.
  • Pilihlah produk-produk yang rendah lemak.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3, seperti kacang kedelai, oats, ikan laut, ataupun kacang merah.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk membantu mempercepat proses pelarutan kolesterol dalam tubuh.

 

Cara Kontrol Gula Darah Dalam Tubuh

Selain level kolesterol dalam tubuh, ada baiknya penderita diabetes untuk selalu mengontrol kadar gula tubuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur gula dalam darah adalah:

  • Jaga berat badan ideal tubuh.
  • Rutin berolahraga. Lakukan 4 hari dalam seminggu setidaknya 30 menit.
  • Hindari merokok dan minum alkohol.
  • Atur pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat.
  • Jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan gula darah, tekanan darah, kolesterol, serta trigliserida secara berkala.

 

Untuk Mengontrol Kolesterol dalam tubuh Kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

Sumber:


Healthline (https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/treating-with-statins/guide-to-diabetes-and-high-cholesterol)
Medical News Today (https://www.medicalnewstoday.com/articles/cholesterol-and-diabetes) 

07 October 2021 - 190 views 3 min to read

Share: