Daftar Rempah-Rempah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Anda

Daftar Rempah-Rempah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Anda

Lezatnya berbagai jenis masakan Indonesia tidak luput dari peran rempah-rempah yang dapat memberikan rasa dan aroma yang sangat kuat. Tidak heran mengapa masakan Indonesia memiliki kekayaan rasa yang sulit didapatkan pada masakan barat. Selain berperan terhadap rasa, rempah ternyata juga memiliki peran yang tidak kalah penting bagi kesehatan. Bahkan terdapat beberapa jenis rempah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat menjaga kesehatan jantung.

Apabila anda merasa bosan dengan rasa makanan sehat yang selalu anda konsumsi, sebaiknya anda menggunakan rempah-rempah di bawah ini untuk memberikan tambahan rasa dan aroma. Berikut daftar rempah-rempah yang baik untuk kesehatan menurut situs Thorne!

Rempah-Rempah Penurun Kolesterol


Kayu Manis

Kayu manis ternyata memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, yaitu membantu menurunkan gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 1,5 sendok teh kayu manis selama 40 hari mengalami penurunan gula darah puasa, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total.

Bawang Putih

Bawang putih selalu menjadi rempah yang mudah ditemukan pada berbagai makanan sehari-hari. Senyawa Allicin yang terkandung pada bawang putih memiliki manfaat terhadap kesehatan, seperti menurunkan kadar lipid darah serta menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi bawang putih selama 2 bulan dapat menurunkan kolesterol LDL rata-rata 9 mg/dL dan kolesterol total rata-rata 17 mg/dL.

Jahe

Banyak orang yang tidak menyukai jahe karena aromanya yang terlalu tajam. Padahal jahe juga dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh anda. Sebuah penelitian mengatakan mengkonsumsi 2 gram jahe dapat menurunkan trigliserida rata-rata 38 mg/dL dan kolesterol total rata-rata 12 mg/dL. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi gula darah puasa dan hemoglobin A1c pada penderita diabetes tipe 2.

Kunyit

Jenis rempah yang satu ini juga sangat mudah ditemukan dan sering menjadi campuran pada beberapa masakan Indonesia. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi 2,4 gram kunyit selama 4 minggu dapat menurunkan kolesterol LDL dan CRP yang merupakan penanda peradangan terkait peningkatan risiko penyakit jantung.

Cabe Cayenne

Siapa bilang cabe hanya memberikan rasa pedas? Cabe yang satu ini juga bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Jika anda bisa mendapatkan cabe Cayenne di Indonesia, jenis cabe ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan HDL. Selain itu, proses pembakaran lemak juga meningkat sehingga dapat mengurangi lemak di dalam tubuh.

Jika tujuan anda untuk menjaga kesehatan, sebaiknya anda tetap membatasi jumlah lemak jenuh, lemak trans, dan bahan makanan rendah kolesterol lainnya. Dilansir dari situs Mayoclinic, rempah-rempah di atas dapat dijadikan cara yang sehat untuk menambah rasa pada makanan, terutama sebagai pengganti gula dan garam. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk membumbui makanan sehat yang ingin anda konsumsi.

setelah anda mengonsumsi dan menerapkan pola makan yang sehat untuk menurunkan kolesterol, anda bisa konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari langsung setelah makan.

Nutrive Benecol membantu untuk menurunkan kolesterol maupun untuk menjaga kadar kolesterolmu. Plant Stanol Ester yang terkandung dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% dalam 2-3 minggu. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, dan mengonsumsi Nutrive Benecol, dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol anda.

Referensi:

Thome: https://www.thorne.com/take-5-daily/article/5-spices-for-a-healthy-heart-let-food-be-your-medicine
Mayoclinic: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/expert-answers/cinnamon-lower-cholesterol/faq-20057912
Hopkins Medicine: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-spices-with-healthy-benefits 

27 October 2021 - 150 views 2 min to read

Share: