Kenali Ciri-ciri Pencernaan Sehat di Dalam Tubuh

Kenali Ciri-ciri Pencernaan Sehat di Dalam Tubuh

Tubuh kita memiliki begitu banyak sistem yang terus bekerja selama 24/7. Mungkin kita tidak sadar bagaimana setiap harinya jantung memompa darah ke organ tubuh agar masing-masing organ bisa bekerja dengan baik atau bagaimana otak yang menembakkan neuron ke otot agar bisa bergerak.

Tanpa terkecuali sistem pencernaan kita yang juga memiliki tugas penting di dalam tubuh. Mari kita ambil contoh seperti setiap kali kita makan sesuatu, perut bisa memberikan respon yang bermacam-macam, misalnya sakit perut atau bahkan membuat Anda harus buang air besar. Hal tersebut menunjukkan kalau saluran pencernaan kita bekerja dengan keras.

Sistem pencernaan memiliki peran yang penting untuk memecah makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh menjadi komponen kimianya (seperti karbohidrat, protein, dan lemak) untuk kemudian diserap oleh tubuh sebagai nutrisi yang digunakan sebagai energi atau membangun serta memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak.

Dengan memiliki sistem pencernaan yang sehat, tubuh jadi bisa menghasilkan enzim pencernaan, termasuk bakteri usus yang menguntungkan, bisa menyerap nutrisi secara efisien, mencegah pertumbuhan bakteri patogen, serta menghilangkan racun dan zat-zat yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Yang terpenting, ketika pencernaan sehat, Anda akan merasakan keseimbangan di dalam tubuh yang membuat hidup terasa lebih menyenangkan lagi.

Kira-kira, seperti apa ciri-ciri pencernaan sehat di dalam tubuh? Berikut ini ciri-ciri pencernaan yang sehat.

Ciri-ciri Pencernaan Sehat

Buang Air Besar Lancar (2–3 kali sehari)

Memperhatikan seberapa sering Anda buang air besar bisa dijadikan acuan utama untuk menilai apakah Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat atau tidak. Ketika sistem pencernaan bekerja dengan baik, biasanya Anda akan membuang air besar sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Namun, jika Anda terus-menerus buang air besar hingga lebih dari 3 kali, mengalami sembelit, atau Anda sering diare, itu tandanya ada sesuatu yang salah dengan kesehatan dari sistem pencernaan Anda. Dalam kebanyakan kasus, gangguan dalam sistem pencernaan ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri dan jamur yang menciptakan gas hingga membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Memiliki Mata dan Lidah yang Sehat

Mata yang terlihat jernih, berkilau, dan sehat merupakan tanda bahwa Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat. Di sisi lain, ketika mata Anda terlihat sedikit kuning, hal itu menunjukkan bahwa mata Anda memiliki masalah dengan hati dan punya kebutuhan untuk detoksifikasi.

Kantung mata yang terlihat gelap dan besar juga bisa menunjukkan adanya masalah pada hati dan ginjal. Selain mata yang sehat, lidah yang sehat juga bisa menjadi ciri-ciri pencernaan sehat di dalam tubuh Anda.

Lidah yang sehat yaitu lidah yang berwarna merah muda dan diselimuti oleh bintil-bintil kecil yang biasa disebut papila. Jika ada keretakan di lidah, hal itu dipercaya sebagai tanda peradangan berlebih yang terjadi di dalam organ perut.

Kulit Sehat

Memiliki kulit yang terlihat cerah dan sehat juga salah satu ciri-ciri dari pencernaan yang sehat di dalam tubuh. Apalagi kulit merupakan organ terbesar di tubuh yang menyelimuti tubuh mulai dari kepala hingga kaki, sehingga akan sangat mudah untuk menilai indikator kesehatan yang terlihat di kulit.

Kulit yang cerah menunjukkan bahwa sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik. Sedangkan kulit yang berminyak bisa menunjukkan bahwa metabolisme lemak yang ada di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan potensi masalah hati dan kantong empedu.

Emosi yang Stabil

Memiliki emosi yang stabil ternyata bisa jadi pertanda bahwa Anda memiliki pencernaan yang sehat. Ketika seseorang memiliki usus yang sehat dan bekerja dengan lancar, ia cenderung akan memiliki stabilitas emosi yang relatif baik juga. Karena bagaimanapun, usus yang seimbang berkontribusi pada pikiran yang seimbang hingga mempengaruhi kondisi emosional Anda.

Setiap organ di dalam tubuh mewakili keadaan emosional Anda. Terlebih lagi sistem pencernaan di tubuh kita terdiri dari banyak organ, jika salah satunya tidak seimbang, itu akan berdampak buruk pada kesejahteraan emosional kita pada akhirnya.

Apalagi otak Anda harus diberikan nutrisi dan nutrisi tersebut diserap melalui sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaannya tidak bisa bekerja dengan baik, maka otak bisa kekurangan nutrisi dan hal tersebut akan membuat emosi Anda menjadi tidak stabil.

Tidak Banyak Mengeluarkan Gas

Secara umum, ciri-ciri pencernaan sehat lainnya yaitu di mana Anda tidak sering mengeluarkan gas, atau hanya mengeluarkan gas ketika Anda hendak buang air besar saja. Kalau pun Anda benar-benar harus membuang gas meskipun sedang tidak ingin buang air besar, gas tersebut seharusnya tidak memiliki bau yang menyengat.

Gas yang tidak berbau menunjukkan hidrogen di dalam tubuh Anda ada dalam jumlah yang tidak begitu banyak. Sebaliknya, jika hidrogen bersifat asam, memiliki kelebihan hidrogen dalam sistem pencernaan bisa menyebabkan diare.

Cara yang paling tepat untuk menjaga agar Anda memiliki pencernaan yang sehat yaitu dengan menjaga pola makan sehat dan tidak makan makanan sembarangan secara berlebihan. Selain makanan, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat yang mengandung serat tinggi untuk semakin memperlancar sistem pencernaan seperti Nutrive FiberShot. 

Nutrive FiberShot memiliki kandungan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang ada di dalam Nutrive FiberShot akan bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

Selain itu, 16 kandungan sari buah sayur yang ada di dalam Nutrive FiberShot bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Referensi:

Top 5 signs of good digestive health., The Mass Clinic. https://www.themaasclinic.com/news/top-5-signs-of-good-digestive-health/

What are the signs of a healthy digestive system?, Perfect Balance Clinic. https://www.perfectbalanceclinic.com/what-are-the-signs-of-a-healthy-digestive-system/

06 September 2022 - 16 views 4 min to read

Share: