Jangan Sampai Terlambat, Ini Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Jangan Sampai Terlambat, Ini Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Mengetahui cara mencegah kolesterol tinggi wajib dilakukan oleh semua orang. Baik tua maupun muda, siapapun bisa terkena kolesterol tinggi yang meningkatkan risiko stroke dan jantung koroner.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, jangan sampai kadar kolesterol dalam darah keburu tinggi. Lebih bijak bila kita melakukan pencegahan daripada kesehatan keburu jadi korban. Apalagi jika memiliki riwayat keluarga yang cenderung mengalami kolesterol tinggi.

Enggak susah kok mencegah kolesterol tinggi. Ada beberapa hal yang bisa dimulai sejak dini untuk dijadikan kebiasaan sehari-hari. Yuk intip cara mencegah kolesterol tinggi, dirangkum dari VeryWell Health dan Johns Hopkins Medicine.

1. Disiplin Makan Makanan Sehat

Disiplin mengatur pola makan adalah langkah utama dalam mencegah kolesterol. Eits, bukan berarti enggak bisa makan-makanan enak sama sekali. Memiliki cheat-day sebenarnya sah-sah saja.

Hal yang harus diperhatikan adalah memastikan kebutuhan serat terpenuhi dari sayur dan buah-buahan. Selain itu, kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Jangan lupa selalu baca label informasi nilai gizi pada kemasan makanan yang akan dikonsumsi. Perhatikan kadar lemak, gula, serat, dan lain-lain pada kemasan makanan dan juga besaran sajiannya.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Bersamaan dengan mengatur pola makan, menjaga berat badan juga sama pentingnya. Berat badan ideal menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan meminimalisir diabetes.

Coba turunkan 5 sampai 10 persen bobot tubuh saat berat badan sudah dalam kategori berlebih. Cara itu bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan.

3. Aktif Bergerak/Olahraga

Masih berkaitan dengan menjaga bobot tubuh ideal, mencegah kolesterol tinggi ampuh dilakukan dengan aktif bergerak dan berolahraga. Bila belum terbiasa berolahraga, boleh kok untuk menambah aktivitas fisik ringan di rumah.

Melakukan pekerjaan rumah, naik turun tangga, hingga berjalan kaki melewati rute yang lebih jauh dari biasanya juga sudah menjadi aktivitas fisik yang baik. Bila sudah terbiasa, baru deh mulai pilih olahraga yang dirasa bisa jadi hobi menyenangkan sekaligus menyehatkan.

4. Hindari Merokok

Merokok mungkin lekat dengan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan terutama paru-paru. Ternyata kebiasaan ini memiliki dampak yang tak kalah berbahaya.

Merokok bisa meningkatkan risiko tingginya kolesterol dan menyebabkan penyakit jantung. Menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin bisa menurunkan risiko penyakit akibat kolesterol.

5. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol bisa memicu tingginya kolesterol dan menurunkan kesehatan jantung. Ya, terlalu banyak memang berbahaya, tapi sebuah studi menunjukkan minum minuman beralkohol dalam porsi yang cukup, bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Meski begitu, menghindari alkohol akan jauh lebih baik demi mencegah tingginya kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Cara lainnya untuk mencegah kolesterol tinggi adalah menghindari stres. Tidak mudah memang, stres bisa dialami semua orang dan datang pada situasi yang tidak terduga. Belajar memanajemen stres sangat ampuh dalam mencegah banyak penyakit, termasuk kolesterol tinggi.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi Nutrive Benecol adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin mencegah ataupun menurunkan kolesterol tinggi. Mengandung Plant Stanol Ester yang berasal dari tumbuhan, Nutrive Benecol bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10% jika dikonsumsi rutin 2x sehari langsung setelah makan. Nutrive Benecol merupakan minuman smoothies dengan pilihan rasa buah yang menyegarkan seperti Blackcurrant, Strawberry, Lychee, dan Orange, siap minum dalam kemasan praktis, menjadikan Nutrive Benecol

04 May 2021 - 479 views 2 min to read

Share: