Daftar Pantangan Makanan Untuk Pengidap Penyakit Jantung

Daftar Pantangan Makanan Untuk Pengidap Penyakit Jantung

Penyakit jantung sering menjadi penyakit yang mudah ditemukan, bahkan beberapa orang terdekat anda mungkin ada yang menderita penyakit jantung. Benar saja, data dari WHO menunjukkan bahwa pembunuh terbesar di dunia adalah penyakit jantung iskemik dan bertanggung jawab atas 16% total kematian dunia. WHO juga memaparkan sejak tahun 2000 kematian akibat penyakit ini meningkat lebih dari 2 juta menjadi 8,9 juta per tahun 2019.

Apakah Kolesterol Tinggi Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung?

Jika ada pernah mendengar LDL (low-density lipoprotein) atau biasa disebut juga dengan kolesterol jahat, sebaiknya anda menjaga kadarnya untuk tidak meningkat. Menurut situs Healthline, kadar LDL yang terlalu banyak dalam aliran darah dapat menempel pada dinding arteri dan dapat menyumbatnya.

Arteri yang menyempit lama kelamaan akan menyumbat aliran darah ke jantung, otak, dan beberapa organ penting lainnya. Sehingga berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung sulit untuk dihindari. Apabila anda ingin menghindari penyakit mematikan tersebut, sebaiknya anda juga menghindari mengkonsumsi beberapa makanan yang dilarang menurut situs Healthline.

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Penyakit Jantung

  • Saus

  • Daging olahan

  • Gorengan

  • Kue kering

  • Krimer non-susu

  • Junk food

  • Beberapa potongan daging

  • Mentega

 

Situs Healthline juga menambahkan bahwa makanan tinggi natrium dapat memperburuk penyakit jantung koroner dengan berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Makanan tinggi sodium lainnya yang harus dihindari termasuk:

  • Bumbu seperti mayones dan saus tomat

  • Garam dapur

  • Makanan kemasan

Apabila beberapa makanan di atas masih termasuk di dalam pola asupan harian anda, sebaiknya anda menggantinya dengan makanan yang lebih menyehatkan. Menurut situs Mayo Clinic, konsumsilah makanan diet rendah garam dan mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan, supaya lemak-lemak yang dihasilkan dari makanan langsung dihancurkan dan mencegah peningkatan kadar kolesterol. Nutrive Benecol sangat cocok untuk anda yang sibuk beraktivitas, karena kemasannya yang ringkas bisa anda bawa-bawa kemanapun. Yuk terapkan pola hidup sehat untuk masa tua yang lebih baik!

 

https://www.healthline.com/health/coronary-artery-disease/foods-to-eat-and-avoid#foods-to-avoid

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/the-top-10-causes-of-death

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800

https://www.healthline.com/health/cholesterol-and-heart-disease

11 July 2022 - 7 views 2 min to read

Share: