Hal yang Bisa jadi Penyebab Susah BAB pada Wanita

Hal yang Bisa jadi Penyebab Susah BAB pada Wanita

Susah buang air besar atau sembelit dalam istilah medis disebut konstipasi. Kondisi ini terjadi saat keinginan untuk buang air besar (BAB) menjadi berkurang. Sesungguhnya, frekuensi BAB pada setiap orang tidaklah sama sehingga tidak ada standar untuk harus BAB berapa kali dalam satu hari atau selama satu minggu. 

Susah untuk buang air besar atau sembelit bisa dialami oleh siapa pun. Penyebab dari sembelit pun juga bermacam-macam, salah satunya adalah kurang minum air putih. Akan tetapi, pada wanita ada penyebab khusus terjadinya sembelit yang tidak terjadi pada pria atau anak-anak. 

Lalu, hal apa saja yang menjadi penyebab sulit BAB pada wanita ? Ketahui jawabannya pada ulasannya di bawah sini, ya !

Penyebab Susah BAB pada Wanita

Kehamilan

Kehadiran seorang anak merupakan pelengkap kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Hal tersebut bisa dicapai melalui proses kehamilan yang hanya dialami oleh wanita. Namun, pada ibu hamil rentan terkena masalah pencernaan seperti sembelit. Penyebab susah buang air besar yang dialami wanita berkaitan dengan perubahan kadar hormon saat proses kehamilan.

Sembelit ketika mengandung terjadi karena tubuh perlu meningkatkan hormon tertentu agar mendukung pertumbuhan si jabang bayi. Akibatnya, kenaikan hormon dalam jumlah tinggi menyebabkan usus menjadi lambat bergerak. Pergerakan usus yang lambat akan membuat feses tersimpan lebih lama di usus besar.

Semakin lama feses berada di usus besar, semakin banyak juga cairan yang kembali diserap oleh tubuh. Akhirnya, feses akan menjadi padat dan keras sehingga sulit dikeluarkan melalui BAB.

Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar adalah masalah pencernaan yang terganggu akibat dari adanya ketidaknormalan cara kerja usus, tetapi tidak sampai ke tahap kerusakan jaringan. Selain sembelit, iritasi usus besar  juga menimbulkan gejala lain yang mengganggu, seperti perut mulas, kram perut, diare, dan perut kembung.

Munculnya gejala iritasi usus besar bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti stres dan konsumsi makanan dan minuman tertentu. 

Menstruasi

Penyebab susah buang air besar pada wanita yang selanjutnya adalah menstruasi. Kondisi yang hanya dialami oleh wanita ini, membuat produksi hormon progesteron menjadi berlebihan sehingga mengalami penumpukan. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk menebalkan lapisan dinding rahim. Akan tetapi, peningkatan hormon progesteron dapat mengakibatkan sembelit selama masa ovulasi. 

Endometriosis

Selain menstruasi, ada juga kondisi yang bisa menyebabkan sembelit pada wanita, yaitu endometriosis. Kondisi ini mengakibatkan jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim, malah tumbuh di luar rahim.

Endometriosis menimbulkan gejala-gejala , seperti sembelit, diare, dan nyeri pada pinggul. Ketika datang bulan, gejala tersebut akan semakin bertambah karena kadar hormon meningkat.

Kurang Asupan Serat

Serat yang ada pada makanan berfungsi untuk menarik cairan ke usus agar tekstur feses tetap lunak. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak pada buah-buahan, sayur-sayuran dan juga kacang-kacangan. Sebaliknya, jika Anda jarang mengonsumsi makanan rendah serat maka sembelit bisa terjadi pada sistem pencernaan Anda.

Nah, itu tadi pembahasan singkat penyebab susah BAB pada wanita. Selain minum air putih secara rutin, masih ada cara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan serat agar terhindar dari kondisi sembelit, yaitu dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot. 

Konsumsi Nutrive FiberShot 2x sehari setelah makan agar kebutuhan serat harian tercukupi karena merupakan minuman sehat tinggi serat yang diformulasikan mengandung 16 sari buah & sayur untuk jaga saluran pencernaan. Tak hanya itu, Nutrive FiberShot mengandung Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

Nutrive Fibershot juga aman dikonsumsi pada anak diatas 1 tahun, ibu menyusui maupun ibu hamil. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi Nutrive FiberShot, ya !

07 October 2022 - 20 views 3 min to read

Share: