Daftar Pantangan Makanan yang harus dihindari penderita Kolesterol

Daftar Pantangan Makanan yang harus dihindari penderita Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu hal yang sangat berbahaya dikarenakan dengan tingginya kadar Kolesterol jahat (Kolesterol LDL) akan menimbulkan penyakit penyakit yang lain seperti penyakit Stroke, Jantung dan masih banyak penyakit lainnya. Ada 2 sumber kolesterol, 75% diproduksi oleh hati, 25% didapat dari makanan yang kita konsumsi. Jika anda sudah mengetahui kadar kolesterol anda tinggi sebaiknya anda segera memulai pola hidup sehat, salah satunya dari mengatur pola makan anda. 

Kolesterol yang tinggi juga bisa dirasakan oleh tubuh anda, anda bisa merasakan seperti kaki anda terasa dingin, nyeri di dada, Mudah lelah dan mengantuk, kesemutan dan masih banyak lagi gejala yang disebabkan oleh atau mungkin jika konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi mengalami sakit di daerah tengkuk.. Untuk menghindari hal-hal tersebut cara yang paling mudah ialah menghindari makanan yang membuat kolesterol anda semakin tinggi. Berikut ialah daftar makanan pantangan untuk penderita Kolesterol


Daftar Makanan Pantangan Penderita Kolesterol

 

Produk Susu

Lemak yang dimiliki oleh produk susu ialah lemak jenuh yang sangat tidak baik untuk penderita kolesterol. Lemak jenuh yang dimiliki produk susu merupakan asam laurat dan asam miristat, kedua asam lemak jenuh ini berpotensi meningkatkan kolesterol jahat yaitu LDL.

Selain itu susu memiliki Saturated fat atau lemak jenuh banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasa dari hewan (contohnya daging dan susu), serta gorengan dan makanan kemasan. Makanan-makanan yang memiliki saturated fats lain adalah keju dan daging yang memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, susu atau krim whole-fat, mentega, es krim, minyak kelapa maupun minyak kelapa sawit.

 

Jeroan

Selanjutnya anda harus menghindari jeroan ayam dan sapi seperti otak, usus, ampela, hati jantung, dan organ dalam lainnya. Dikarenakan jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah anda. Lebih baik anda melakukan konsumsi terhadap daging yang memiliki rendah lemak.

Akan sangat sulit sekali untuk menghindari makanan yang satu ini karena memiliki rasanya yang enak, karena rasanya yang enak bisa membahayakan kolesterol anda. Rata-rata Per 100 g jeroan mengandung sekitar 200 mg kolesterol yang sudah mencakup 50% lebih dari kebutuhan per hari.


Udang

Udang merupakan salah satu makanan laut yang harus dihindari oleh para penderita Kolesterol, karena udang sendiri merupakan salah satu makanan laut yang memiliki Kolesterol paling tinggi. 

Meski udang memiliki nutrisi lain yang juga menyehatkan untuk tubuh, Anda tetap harus mengonsumsi makanan ini dengan hati-hati dan tidak dalam porsi yang berlebihan. Karena udang menyebabkan kadar kolesterol meroket naik. Sebagai contoh, setiap 85 gram udang mengandung 166 mg kolesterol, angka ini sudah lebih dari 50% asupan kolesterol harian seharusnya.

 

Kulit

Selain Organ yang ada di dalam tubuh hewan bagian luarnya yaitu kulit juga merupakan salah satu pantangan untuk penderita Kolesterol, Kulit yang dimaksud di sini bisa kulit ayam, sapi atau yang biasa kita sebut kikil yang banyak mengandung lemak jenuh.Lemak jenuh merupakan kandungan yang sangat jahat bagi penderita kolesterol tinggi.

Sebaiknya anda mulai tidak mengkonsumsi Kulit agar diri anda terhindar dari Kolesterol ataupun menurunkan Kolesterol anda. Jika perlu anda bisa buang kulitnya sebelum disajikan ini bisa membuat Anda tidak tergoda untuk memakannya. Hal ini tentu menjadi salah satu upaya yang perlu dilakukan demi menghindari makanan tinggi kolesterol.

 

Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat saji merupakan salah satu pantangan yang besar untuk penderita Kolesterol, walaupun kebanyakan makanan saji sangat enak, praktis dan cepat disajikan. Fast food tidak memiliki kandungan yang baik untuk tubuh juga.

Fast food memiliki nutrisi yang rendah dan juga memiliki lemak trans yang lumayan banyak,. makanan yang memiliki kandungan lemak trans yang tinggi sangat menjadi pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi. Lemak Trans dapat meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Justru, kadar kolesterol baik akan menurun dan potensi Anda mengalami penyakit lainnya juga akan semakin tinggi.

 

Makanan Manis

Daftar Selanjutnya untuk pantangan makanan yang harus dihindari ialah makanan manis, Beberapa makanan manis seperti Es Krim, Permen dan makanan manis lainnya juga mengandung Kolesterol jahat yang cukup besar. Makanan Manis juga bisa memicu Diabetes, Obesitas, Penyakit Jantung Hingga Kanker.


Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang sangat harus dihindari oleh penderita Kolesterol pasalnya Gorengan memiliki kadar minyak yang tinggi yang mengakibatkan Kolesterol jahat dalam tubuh naik. Apalagi jika makanan anda digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin, akan lebih berbahaya karena kedua bahan tersebut mengandung lemak trans yang bisa memicu penyakit jantung.

Walaupun banyak minyak yang menyehatkan tetapi ada baiknya anda mulai mengurangi melakukan konsumsi terhadap makanan yang mengandung minyak banyak untuk membuat Kolesterol anda turun dan juga terhindar dari penyakit-penyakit lainnya yang tidak diinginkan.

 

Alkohol

Alkohol juga salah satu hal yang harus dihindari oleh Penderita Kolesterol, Kasarnya alkohol sendiri memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang membuat Kolesterol jahat dalam tubuh akan meningkat. Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol sebaiknya anda harus mengurangi Konsumsi alkohol atau kalau bisa tidak melakukan konsumsi alkohol agar terhindar dari penyakit dalam tubuh lainnya seperti Hepatitis, Anemia, Jantung dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

 

Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Yang Terpenting ialah anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga lemak trans. Biasanya, jenis nutrisi ini ditemukan pada makanan yang diolah dari hewan, mulai dari daging merah hingga produk olahan susu. 

Sementara itu, lemak trans biasanya ditemukan pada beberapa jenis makanan, meski jumlahnya yang tidak terlalu besar. Selain itu, lemak trans juga terbuat dari minyak yang dibuat melalui proses pembuatan makanan yang disebut hidrogenasi parsial. Lemak trans yang terbuat dari proses ini biasanya meningkatkan total kadar kolesterol di dalam darah.


namun sering kali makanan enak kita tidak bisa lewatkan, terutama jika berkumpul dengan keluarga maupun merayakan moment tertentu.

Sehingga kamu bisa konsumsi Nutrive Benecol.kandungan plant stanol ester dalam Nutrive Benecol dapat hajar kolesterol dari makanan yang habis kamu konsumsi.

Plant stanol sudah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol, sehingga jika dikonsumsi sehabis makan, plant stanol yang senyawanya mirip dengan kolesterol akan berkompetisi pada misel sehingga kolesterol yang masuk hanya 20%. sedangkan jika tanpa plant stanol ester maka kolesterol yang masuk sebanyak 50%.

Nah sekarang kamu bisa makan enak dengan Nutrive Benecol tanpa khawatir kolesterol, jangan lupa terapkan pola hidup sehat juga ya, hindari stress, minum alkohol, dan perbanyak olahraga Nutrivers.

12 October 2021 - 240 views 4 min to read

Share: