Jenis Obat Untuk Melancarkan BAB Alami Tanpa Resep Dokter

Jenis Obat Untuk Melancarkan BAB Alami Tanpa Resep Dokter

Obat untuk melancarkan BAB ada banyak jenisnya. Obat pencahar ini biasanya dikonsumsi ketika susah buang air besar (BAB) atau sembelit tak kunjung sembuh. Sembelit terjadi ketika kotoran bergerak lambat di dalam usus hingga menjadi kering dan keras. Kotoran yang keras akhirnya sulit dikeluarkan saat BAB.

Ketika sulit buang air besar, orang biasanya akan mencoba cara-cara alami seperti mengonsumsi buah-buahan tinggi serat dan berolahraga untuk mengatasinya. Namun jika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun buang air tak kunjung lancar, mengonsumsi obat pencahar jadi solusinya.

Beberapa jenis obat pencahar bisa ditemukan di apotek dan bisa dibeli tanpa harus menunjukkan resep dokter. Seperti lima jenis obat pencahar berikut ini yang bisa atasi masalah sembelit, dikutip dari WebMD dan Familydoctor.

Obat Melancarkan BAB

1. Suplemen Serat (Bulking Agents)


Obat untuk melancarkan BAB yang pertama adalah suplemen serat yang berfungsi untuk menyerap air ke dalam kotoran sehingga bentuknya lebih besar dan lembut. Kotoran yang besar memicu otot usus untuk berkontraksi dan mengeluarkannya dari tubuh. Karena lembut, kotoran juga jadi mudah dikeluarkan.

Ketika mengonsumsi suplemen serat pastikan Anda meminum banyak air. Efek samping dari suplemen ini adalah rasa kembung, keram, dan bergas. Serat ini juga bisa mengurangi penyerapan tubuh terhadap beberapa jenis obat, jadi beri jeda satu-dua jam untuk meminum obat lain sebelum mengonsumsi suplemen serat.

2. Pelumas


Obat pencahar jenis pelumas ini membuat kotoran licin. Minyak mineral dalam obat ini membuat dinding usus licin dan mencegah kotoran terlalu kering. Dianggap sangat efektif, obat pencahar jenis ini sebaiknya digunakan dalam jangka waktu pendek.

Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, minyak mineral dalam obat ini malah bisa menyerap vitamin dan mengurangi penyerapan obat lain ke dalam tubuh. Ini sebabnya Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi obat suplemen pelumas ini bersamaan dengan suplemen lain.

3. Pencahar Emolien (Pelunak Feses)


Obat pencahar emolien mengandung docusate, yaitu surfaktan yang "membasahi" dan melunakkan kotoran. Obat pencahar tipe ini biasanya butuh waktu sepekan atau lebih untuk bisa bekerja efektif.

Obat pencahar jenis ini biasanya digunakan mereka yang baru menjalani operasi, wanita yang baru melahirkan, dan mereka yang mengidap wasir.

4. Pencahar Osmotik


Obat pencahar jenis ini menarik cairan ke dalam usus dari jaringan di sekitarnya, sehingga kotoran lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Untuk meningkatkan kemampuan kerja obat pencahar jenis osmotik, pastikan Anda meminum banyak air yang juga berfungsi mengurangi kemungkinan terjadinya kembung dan kram perut.

5. Pencahar Stimulan


Pencahar stimulan bisa dikonsumsi oleh Anda yang benar-benar butuh untuk segera mengeluarkan kotoran dan mengatasi sembelit dengan seketika. Pencahar ini menstimulasi usus untuk mempercepat pergerakan kotoran melalui usus besar.

Pencahar jenis ini juga meningkatkan kandungan air dalam kotoran. Meski efektif, pencahar stimulan ini sebaiknya tidak digunakan setiap hari lantaran bisa melemahkan kemampuan alami tubuh untuk buang air besar serta menyebabkan ketergantungan.

Itu dia lima jenis obat untuk melancarkan BAB yang bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Meski begitu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan jenis pencahar yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Seperti slogan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, ada baiknya untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta tinggi serat. Salah satu caranya dengan konsumsi minuman tinggi serat Nutrive FiberShot.

Terbuat dari 16 sari buah dan sayur serta serat pangan inulin untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda dalam kemasan praktis siap minum, menjadikan Nutrive FiberShot sebagai solusi cara enak penuhi serat harian Anda. Konsumsi 2 botol sehari untuk bantu penuh kebutuhan serat harian Anda.

26 October 2021 - 856 views 3 min to read

Share: