Ini Jenis-Jenis Kolesterol yang perlu kamu ketahui HDL & LDL

Ini Jenis-Jenis Kolesterol yang perlu kamu ketahui HDL & LDL

Penyakit kolesterol tinggi seringkali menjadi masalah bagi banyak orang Indonesia. Apalagi sangat banyak makanan Indonesia yang mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh. Memang rasanya sangat enak dan menggugah selera, namun akan sangat membahayakan jika asupan makanan tidak dijaga dengan baik. Menurut situs Medlineplus, Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang bisa ditemukan pada semua sel di dalam tubuh. Selain didapat dari makanan, hati juga menghasilkan kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa tidak selamanya kolesterol itu buruk bagi tubuh.

Banyak yang belum mengetahui secara rinci apa itu kolesterol, karena kolesterol memiliki beberapa jenis dengan perannya masing-masing. Apabila kamu pernah mendengar LDL, HDL, dan Trigliserida ketika melakukan cek kolesterol, artikel ini akan membahas apa artinya ketiga jenisnya dan berapa kadar yang harus dijaga. Berikut jenis-jenisnya!

Jenis-Jenis Kolesterol

 

Low-density Lipoprotein (LDL)

LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penumpukan kolesterol pada arteri anda. Sehingga kadar LDL harus dijaga agar selalu berada di batas normal supaya aliran darah tidak tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Kadar LDL yang tinggi lama kelamaan akan menimbulkan plak yang disebut aterosklerosis dan dapat menyebabkan penyakit arteri koroner. Penyakit ini terjadi ketika adanya penumpukan plak pada arteri jantung, sehingga arteri akan mengeras dan menyempit yang dapat menghalangi aliran darah ke jantung.

Kurangi kadar HDL di dalam tubuh dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Hindari juga kelebihan berat badan dengan olahraga secara rutin setiap hari, karena kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan kadar HDL anda. Jika anda merokok, segera berhenti kebiasaan tersebut karena sangat tidak baik bagi tubuh. Salah satu penyebab rokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah batas kadar LDL di dalam tubuh yang perlu diperhatikan:

Tingkat Kolesterol

Kategori

Kurang dari 100 mg/dL

Sangat baik

100 - 129 mg/dL

Baik

130 - 159 mg/dL

Kurang baik

160 - 189 mg/dL

Tinggi

Lebih dari 190 mg/dL

Sangat tinggi

 

High-density Lipoprotein (HDL)


Jika LDL adalah kolesterol jahat, HDL adalah kolesterol baik yang membawa kolesterol dari bagian tubuh lain dan membawanya kembali ke hati. Hati memiliki peran untuk memecah kolesterol LDL dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk itu kadar HDL memiliki kadar yang lebih tinggi dan tidak boleh terlalu rendah, karena HDL yang lebih tinggi akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Untuk meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti susu, keju, daging berlemak, dan mentega. Anda juga harus menghindari lemak trans yang terdapat pada gorengan dan makanan olahan. Ganti asupan anda dengan makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, minyak nabati, kacang-kacangan dan makanan lainnya yang mengandung banyak serat. Makanan dengan lemak jenuh dan serat dapat membantu meningkatkan kadar HDL yang baik untuk tubuh.

Bagi anda yang kurang mengetahui berapa kadar HDL yang disarankan, berikut tingkatan HDL yang harus dijaga:

Usia

Tingkatan

Di bawah 20 tahun

Lebih dari 45 mg/dL

Pria di atas 20 tahun

Lebih dari 40mg/dL

Wanita di atas 20 tahun

Lebih dari 50mg/dL


Trigliserida


Trigliserida merupakan sebuah lemak yang berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Memang trigliserida memiliki peran yang cukup penting, karena trigliserida dapat memberikan energi untuk tubuh anda. Namun trigliserida yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga kadarnya harus tetap dijaga pada batas normal agar tidak membahayakan tubuh. 

Mengapa trigliserida tinggi? Kebanyakan orang mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar, sehingga kadar trigliserida tidak terkontrol yang malah membahayakan bagi tubuh. Olahraga rutin dapat membantu tubuh anda untuk membakar sisa-sisa lemak dari makanan yang dikonsumsi. Selain kadar trigliserida bisa dijaga pada batas normal, kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa ditekan.

Pastikan anda menjaga kadar trigliserida agar tetap berada di batas normal, berikut tingkatan yang disarankan:

Tingkat Kolesterol

Kategori

Kurang dari 150 mg/dL

Normal

150 - 199 mg/dL

Agak tinggi

200 - 499 mg/dL

Tinggi

Lebih dari 500 mg/dL

Sangat tinggi

Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan tubuh selagi kita masih hidup. Apalagi bagi anda yang masih berada pada kategori sehat dan masih bisa beraktivitas. Sebelum berbagai penyakit datang dan mengganggu aktivitas anda, lakukan pola hidup sehat supaya masa tua anda tidak dihantui berbagai penyakit.

Mulai sekarang anda harus menjaga kadar kolesterol yang sudah disarankan di atas. Tentunya selain menjaga asupan makanan dan berolahraga rutin, kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%. 

 

Referensi: 

My cleveland Clinic (https://my.clevelandclinic.org/health/articles/11920-cholesterol-numbers-what-do-they-mean)
medline plus (https://medlineplus.gov/ldlthebadcholesterol.html)
medline plus (https://medlineplus.gov/hdlthegoodcholesterol.html)
medline plus (https://medlineplus.gov/triglycerides.html)
medline plus (https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cholesterol-test/about/pac-20384601)

18 October 2021 - 116 views 3 min to read

Share: