Ini dia Batas Kolesterol Normal Untuk Pria dan Wanita

Ini dia Batas Kolesterol Normal Untuk Pria dan Wanita

Menjaga kesehatan tubuh adalah kewajiban setiap orang supaya terhindar dari penyakit yang bisa menyerang kapanpun tanpa mengenal waktu. Bahkan hal ini juga berlaku untuk anda yang masih berusia muda, karena sekarang adalah saat yang tepat sebelum anda terserang berbagai penyakit mematikan yang bisa memperpendek usia anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Maka itu sangat penting untuk mencegah kemungkinan terburuk yang sering terjadi pada tubuh manusia, yaitu peningkatan kadar kolesterol. Selain peningkatan tekanan darah dan gula darah, peningkatan kadar kolesterol juga berperan penting dalam menyumbang penyakit-penyakit mematikan. Seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, dan masih banyak lagi.

Fungsi Kolesterol

Tidak selamanya kolesterol itu buruk, bahkan kolesterol memiliki peran yang penting dalam metabolisme tubuh. Tubuh menggunakan kolesterol sebagai alat untuk menjalankan fungsi penting, salah satunya adalah membantu pencernaan lemak makanan. 

Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh sebagai ester kolesterol yang dikemas dengan lemak dan protein. Usus mengumpulkan kolesterol makanan menjadi partikel yang disebut kilomikron yang diangkut melalui darah dan akhirnya diambil oleh hati. Kemudian hati mengemas makanan dan kolesterol menjadi low-density lipoprotein (LDL).

Masih ada fungsi penting lain dari kolesterol yang berkaitan dengan metabolisme tubuh, di antaranya:

  • Kolesterol berperan dalam melindungi kumpulan-kumpulan sel yang ada di dalam tubuh. Sel-sel yang akan membentuk sebuah jaringan dan organ memiliki lapisan terluar sebagai pelindung, kolesterol adalah salah satu pelindung dari sel tersebut.
  • Kolesterol penting untuk membuat sejumlah hormon penting, termasuk hormon stres kortisol. Kolesterol juga digunakan untuk membuat hormon seks menjadi testosteron, progesteron, dan estrogen. 
  • Hati juga menggunakan kolesterol untuk membentuk asam empedu, cairan yang berperan penting dalam pemrosesan dan pencernaan lemak untuk digunakan sebagai energi. 
  • Kolesterol digunakan oleh sel saraf untuk isolasi.
  • Tubuh manusia bisa memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Kolesterol yang ada di dalam kulit diubah menjadi calcitriol untuk disalurkan ke hati dan ginjal, supaya bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Batas Kolesterol Normal Untuk Pria

 

Pria dan wanita memiliki kadar kolesterol yang berbeda. Pria cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

  • Jumlah kolesterol total sebaiknya tidak melebihi 200 mg/dL. Kolesterol total adalah jumlah kolesterol LDL, kolesterol LDL, trigliserida, dan komponen lipid lainnya.
  • Jumlah LDL tidak lebih dari 120 mg/dL.
  • Jumlah HDL minimal 40 mg/dL.
  • Jika kadar LDL di tubuh pria sudah melebihi 120 mg/dL, atau kadar kolesterol total pada pria melebihi 200 mg/dL, bisa dibilang ia memiliki kondisi kolesterol tinggi. Pada pria berusia muda, kondisi ini membuatnya berisiko terhadap penyakit jantung.
  • Pada pria yang sudah berusia 45 tahun atau lebih, biasanya risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung akan semakin meningkat.

 

Kadar Kolesterol Normal Wanita

  • Kadar kolesterol normal untuk wanita, terutama LDL, harus dijaga di bawah 100 mg/dL. Bagi wanita yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, batas atas kadar LDL adalah 70 mg/dL.
  • Jumlah LDL mencapai 130 mg/dL dianggap sebagai kondisi kolesterol tinggi.
  • Kadar HDL pada wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan pada pria. Alasannya, wanita memiliki hormon estrogen yang membantu menjaga kadar HDL di tubuhnya lebih tinggi. Kondisi ini akan berubah saat wanita sudah memasuki fase menopause dan kehilangan estrogen. Pada usia ini, kadar HDL bisa dikalahkan oleh LDL.
  • Kadar kolesterol normal untuk wanita (HDL) minimal 50 mg/dL.

 

Perbedaan Antara Kolesterol Baik dan Buruk


Banyak yang belum mengetahui bahwa kolesterol dibedakan menjadi dua, yaitu kolesterol baik dan kolesterol buruk. Untuk itu anda harus mengetahui perbedaannya supaya tidak salah dalam memahaminya, berikut perbedaannya:

Low-density lipoprotein (LDL) atau Kolesterol Jahat


Ateroma adalah plak lemak yang menumpuk pada dinding arteri pembuluh darah, sehingga dapat memicu penyakit jantung yang juga dikenal sebagai aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). LDL adalah salah satu penyebab utama pembentukan ateroma ini, karena LDL mengandung lebih banyak kolesterol dibanding protein.


High-density lipoprotein (HDL) atau Kolesterol Baik


HDL lebih berat dibanding LDL karena mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit kolesterol, sehingga HDL berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma. Dengan kadar HDL yang lebih tinggi, risiko penyakit kardiovaskular juga bisa ditekan. HDL bisa ditingkatkan dengan makanan rendah lemak dan tinggi serat, serta mengurangi konsumsi gula.

Cara Terbaik Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh

Menerapkan pola hidup sehat mau tidak mau harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Memang tidak semua orang bisa melakukan ini, namun ini adalah salah satu cara supaya masa tua anda lebih tenang tanpa dihantui penyakit mematikan. Jaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan dibantu berolahraga secara rutin setiap hari.

 

Sulit bagi sebagian orang untuk mengontrol asupan makanan, mungkin karena kegiatan yang terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk memilih-milih makanan untuk dikonsumsi. Nutrive Benecol hadir untuk anda supaya tetap terhindar dari kolesterol tinggi dengan mudah. Cukup konsumsi 2x setelah makan, Nutrive Benecol akan menghajar kolesterol dari setiap makanan yang anda konsumsi. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menjaga kesehatan tubuh, karena Nutrive Benecol memberikan cara enak untuk menurunkan kolesterol anda.

Referensi:

My Cleveland Clinic https://my.clevelandclinic.org/health/articles/11920-cholesterol-numbers-what-do-they-mean

Medline plus https://medlineplus.gov/cholesterollevelswhatyouneedtoknow.html 

24 September 2021 - 47 views 3 min to read

Share: