Jangan Sepelekan 5 Bahaya Sembelit Berikut Ini ! Harus Cepat Diatasi

Jangan Sepelekan 5 Bahaya Sembelit Berikut Ini ! Harus Cepat Diatasi

Mustahil rasanya jika ada orang yang tidak pernah buang air besar (BAB). Soalnya, BAB merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan manusia untuk membuang sisa makanan yang tidak terserap di dalam tubuh agar tidak menumpuk di perut. Sisa makanan tersebut dibuang dari dalam tubuh dalam bentuk tinja (feses).

Kegiatan BAB (buang air besar) dilakukan oleh siapapun tak terkecuali anak-anak, remaja, orang dewasa sampai orang lanjut usia. Setiap manusia biasanya akan melakukan BAB mungkin setiap sehari sekali atau dua hari sekali. Tetapi, ada juga yang tidak buang air besar hingga beberapa hari karena mengalami kesulitan untuk BAB.

Kesulitan buang air besar atau yang biasa disebut juga sebagai sembelit. Gejala umum sembelit adalah feses yang keras atau sulit keluar sehingga membuat Anda mengejan atau mengedan alias ngeden lebih kuat dari biasanya. 

Jika Anda mengalami gejala umum sembelit seperti itu, ada baiknya jangan disepelekan dan harus cepat diatasi. Selain mengakibatkan rasa tidak nyaman di daerah perut apabila sembelit didiamkan terlalu lama akan menimbulkan penyakit yang berbahaya dan juga mengganggu kinerja organ tubuh lainnya. 

Apakah Anda ingin tahu bahaya yang ditimbulkan dari sembelit ? Yuk, simak 5 bahaya akibat susah BAB bagi tubuh Anda di bawah ini, ya !

5 Bahaya Sembelit Bagi Tubuh Anda

Wasir atau ambeien

Wasir atau ambeien adalah kondisi pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah yang terjadi di bagian akhir usus besar (rektum) dan anus.

Beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya ambeien adalah kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama. Di samping kebiasaan tadi, ada juga salah satu kebiasaan penyebab wasir yang sering dilakukan, yaitu menunda untuk buang air besar. 

Hernia

Terlalu sering mengejan karena sembelit dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami hernia atau yang lebih dikenal dengan istilah turun berok. 

Kondisi hernia umumnya bisa diketahui dengan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu, seperti perut, pusar, bagian atas paha serta selangkangan. Benjolan tersebut ada yang bisa didorong masuk kembali ke dalam tubuh, tetapi ada juga yang tidak. Jika ada benjolan pada tubuh di daerah yang telah disebutkan tadi, Anda bisa segera periksakan ke dokter. 

Radang Usus

Apabila kita makan, tetapi tidak melakukan BAB karena sembelit dapat berpotensi mengakibatkan radang usus. Sisa makanan yang tidak terserap pada proses pencernaan akan menumpuk di organ usus dan mengendap sehingga bisa mengakibatkan penyakit radang usus. 

Jika BAB Anda lancar, endapan sisa makanan yang tidak terserap tadi bisa segera dikeluarkan dan Anda bisa terhindar dari risiko terkena penyakit radang usus.

Perut Kembung

Saat BAB anda tidak lancar, tinja akan mengeras dan membuat perut terasa penuh atau kembung. Akibat dari itu, kotoran yang seharusnya di buang dari dalam tubuh melalui buang air besar malah menumpuk di dalam perut dan membuat perut terasa kembung.

Untuk membantu menghindari sembelit, Anda bisa perbanyak minum air putih, berolahraga dan jangan menunda BAB jika sudah pada waktunya. 

Gagal ginjal

Banyak orang yang meremehkan sembelit dan tidak memperdulikan bahaya penyakit serius akibat dari sembelit yang berkepanjangan.

Menurut penelitian terbaru, orang yang mengalami kesulitan buang air besar berisiko terkena penyakit ginjal, yaitu gagal ginjal. 

Melansir Live Science, para peneliti di Amerika Serikat, meneliti catatan kesehatan lebih dari 3,5 juta veteran AS dan melihat kelancaran buang air besar. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa orang yang mengalami sembelit berisiko lebih tinggi terkena penyakit gagal ginjal dibandingkan mereka yang tidak mengalami sembelit.

Itulah penjelasan tentang akibat susah BAB yang berbahaya bagi tubuh. Jika disepelekan dan tidak cepat diatasi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Penyebab susah buang air besar umumnya dipengaruhi oleh gaya hidup dan kurang mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Nah, ada berita baik bagi Anda yang tidak sempat mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin. Anda bisa memenuhi kebutuhan serat dengan meminum Nutrive Fiber Shot. Kandungan 16 sari buah sayur yang ada dalam Nutrive Fiber Shot bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Nutrive FiberShot merupakan minuman tinggi serat (5 gram/ botol) yang bisa membantu 

mencukupi kebutuhan serat harian. Dengan rutin mengonsumsi Nutrive FiberShot yang kaya serat, maka proses pencernaan Anda menjadi lancar dan senantiasa sehat. Nutrive FiberShot melancarkan proses pencernaan Anda dengan mengurangi waktu transit makanan di usus sehingga bisa membuat frekuensi BAB Anda menjadi teratur dan menghindarkan anda dari resiko sembelit. 

Selain itu, Nutrive FiberShot juga mengandung Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang berperan sebagai prebiotik untuk membantu pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

Kebutuhan serat anda dapat terpenuhi dengan meminum Nutrive FiberShot 2x sehari. Nutrive FiberShot solusi mudah penuhi kebutuhan serat harian.

11 October 2022 - 19 views 3 min to read

Share: