Ini Cara Ketahui Jantung Anda Sehat atau Tidak

Ini Cara Ketahui Jantung Anda Sehat atau Tidak

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting, karena merupakan sebuah organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita. Maka dari itu, kesehatan jantung merupakan sebuah hal yang sangat perlu kita perhatikan karena untuk bisa menjalani aktivitas dan rutinitas sehari - hari, kita memerlukan jantung yang sehat dan normal.

Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahui dan mengenali ciri - ciri jantung yang sehat, selain cara yang umumnya dilakukan dengan memeriksakan kesehatan jantung anda ke dokter atau yang umumnya disebut dengan medical check up, ada beberapa cara lain untuk mengetahui apakah jantung kita sehat atau tidak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak beberapa hal berikut.

Cara Mengetahui Jantung Anda Sehat atau Tidak

Detak Jantung

Salah satu cara mengetahui kesehatan jantung anda adalah dengan merasakan denyut nadi yang anda miliki, anda bisa cek denyut nadi anda dengan meletakkan jari telunjuk dan jari tengah anda pada pergelangan tangan bagian dalam.

Salah satu indikasi jantung anda merupakan jantung yang sehat adalah detak atau ketukan jantung yang dirasakan melalui nadi cenderung teratur, dengan menghitung jumlah detakan dalam 10 detik lalu dikalikan 6 kali, anda bisa mengetahui besaran angka detak jantung anda per menit atau yang sering juga disebut bpm/beats per minute. Umumnya jantung yang sehat memiliki detak antara 60-100 bpm sehingga jika detak jantung anda melebihi atau kurang dari dari jumlah tersebut, anda perlu mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter anda untuk melakukan tes lebih lanjut yang akurat.

Tekanan Darah

Tekanan darah juga bisa dijadikan sebuah acuan untuk mengetahui kesehatan jantung anda, hal ini tentunya bisa anda lakukan dengan menggunakan alat cek tekanan darah yang dioperasikan oleh tenaga medis. Angka tekanan darah yang terbilang cukup normal dan dapat dikategorikan sehat adalah sekitar 120 systolic/80 diastolic, sehingga jika tekanan darah anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal tersebut bisa memiliki indikasi jika tekanan darah tidak bagus dan perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Tekanan darah yang terlampau tinggi dapat membuat dinding arteri menjadi lebih sempit dan kaku sehingga bisa menghambat aliran darah ke jantung, hal tersebut bisa membuat resiko terkena penyakit stroke atau serangan jantung menjadi meningkat.

Kolesterol

Indikator selanjutnya adalah dengan mengetahui kadar kolesterol yang ada didalam tubuh anda, dengan melakukan pengecekan terhadap kadar kolesterol, anda bisa mengetahui besaran kadar kolesterol baik/HDL dan kolesterol baik/HDL yang ada di tubuh anda. Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak bisa membuat aliran darah anda menjadi terhambat ataupun tersumbat, sehingga risiko terkena penyakit berbahaya seperti misalnya stroke maupun jantung juga ikut meningkat

Itulah beberapa cara mengetahui apakah anda memiliki jantung yang sehat atau tidak, demi hidup yang sehat dan jantung yang normal, maka anda harus memperhatikan secara betul kesehatan jantung anda, sehingga nantinya anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh jantung yang tidak sehat,  jika anda masih belum apakah jantung anda tergolong sebagai jantung yang sehat atau tidak, maka disarankan untuk melakukan medical check up untuk mengetahui secara pasti tentang kondisi jantung anda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu tanda jantung yang sehat adalah kadar kolesterol yang normal, maka dari itu, penting bagi anda untuk bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda tetap normal. Salah satu cara paling praktis dalam memastikan kolesterol anda tetap dalam kadar yang baik adalah dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol, dengan kandungan Plant Stanol Ester didalamnya yang sudah  teruji klinis bisa menurunkan kolesterol 7-10% ketika dikonsumsi sebanyak  2x sehari setelah makan selama 2-3 minggu. Jalani hidup sehat dengan menjaga kolesterol anda dengan Nutrive Benecol

02 August 2022 - 32 views 3 min to read

Share: