Daftar Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi Untuk Diet Sehat

Daftar Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi Untuk Diet Sehat

Jika anda yang ingin melakukan Diet anda bisa menjadikan Diet Sehat dengan melakukan konsumsi pada makanan yang memiliki serat tinggi tetapi menyehatkan, metode diet yang satu ini untuk mengurangi berat badan dengan cara membuat kamu merasa kenyang, tanpa mengkonsumsi banyak kalori.

Berbeda dari kebanyakan cara diet lainnya, diet tinggi serat harus dilakukan secara bertahap tidak dengan cara langsung gunanya adalah agar tubuh bisa menyesuaikan diri. Tidak hanya itu, diet tinggi serat juga sangat tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena jika kamu berlebihan maka  merasakan efek samping berupa sakit perut, kram, dan diare. 

Sebelum memulai diet serat kamu perlu mengetahui jenis-jenis serat yang terkandung didalam makanan.

Jenis-Jenis Serat

Serat Larut

Serat larut merupakan serat yang akan menyerap pada cairan sehingga akan bersatu dalam pencernaan anda. Serat ini bisa mengontrol kadar gula yang ada dalam aliran darah dan juga mengurangi Kolesterol jahat. Serat jenis ini bisa anda temui di berbagai makanan seperti Wortel, Kacang Hitam, Ubi, Apel, Oat dan masih banyak juga makanan lainnya.

Serat Tidak Larut

Serat Tidak Larut merupakan kebalikan dari serat larut yaitu tidak bisa larut di dalam cairan tetapi tetap dibutuhkan oleh tubuh, serat ini bisa membantu mencegah sembelit. Makanan Serat tidak larut ialah Buah-buahan yang dikonsumsi dengan kulitnya, Wortel, Brokoli, Mentimun, Susu kedelai dan masih banyak juga jenis makanan serat tidak larut yang lainnya.

 

Makanan serat yang bagus untuk diet sehat

 

1. Gandum

Gandum sangat bagus untuk anda yang ingin melakukan metode serat untuk diet sehat dikarenakan kandungannya yang kaya akan serat dan juga gandum mampu mencegah berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis, seperti penyakit diabetes, jantung koroner, dan hipertensi. Untuk makanan gandum yang bisa kamu makan ialah Roti, Oat hingga gandum utuh loh.

 

2. Biji-bijian

Seperti buah-buahan, kacang dan biji-bijian merupakan camilan tepat bagi Anda yang sedang meningkatkan asupan serat. Ini karena keduanya mengandung banyak serat, bahkan dalam porsi sekecil satu sendok makan sekalipun. Biji-bijian yang bagus ialah Chia Seed, Kuaci, Kacang Polong dan masih banyak lagi.

 

3. Buah-Buahan

Buah-buahan juga termasuk kedalam golongan yang bisa membantu Diet Sehat anda dikarenakan buah-buahan memiliki banyak sekali vitamin, Serat Larut dan Serat Tidak Larut yang seimbang. Buah-buahan yang bagus untuk membantu diet sehat ialah Buah Apel, Pir, Pisang, Pepaya, Berry, Mangga dan masih banyak buah lainnya.

 

4. Sayur-Sayuran

Sayur-Sayuran adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat yang baik. Menurut para ahli gizi sayuran yang berwarna hijau adalah sayuran terbaik yang bisa membantu Diet sehat anda. Selain itu banyak sekali jenis sayuran yang bisa membantu anda untuk diet sehat yaitu Kubis, Brokoli, Wortel, Sawi dan masih banyak lagi jenis sayuran lainnya.


Manfaat Diet Serat Untuk Kesehatan

 

1. Menurunkan Kolesterol

Serat yang anda konsumsi di buah-buahan, Biji-bijian, Sayur-sayuran dan gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Penelitian juga telah menyatakan bahwa makanan tinggi serat sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, seperti mengurangi tekanan darah dan pembengkakan jantung.

 

2. Menjaga Kesehatan usus

Serat yang terkandung di makanan yang dikonsumsi bisa meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Jika makanan membuat feses lebih mudah mencairkannya, serat akan membantu memadatkannya karena serat sendiri menyerap banyak air. Tidak hanya itu, diet tinggi serat juga dapat membantu untuk menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar.

 

3. Membuat Badan Menjadi Lebih Fit

Selain itu Manfaat Diet Serat juga akan membuat tubuh lebih fit, dikarenakan dengan pola hidup sehat yang kita mulai dari makan-makanan yang bergizi dan penuh dengan serat akan membuat tubuh anda tidak mudah lemas, terhindar dari mudah kelelahan, kesemutan, Kram di malam hari dan Masih banyak efek baik lainnya yang akan membuat tubuh anda terasa lebih baru.

 

4. Mengendalikan kadar gula darah

Melakukan Konsumsi pada serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula yang ada di dalam darah. Bahkan, diet sehat yang mencakup serat yang tidak larut juga dapat mengurangi risiko diabetes..Diet tinggi serat juga sama dengan kebanyakan diet lainnya, banyak aturan yang harus kita taati. Jadi pastikan kamu harus bisa menjaga aturan dan pantangan untuk tidak memakan makanan di luar Diet Serat sehat ini.

 


Bagaimana pembaca setia Nutrive Benecol dan Fibershot setelah membaca artikel diatas? Jadi ingin kan untuk memulai diet sehat dengan serat yang mencukupi, tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat karena dengan gaya hidup sehat anda dapat mengurangi penyakit yang akan menimpa anda di kemudian hari. Nutrive Fibershot bisa menjadi pilihan untuk cara enak untuk penuhi kebutuhan serat. Di dalam satu botol Nutrive Fibershot sudah terdapat 16 sari buah dan sayur, sehingga dengan mengkonsumsi 2 botol sehari sudah bantu memenuhi 40% kebutuhan serat harian, dan sisanya kamu bisa dapat dari makan pagi- malam kamu.

Selain itu Untuk anda yang menginginkan kandungan serat terpenuhi dengan mudah ada cara mudah loh yaitu anda bisa mengkonsumsi Nutrive Fibershot untuk memenuhi serat harian anda, kandungan fibershot sendiri ialah erbuat dari kandungan 16 sari buah (apel, jeruk, pir, nanas, anggur, lemon, kiwi, dan alpukat) dan sayur (timun, ubi, tomat, brokoli, wortel, bayam, labu, dan akar bit). Jadi tunggu apalagi Penuhi serat dengan cara enak dengan Nutrive Fibershot. 

12 October 2021 - 196 views 4 min to read

Share: