Ini Ciri Ciri Kolesterol Mulai Naik Dan Yang Harus Dilakukan

Ini Ciri Ciri Kolesterol Mulai Naik Dan Yang Harus Dilakukan

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Kolesterol merupakan materi halus menyerupai lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh. Kolesterol sendiri sebenarnya adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membantu memproduksi vitamin D, hormon - hormon penting serta asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak. 

Meskipun kolesterol sebenarnya merupakan sebuah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi jika jumlah nya terlalu banyak, kolesterol dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan dampak negatif yang akan berbahaya bagi tubuh. Efek jika tubuh memiliki terlalu banyak kadar kolesterol antara lain adalah meningkatnya risiko terkena penyakit dan kondisi kesehatan yang membahayakan seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk tetap menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda di tingkat yang normal. Jika anda belum mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh anda termasuk kedalam kategori yang tinggi atau normal, anda dapat memeriksakan diri ke dokter atau dengan mengenali ciri - ciri kolesterol mulai naik di tubuh anda.

Berikut adalah ciri - ciri kolesterol yang mulai naik


Tengkuk Terasa Berat Dan Pegal Di Bagian Pundak


Ketika kadar kolesterol dalam tubuh anda mulai naik, maka hal ini dapat menyebabkan suplai darah dan oksigen keseluruh tubuh dapat terganggu atau terhambat. Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah leher, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Khususnya bagian leher/pundak, sehingga akan terasa pegal/kencang di berbagai bagian tubuh, umumnya terjadi di area pundak dan tengkuk. Hal ini jika dibiarkan tentunya akan membuat anda tidak merasa nyaman dan dapat mengganggu aktivitas keseharian anda

Sakit Kepala


Pada saat kolesterol dalam tubuh kadarnya mulai meningkat, aliran pembuluh darah akan menjadi terhambat dan imbasnya adalah aliran darah ke berbagai organ penting didalam tubuh akan terganggu. Salah satu organ penting dalam tubuh adalah otak, dan ketika kolesterol naik dan suplai oksigen serta darah ke otak terganggu, maka kepala akan terasa sakit dibagian belakang kepala.

Terasa Kesemutan Di Beberapa Bagian Tubuh


Kadar kolesterol yang mulai naik akan dapat menyebabkan sensasi rasa kesemutan, terutama di bagian kaki dan tangan. Hal ini dikarenakan terjadinya gumpalan darah akibat penumpukan kolesterol jahat. Sehingga aliran darah yang tidak lancar ini menyebabkan suplai darah dan oksigen ke anggota tubuh menjadi terhambat dan akan terasa kesemutan di bagian kaki dan tangan.

Cepat Merasa Mengantuk/Mudah Lelah


Jika anda merasa bahwa akhir - akhir ini anda mudah mengantuk saat melakukan aktivitas sehari - hari, hal ini bisa jadi adalah ciri - ciri kadar kolesterol anda mulai naik. Biasanya hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen melalui darah ke otak sehingga otak akan merasakan kelelahan yang dapat menyebabkan anda mudah mengantuk.

Rasa Nyeri Di Dada


Jika kadar kolesterol dalam tubuh mulai naik, maka salah satu gejala atau ciri nya adalah ditandai dengan munculnya rasa sakit atau nyeri di area dada bagian depan. Hal ini disebabkan penumpukan kolesterol jahat yang ada di dalam pembuluh darah anda sehingga nantinya pembuluh darah tersebut dapat tersumbat dan menyebabkan nyeri.


Setelah anda mengenali ciri - ciri kadar kolesterol yang mulai naik. Tentunya ini merupakan sebuah sistem peringatan dari tubuh agar anda lebih memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Hal ini tentunya jika dibiarkan akan dapat mengancam kesehatan tubuh anda. Supaya kadar kolesterol anda tetap terjaga dalam kadar yang normal, anda dapat melakukan beberapa tips ini. Simak tips berikut untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal di tubuh anda.

Cara menjaga kadar kolesterol agar tidak naik 

Konsumsi Makanan Yang Sehat dan Kurangi Makanan Berkolesterol Tinggi

Salah satu penyebab kolesterol naik adalah dikarenakan terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jenis makanan dengan kandungan kolesterol tinggi antara lain adalah daging, telur, gorengan dan junk-food. Anda dapat menjauhi makanan - makanan dengan kolesterol tinggi tersebut dan mulai memperbanyak konsumsi makanan sehat rendah kolesterol seperti sayur-mayur, buah - buahan atau nasi dengan kadar gula rendah seperti nasi merah.

Rajin Olahraga Teratur dan Aktif Bergerak

Kalori yang kita konsumsi setiap harinya jika tidak dibakar dengan aktivitas fisik seperti olahraga akan dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang nantinya berdampak pada peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Terlebih jika aktivitas keseharian anda tidak terlalu banyak bergerak seperti duduk berjam-jam didepan komputer atau meja kantor. Anda dapat mulai membiasakan untuk olahraga ringan setiap harinya untuk membakar kalori dalam tubuh anda dan mengurangi tingkat kadar kolesterol sehingga kolesterol dalam tubuh anda tetap terjaga dalam tingkatan yang normal.

Hindari Kebiasaan Buruk Seperti Merokok dan Minuman Beralkohol

Kebiasaan yang satu ini selain menimbulkan dampak negatif lainnya seperti peningkatan resiko penyakit kanker dan hipertensi. Juga dapat menyebabkan kadar kolesterol anda menjadi naik. Zat acrolein yang terdapat pada rokok dapat membuat kadar kandungan kolesterol jahat didalam tubuh menjadi tidak terkontrol. Sehingga disarankan agar anda menjauhi kebiasaan merokok, karena dapat membuat tingkat kolesterol anda semakin tinggi dan meningkatkan resiko penyakit lain yang tidak kalah berbahaya. 

Selain cara di atas, kamu bisa konsumsi Nutrive Benecol untuk menurunkan dan juga untuk jaga kadar kolesterol kamu. Kandungan Plant Stanol Ester dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol 7-10% jika dikonsumsi rutin 2-3 minggu, 2 botol setiap hari langsung setelah makan. 

Selain mengkonsumsi Nutrive Benecol, kamu juga dianjurkan untuk melakukan olahraga teratur, dan menghindari makanan berkolesterol tinggi. Nutrive Benecol aman dikonsumsi untuk diabetes karena low GI, dan tanpa penambahan gula pasir

 

15 March 2022 - 66 views 4 min to read

Share: