Inilah Manfaat Makan Sayur Mentah Setiap Hari

Inilah Manfaat Makan Sayur Mentah Setiap Hari

Banyak sekali organisasi kesehatan di seluruh dunia yang menyarankan orang-orang untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran setiap harinya. Tetapi, beberapa penelitian menunjukkan banyak juga yang belum mengetahui cara memasak sayuran dan hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang masih tidak mendapatkan porsi sayuran yang cukup meskipun sudah mengonsumsinya.

Untungnya, banyak sayuran lezat dan bergizi tinggi yang bisa langsung dimakan mentah. Contohnya saja lalapan yang biasa kita makan setiap hari dan cocok disandingkan dengan sambal, ikan goreng, dan sayur. Duh, memikirkannya saja sudah membuat lapar, nih!

Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Frontiers in Nutrition pada Februari 2022 lalu, di mana studi ini mengatakan bahwa memakan lalapan atau sayuran mentah mungkin bisa memberikan manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan mengonsumsinya setelah dimasak.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli epidemiologi Universitas Oxford Dr. Qi Feng ini melibatkan sekitar 399.586 peserta UK Biobank. Studi tersebut menyatakan bahwa asupan sayuran mentah yang tidak dimasak, dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) yang lebih rendah.

Menarik banget ya ternyata manfaat dari makan sayur mentah menurut penelitian yang dilakukan? Jadi semakin penasaran kira-kira apa saja manfaat makan sayur mentah lainnya, ya?

Manfaat Makan Sayur Mentah

  • Kulit Sehat yang Bersinar

Sayuran memiliki kandungan air dan fitokimia yang tinggi, maka dengan mengonsumsi sayuran secara teratur dipercaya mampu menjaga keremajaan dan elastisitas kulit. Penelitian yang dilakukan di University of St. Andrews menyimpulkan bahwa orang yang makan tiga porsi sayuran dalam enam minggu dianggap terlihat lebih muda dibandingkan mereka yang jarang memakan sayuran.

Hal ini disebabkan oleh pigmen karotenoid yang memberikan sayuran warna bisa meningkatkan penampilan kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah serta kenyal. Tidak sedikit juga sayuran yang dipercaya mampu memberikan manfaat anti-penuaan, membantu mempertahankan kekencangan kulit, dan melawan kerutan di wajah secara efektif.

  • Mengontrol Berat Badan

Manfaat makan sayur mentah bisa membantu Anda untuk mengontrol berat badan tetap stabil. Sayuran memiliki kadar karbohidrat yang rendah, tetapi sangat kaya akan serat makanan. Ketika Anda mengonsumsi sayuran setiap hari, ini akan membantu Anda untuk lebih mudah menurunkan berat badan berlebih dan mengontrolnya.

Jika Anda ingin menjalani diet untuk mengurangi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi serat makanan, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dengan makan banyak sayuran setiap hari. Sejumlah penelitian telah telah menunjukkan bahwa serat makanan memiliki sifat khusus yang mengendalikan nafsu makan. Hal ini menyebabkan tubuh bisa merasa kenyang dan puas setelah makan, sehingga menghindari camilan yang kurang sehat. Serat makanan membantu meningkatkan penanda metabolisme, seperti tekanan darah, kolesterol, dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

  • Lebih Banyak Antioksidan

Salah satu alasan mengapa sayuran sangat baik untuk tubuh yaitu karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Tapi seperti vitamin C, antioksidan bisa rusak sesaat setelah dimasak.

Beberapa antioksidan yang larut dalam air mungkin akan langsung larut ke dalam air ketika sayuran dimasak, sementara antioksidan lainnya yang belum larut dalam air mungkin akan dinetralkan oleh minyak goreng, yang secara alami mulai teroksidasi saat Anda memasak. 

Maka dari itu, manfaat makan sayuran mentah bisa membantu Anda mendapatkan antioksidan dengan maksimal.

  • Mengurangi Risiko Penyakit

Mengonsumsi banyak sayuran segar secara teratur bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, penyakit jantung, gangguan otak, dan jenis kanker tertentu. 

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makan satu porsi ekstra sayuran hijau setiap harinya mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 14%. Hal ini disebabkan karena sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat makanan dari sayuran dipecah menjadi asam lemak rantai pendek, yang membantu menjaga kesehatan bakteri usus dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit radang.

Itulah tadi manfaat makan sayur mentah atau lalapan setiap hari yang bisa dirasakan oleh tubuh. Ternyata, mengonsumsi banyak sayuran bisa membantu menyehatkan tubuh dengan baik. Tubuh yang sehat kemudian akan membuat Anda memiliki pikiran dan emosi yang sehat juga, sehingga penting untuk Anda menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sayuran memang kaya akan serat, namun jika Anda ingin memenuhi kebutuhan serat dengan lebih optimal, Anda bisa mengonsumsi Nutrive FiberShot 2 kali sehari setelah makan. Kandungan 16 sari buah sayur di dalamnya bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Tak hanya itu saja, Nutrive FiberShot dilengkapi dengan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

Referensi:

Benefits of Eating Raw Vegetables?, Vegetari. https://vegetari.in/blog/Benefits-of-Eating-Raw-Vegetables-XtwLt

What Are the Benefits of Eating Raw Vegetables?, SFGATE. https://healthyeating.sfgate.com/benefits-eating-raw-vegetables-4857.html

7 HEALTH BENEFITS OF EATING RAW VEGETABLES NO ONE TOLD YOU BEFORE, Gunter Hotel. http://www.gunterhotel.net/7-health-benefits-of-eating-raw-vegetables-no-one-told-you-before/

Raw Veggies Offer Superior Health Benefits, The Earth & I. https://www.theearthandi.org/post/raw-veggies-offer-health-benefits

06 September 2022 - 21 views 3 min to read

Share: