Fakta Menarik Tentang Sistem Pencernaan Tubuh Manusia

Fakta Menarik Tentang Sistem Pencernaan Tubuh Manusia

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk mengolah makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh. Selain untuk mengolah makanan, sistem pencernaan juga berperan untuk mengeluarkan sisa-sisa makan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. 

Sisa-sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk kotoran (feses). Hal inilah yang membuat sistem pencernaan tidak hanya bekerja saat Anda makan, tetapi saat tidak makan pun sistem pencernaan tetap bekerja untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dibutuhkan lagi. 

Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa organ, yakni mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar dan anus. Salah satu fakta menarik tentang sistem pencernaan adalah tentang usus kecil (usus halus). Organ sistem pencernaan, yaitu usus halus merupakan organ terpanjang pada sistem pencernaan manusia. Panjang dari usus halus bisa berkisar antara 3 - 5 meter, lho.

Selain itu, masih ada lagi fakta menarik tentang sistem pencernaan pada tubuh manusia. Berikut ini adalah daftar fakta-fakta menarik sistem pencernaan tubuh manusia. 

Fakta Menarik Sistem Pencernaan yang Perlu Diketahui

Melansir dari laman Merdeka.com, fakta menarik sistem pencernaan adalah :

Panjang Keseluruhan Sistem Pencernaan adalah Sekitar 30 Meter

Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda, berapa panjang sistem pencernaan pada orang dewasa ? Panjang sistem pencernaan pada orang dewasa bisa mencapai sekitar 30 meter dan terbagi menjadi 8 bagian, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar, hati, pankreas, dan kantong empedu.

Perut Orang Dewasa Mampu Menampung 4 Liter Makanan

Tidak banyak orang yang mengira jika perut orang dewasa sanggup untuk menampung makanan hingga mencapai 4 liter makanan. Biasanya perut orang dewasa bisa menampung 1-1,5 liter makanan. Sebaiknya, jangan mengisi perut Anda dengan 4 liter makanan karena bisa membuat perut menjadi penuh dan membuat tidak nyaman jika diisi makanan terlalu banyak.

Manusia Mengeluarkan 1 Liter Liur/hari

Produksi rata-rata air liur pada manusia adalah 1 liter/hari. Air liur berfungsi untuk membantu untuk melunakkan, melembapkan, serta membantu Anda agar makanan mudah tertelan. Selain itu, air liur juga membantu menjaga kebersihan rongga mulut, membantu proses untuk mengecap rasa, mengunyah, dan mencegah bau pada mulut

Proses Pencernaan Dibagi Jadi 2 Jenis Utama

Proses pencernaan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.

Proses pencernaan mekanik merupakan proses mengubah makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih kecil atau lebih halus. Proses itu terjadi di dalam mulut dengan menggunakan bantuan gigi serta lidah. Di samping itu, ada juga proses pencernaan secara kimiawi. Proses pencernaan kimiawi adalah proses pengubahan zat makanan dari bentuk yang kompleks menjadi lebih sederhana dengan melibatkan enzim pencernaan. Proses pencernaan secara kimiawi biasanya terjadi di dalam organ pencernaan, yakni lambung.

Nah, itu dia fakta-fakta menarik tentang sistem pencernaan tubuh manusia. Setelah membaca penjelasan singkat tadi, ternyata sistem pencernaan manusia sangat luar biasa, ya. 

Mau tau cara enak dan praktis untuk memenuhi kebutuhan serat harian ? Nutrive FiberShot jawabannya !

Jaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan minum 2 botol Nutrive FiberShot setiap hari. Nutrive FiberShot mengandung 16 sari buah dan sayur yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan Inulin dari Chicory dan Polidextrosa dalam Nutrive FiberShot berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang maksimal.

Oleh karena itu, kesehatan sistem pencernaan perlu dijaga sebaik mungkin. Salah satu cara untuk menjaga sistem pencernaan bisa diwujudkan dengan mengonsumsi minuman tinggi serat, yaitu Nutrive FiberShot.

Nutrive FiberShot, cara enak penuhi serat di mana pun dan kapan pun !

10 October 2022 - 546 views 3 min to read

Share: