Fakta-fakta yang Harus Kamu Ketahui dari Obat Penurun Kolesterol

Fakta-fakta yang Harus Kamu Ketahui dari Obat Penurun Kolesterol

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Masalah kolesterol tinggi seringkali dikeluhkan oleh banyak orang, bahkan di usia muda sekalipun. Banyak juga yang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol berperan penting terhadap berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan stroke. 
Agar kolesterol tubuh terjaga, sebaiknya perhatikan pola hidup sehat. Namun jangan khawatir untuk Anda yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi, segera perbaiki pola hidup Anda seperti kebiasaan makan yang sehat & olahraga teratur, serta patuhi obat-obatan yang sudah diberikan oleh dokter.

Fakta-fakta yang Harus Diketahui dari Obat Penurun Kolesterol

Sudah menjadi fakta bahwa obat-obatan bermanfaat untuk meredakan penyakit yang ada di dalam tubuh. Namun bukan sebuah rahasia bahwa obat-obatan juga dapat memberikan efek samping yang harus diperhatikan, apalagi jika dikonsumsi pada jangka waktu yang lama.

Bagi anda yang belum mengetahui banyak efek samping yang dihasilkan dari obat-obatan penurun kolesterol, sebaiknya anda pelajari dulu sebagai bahan pertimbangan apakah anda siap untuk menghadapi efek samping yang kemungkinan akan anda rasakan. Berikut tabel efek samping obat penurun kolesterol berdasarkan kelas obat menurut Mayo Clinic.

Kelas obat Kemungkinan efek samping
Statin
Atorvastatin (Lipitor)
Fluvastatin (Lescol XL)
Lovastatin (Altoprev)
Pitavastatin (Livalo)
Pravastatin (Pravachol)
Rosuvastatin (Crestor)
Simvastatin (Zocor)
Nyeri otot, peningkatan kadar gula darah, sembelit, mual, diare, sakit perut, kram, peningkatan enzim hati
Cholesterol absorption inhibitor
Ezetimibe (Zetia)
Sakit perut, diare, kelelahan, nyeri otot
PCSK9 inhibitors
Alirocumab (Praluent)
Evolocumab (Repatha)
Gatal, bengkak, nyeri atau memar di tempat suntikan
Citrate lyase inhibitors
Bempedoic acid (Nexletol)
Bempedoic acid-ezetimibe (Nexlizet)
Kejang otot dan nyeri sendi, termasuk gout akut
Bile acid sequestrants
Cholestyramine (Prevalite)
Colesevelam (Welchol)
Colestipol (Colestid)
Sembelit, kembung, mual, gas, mulas
Combination cholesterol absorption inhibitor and statin
Ezetimibe-simvastatin (Vytorin)
Sakit perut, kelelahan, gas, sembelit, sakit perut, kram, nyeri otot, nyeri dan kelemahan
Combination calcium channel blocker and statin
Amlodipine-atorvastatin (Caduet)
Wajah dan leher memerah, pusing, jantung berdebar, nyeri otot dan nyeri, peningkatan kadar gula darah, sembelit, mual, diare, sakit perut, kram, peningkatan enzim hati
Fibrates
Fenofibrate (Antara, Lipofen, lainnya)
Gemfibrozil (Lopid)
Mual, sakit perut, nyeri otot
Niacin
Resep Niasin (Niacor, Niaspan)
Wajah dan leher memerah, gatal-gatal, sakit perut, peningkatan gula darah
Omega-3 fatty acids
Resep termasuk Lovaza, Omacor dan Vascepa
Bersendawa, rasa amis, gangguan pencernaan; dapat meningkatkan risiko perdarahan

Selain efek jangka pendek di atas, mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat ketergantungan. Sehingga anda akan kesulitan untuk berhenti atau menggantinya dengan obat jenis lain. Untuk itu anda sebaiknya menghindari obat-obatan apabila dokter belum merekomendasikan anda untuk. Statin memang merupakan obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang diproduksi oleh organ hati kita. Sehingga tentunya secara efektif akan menurunkan kadar kolesterol tubuh, namun untuk dapat menurunkan secara lebih efektif kadar kolesterol, dapat dikombinasikan dengan terapi non-statin salah satunya yaitu terapi nutraceutical dengan mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung Plant Stanol Ester.

Berdasarkan rekomendasi asosiasi dokter endokrin (PERKENI) & asosiasi dokter jantung (PERKI) , penambahan Plant Stanol dapat secara efektif membantu penurunan kadar kolesterol dari makanan yang kita konsumsi.

Amankah Untuk Minum Nutrive Benecol?

Menurut situs Cleveland Clinic, Fitosterol atau disebut sebagai plant sterol dan stanol ester merupakan sekelompok senyawa alami yang ditemukan dalam membran sel tumbuhan. Secara struktural, Fitosterol mirip dengan kolesterol tubuh. Sehingga mereka bisa bersaing dengan kolesterol untuk membantu penyerapan di dalam pencernaan.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester yang teruji klinis dapat membantu menurunkan... sehingga dipastikan dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh hingga 10%, dengan konsumsi 2 kali sehari langsung setelah makan. Tentu Nutrive Benecol juga tidak menggunakan tambahan gula pasir dan Low GI = 52, sehingga aman untuk penderita diabetesi.

Apabila anda mengalami masalah kolesterol tinggi dan belum direkomendasikan dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan,anda bisa memulai pola hidup sehat, diet rendah lemak, dan konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari langsung setelah makan.. Nutrive Benecol dapat dikonsumsi untuk anda yang memiliki kadar kolesterol normal namun ingin melakukan pencegahan, dan untuk turunkan kolesterol.. Apalagi dengan 4 varian rasa buah yang menyegarkan, anda akan mendapatkan cara enak untuk turunkan kolesterol!


Mayo Clinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/cholesterol-medications/art-20050958
My Cleveland Clinic: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17368-phytosterols-sterols--stanols
Perki (https://inaheart.org/) dan Perkeni (https://pbperkeni.or.id/) 

21 December 2021 - 124 views 3 min to read

Share: