Kaya Akan Serat, Berikut Manfaat dan Khasiat Buah Bengkoang

Kaya Akan Serat, Berikut Manfaat dan Khasiat Buah Bengkoang

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini termasuk tanaman yang populer di Indonesia, karena anda bisa menemukannya pada salah satu makanan khas Indonesia. Jika anda suka mengkonsumsi rujak, bengkoang sering kali menjadi bahan yang paling sering digunakan. Rasanya yang manis dengan banyak kandungan air di dalamnya, membuat bengkoang sangat menyegarkan ketika dikonsumsi. 

Selain menyegarkan, ternyata bengkoang kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menurut situs Mayo Clinic, pria dewasa membutuhkan 38 gram serat setiap harinya, sedangkan wanita dewasa membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Dengan itu bengkoang bisa membantu anda memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan.

Supaya tidak penasaran, kalian harus ketahui dulu apa saja kandungan yang ada pada bengkoang. Sehingga kalian bisa mempertimbangkan apakah bengkoang dapat membantu anda lebih sehat atau tidak. Yuk simak di bawah!
Kandungan Bengkoang

Nutrisi Buah Bengkoang


Menurut situs Healthline, di setiap satu cangkir (130 gram) bengkoang mengandung beberapa nutrisi, diantaranya adalah:

  • Kalori: 49
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Vitamin C: 44% dari RDI
  • Folat: 4% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI
  • Kalium: 6% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI

Bengkoang juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, seng, dan tembaga. Selain itu, situs Healthline juga menambahkan bahwa bengkoang merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin esensial yang larut di dalam air akan bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh dan diperlukan untuk reaksi enzim.


Manfaat Bengkoang

Bagi anda yang suka mengkonsumsi bengkoang, sebaiknya pertahankan kebiasaan tersebut karena bengkoang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di setiap 130 gram bengkoang mentah terdapat 6,4 gram serat makanan. Sehingga sudah memenuhi kebutuhan serat sebanyak 17% untuk pria dewasa dan 23% untuk wanita dewasa setiap harinya.

Situs Medical News Today memaparkan sebuah penelitian, bahwa orang yang mengkonsumsi serat paling banyak memiliki kemungkinan lebih besar untuk berhasil menua. Selain itu, serat dalam makanan berkontribusi untuk membuat hidup lebih lama. 

Nah apabila kebutuhan serat harian anda masih kurang, segera penuhi dengan mengkonsumsi Nutrive Fibershot yang mengandung 16 sari buah dan sayur. Konsumsi 2x sehari untuk dapatkan 10 gram serat, sehingga kebutuhan serat bisa mudah terpenuhi. Sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani diet tinggi serat untuk pola hidup yang lebih sehat. Jadi jangan lupa selalu sedia Nutrive FiberShot di rumah!

 

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324241
https://www.healthline.com/nutrition/jicama-nutrition-benefits#TOC_TITLE_HDR_3
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
 

24 November 2021 - 78 views 2 min to read

Share: