Kenali Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kenali Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan sebuah zat yang bentuknya mirip seperti lilin dan lemak yang bisa ditemukan di semua sel dalam tubuh. Anda mungkin sering mendengar istilah “hati-hati kolesterol tinggi!”, tapi sebenarnya, tubuh kita memang membutuhkan beberapa kolesterol untuk membentuk hormon, vitamin D, dan zat-zat yang dapat membantu Anda mencerna makanan.

Umumnya kolesterol bisa Anda temukan pada makanan dari sumber hewani seperti kuning telur, daging, dan keju. Meskipun begitu, memiliki terlalu banyak kolesterol di dalam darah juga bukan merupakan hal yang baik, lho.

Ketika tubuh kelebihan kolesterol, hal itu bisa menyebabkan kolesterol bergabung dengan zat lain dalam darah untuk membentuk plak. Plak tersebut kemudian menempel pada dinding arteri dan biasa disebut dengan aterosklerosis. Akibatnya, bisa muncul penyakit seperti arteri koroner, di mana arteri koroner Anda bisa menjadi sempit atau bahkan tersumbat.

Nah, tidak jarang seseorang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini tentu akan mengkhawatirkan kalau tidak segera ditangani karena keadaan ini bisa menyebabkan penyakit serius lainnya. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi.

Kira-kira, apa saja sih kebiasaan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi? Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

  •  Kebiasaan Makan yang Buruk

Kebiasan pertama yang paling penting yaitu kebiasaan makan yang buruk. Misalnya makan terlalu banyak fastfood setiap harinya, meskipun hal tersebut menyenangkan dan mengenyangkan, tetapi ternyata dampaknya tidak terlalu baik untuk tubuh kita.

Kebiasaan melakukan diet yang tinggi akan saturated fat atau lemak jenuh, lemak trans, dan gula juga dapat memberikan dampak buruk pada kadar kolesterol di darah. Karena hal ini bisa menyebabkan kadar kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) meningkat dan kolesterol High-density lipoprotein (HDL) menurun.

Maka dari itu, The American Heart Association merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi sekitar 5% sampai 6% kalori harian yang berasal dari lemak jenuh. Bahkan, gula halus dan lemak trans yang biasanya dimasukkan ke berbagai makanan seperti kue kering dan keripik harus sangat dibatasi untuk dikonsumsi harian.

  •  Menjalani Pola Hidup yang Tidak Sehat

Kebiasan yang menyebabkan kolesterol tinggi lainnya yaitu kebiasaan menjalani pola hidup yang tidak sehat. Seperti yang kita tahu, pola hidup sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Ketika pola hidup yang kita jalani tidak sehat, maka kondisi tubuh juga akan berjalan demikian.

Contoh beberapa pola tidur tidak sehat yang bisa membuat kadar kolesterol Anda tinggi seperti kebiasaan jarang berolahraga, begadang hingga tidak memiliki waktu tidur yang cukup, merokok, dan tinggal di lingkungan rumah atau pekerjaan yang tidak nyaman hingga menimbulkan stres.

Kebiasaan-kebiasaan gaya hidup seperti ini bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL pada tingkatan tertentu dan juga dalam beberapa kasus, mampu menurunkan kolesterol HDL. maka dari itu, penting untuk Anda mulai menjalani pola hidup sehat dan menghilangkan kebiasaan kurang sehat supaya tubuh tetap terjaga dalam kondisi baik. Terlebih lagi, menjalani pola hidup sehat juga berdampak sangat baik pada jantung Anda.

  •  Mengonsumsi Obat-obatan yang Mampu Meningkatkan Kolesterol

Hal ini mungkin jarang diketahui, tapi ternyata ada beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi keadaan medis lain, namun menyebabkan terjadinya sedikit peningkatan kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Contohnya seperti obat-obatan diuretik thiazide (digunakan untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh), estrogen dan progesteron (digunakan dalam terapi penggantian hormon), antipsikotik atipikal, beta-blocker, dan obat-obatan HIV tertentu. 

Namun dalam beberapa kasus, peningkatan kadar kolesterol karena obat-obatan seperti ini hanya bersifat sementara.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kolesterol tinggi, beberapa di antaranya seperti:

  • Mulai rutin olahraga setiap harinya
  • Menjaga pola makan dan hindari makan-makanan yang mampu meningkatkan kolesterol
  • Perhatikan manajemen berat badan agar tetap ideal
  • Hindari merokok
  • Minum suplemen atau vitamin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol

Salah satunya seperti Nutrive Benecol yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kolesterol tinggi.

Kandungan Plant Stanol Ester yang terdapat di dalam Nutrive Benecol dipercaya mampu menurunkan kolesterol hingga 7–10% jika dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari setiap habis makan.

Nutrive Benecol juga tidak hanya cocok dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, tetapi juga untuk Anda yang ingin mencegah kolesterol tinggi.

 

Referensi:

5 Things That Could Adversely Affect Your Cholesterol Levels - Very Well Health, 2022. https://www.verywellhealth.com/what-is-causing-my-high-cholestserol-697598

Cholesterol - Medlineplus. https://medlineplus.gov/cholesterol.html

10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels - Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lower-cholesterol

 

30 June 2022 - 24 views 3 min to read

Share: