Gangguan Sistem Pencernaan Yang Umum Dijumpai

Gangguan Sistem Pencernaan Yang Umum Dijumpai

Dalam kehidupan sehari - hari, sistem pencernaan yang ada di tubuh kita memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam hal penyerapan nutrisi. Akan tetapi, jika kesehatan sistem pencernaan kita tidak terjaga dengan baik, maka kemungkinan besar kita akan mengalami gangguan pencernaan. Hal tersebut tentunya dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita dan akan berimbas pada kemampuan kita menjalani aktivitas sehari - hari. Gangguan sistem pencernaan pun ada bermacam - macam bentuknya, berikut ini adalah beberapa jenis gangguan pencernaan yang umum kita jumpai di kehidupan sehari - hari:

Gangguan Pencernaan Yang Umum Terjadi

Maag

Gangguan pencernaan yang satu ini ditandai tidak nyaman di area perut, gangguan tersebut biasanya muncul karena mengkonsumsi minuman dan makanan tertentu atau saat ketika seseorang telat makan yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat yang membuat perut akan terasa sakit dan nyeri di bagian area lambung. Gangguan sistem pencernaan yang satu ini sangatlah mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitas harian sehingga hal ini biasanya perlu dihindari dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi dan memastikan pola makan kita tetap teratur setiap harinya.

Diare

Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan frekuensi BAB yang meningkat atau berlebih, dibarengi dengan tekstur feses yang cenderung berair atau encer. Biasanya gangguan tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman berupa sakit perut dan sangat mengganggu aktivitas sehari - hari karena orang yang mengalami diare akan berkali - kali BAB dalam sehari. Biasanya gangguan tersebut dikarenakan konsumsi suatu makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri atau parasit tertentu, prosedur medis maupun efek samping dari konsumsi obat - obatan tertentu.

Sembelit

JIka diare merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan BAB berlebihan, maka bisa dikatakan bahwa sembelit merupakan kebalikan dari kondisi diare. Seseorang yang mengalami gangguan pencernaan sembelit akan sangat jarang buang air besar, bahkan bisa kurang dari 3 kali dalam seminggu dikarenakan tekstur feses yang cenderung keras dan menyebabkan orang tersebut menjadi kesusahan ketika buang air besar. 

Penyebab sembelit sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu penyebab paling umum terjadi adalah karena kurangnya asupan atau konsumsi serat harian sehingga sistem pencernaan menjadi kurang lancar dan menyebabkan sulit buang air besar. Maka dari itu konsumsi serat harian juga perlu diperhatikan dengan baik agar terhindar dari sembelit dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. Asupan serat pangan dari berbagai makanan sehat seperti misalnya buah-buahan atau sayur mayur merupakan jenis serat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda dan keluarga anda.

Meskipun begitu, kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah masih sangat minim dilakukan oleh kebanyakan masyarakat indonesia, hal ini tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan sistem pencernaan seseorang. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, dari mulai malas untuk menyiapkan sayuran atau kecenderungan tidak suka dengan rasa sayur. Maka dari itu untuk bisa memastikan agar asupan serat harian tetap terjaga dengan baik, anda bisa gunakan cara praktis untuk memenuhi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi Nutrive Fibershot.

Nutrive Fibershot merupakan minuman yang tinggi akan serat untuk cukupi kebutuhan serat harian, Nutrive Fibershot sendiri diformulasikan dengan mengandung 16 sari buah & sayur untuk jaga kesehatan saluran pencernaan anda agar tetap bisa hadapi aktivitas sehari - hari dengan lancar. Jaga asupan serat harian secara praktis dengan konsumsi Nutrive Fibershot dua kali sehari.

03 August 2022 - 3 views 2 min to read

Share: