Ketahui Apa Itu Serat Makanan (Buah dan Sayuran), Penting untuk tubuh

Ketahui Apa Itu Serat Makanan (Buah dan Sayuran), Penting untuk tubuh

Pernahkah anda merasakan sembelit atau konstipasi? Rasanya tidak enak bukan? Menurut situs Mayoclinic, konstipasi terjadi ketika anda tidak buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Apabila anda mengalami hal ini selama berminggu-minggu, feses tidak bisa dikeluarkan dengan baik sehingga dapat menimbulkan racun. Penyebab utama dari penyakit sembelit adalah kurangnya kebutuhan serat di dalam tubuh. Padahal serat bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai asupan makanan yang sehat. Nah anda harus ketahui dulu apa itu serat dan jenis-jenisnya, supaya anda bisa lebih mudah untuk memahami serat yang dibutuhkan tubuh. 


Apa itu Serat Makanan?


Apabila kamu belum memahami apa itu serat makanan. Serat makanan adalah serat yang bisa ditemukan pada beberapa jenis-jenis makanan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Dengan mengkonsumsi serat secara cukup setiap harinya, saluran pencernaan bisa mengeluarkan sisa-sisa yang dihasilkan dari makanan secara maksimal. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan tidak meninggalkan sisa feses yang dapat meracuni tubuh.

Nah serat juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Sehingga anda juga harus mengetahuinya supaya kebutuhan serat anda bisa dipenuhi dengan baik.


Jenis-Jenis Serat


Serat Larut


Sesuai dengan namanya, serat larut adalah serat yang dapat larut di dalam air. Sehingga serat larut dapat membantu menurunkan kadar glukosa dan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Anda bisa mendapatkan serat larut dengan mengkonsumsi oatmeal, kacang-kacangan, apel, dan jeruk.

Serat Tidak Larut


Begitupun sebaliknya, serat tidak larut tidak bisa larut di dalam air. Tenang saja, bukan merupakan kabar buruk. Karena serat tidak larut bekerja melalui sistem pencernaan untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Serat tidak larut bisa anda dapatkan pada gandum, beras merah, kacang polong, wortel, mentimun, dan tomat.


Kebutuhan Serat yang Dibutuhkan Tubuh


Supaya anda bisa memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh, anda harus mengetahui berapa jumlah serat yang dibutuhkan setiap harinya. Usia juga akan mempengaruhi kebutuhan serat di dalam tubuh, sehingga anda bisa melihatnya pada tabel di bawah ini:

Usia Jumlah Serat
2-5 tahun 15g per hari
5-11 tahun 20g per hari
11-16 25g per hari
17 tahun ke atas Lebih dari 30g per hari

 

Penyakit Akibat Kekurangan Serat


Jangan terlalu meremehkan penyakit yang mungkin saja terjadi akibat kekurangan serat. Apabila anda hanya tau sembelit sebagai salah satu penyakitnya, masih ada beberapa penyakit lain yang berbahaya dan bahkan dapat mengancam nyawa. Berikut beberapa penyakit mematikan yang bisa disebabkan akibat kekurangan serat:

  • Penyakit Jantung
  • Penyakit Stroke
  • Diabetes Tipe 2
  • Kanker Usus

Mungkin banyak dari kalian yang baru mengetahui bahwa serat memiliki peran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan berbagai penyakit merugikan dapat menyerang apabila kebutuhan serat tidak terpenuhi dengan baik. Dengan mengkonsumsi asupan makanan kaya serat dan Nutrive Fibershot setiap hari, dijamin kebutuhan serat dapat terpenuhi dengan baik. Pada satu botol Nutrive Fibershot mengandung 16 sari buah dan sayur dan menghasilkan 5 gram serat. Sehingga anda bisa mengkonsumsinya dua kali sehari untuk membantu buang air besar lebih teratur dan memelihara saluran pencernaan.

Referensi:

Nutrition org https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/basics/fibre.html
Medline plus https://medlineplus.gov/dietaryfiber.html
Mayo clinic https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253
Mayo clinic https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Harvard edu https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/carbohydrates/fiber/

21 October 2021 - 75 views 2 min to read

Share: