Daftar Makanan yang Mengandung Serat Larut Tinggi untuk Kesehatan

Daftar Makanan yang Mengandung Serat Larut Tinggi untuk Kesehatan

Banyak orang yang masih kurang peduli terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ditambah lagi kesibukan akibat aktivitas sehari-hari seringkali membuat mereka lupa untuk berolahraga. Akibat kurangnya kesadaran ini membuat banyak orang terserang penyakit bahkan di usia muda. Padahal anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan kaya serat yang dapat menghindari anda dari risiko penyakit yang dapat merugikan tubuh.

Apabila anda kebingungan dalam menentukan makanan yang memiliki kadar serat larut tinggi, simak pembahasan serat lebih dalam. Namun sebelumnya anda harus ketahui dulu apa itu serat larut dan manfaatnya bagi tubuh. Berikut penjelasannya!

Apa Itu Serat Larut?

Jenis serat terbagi menjadi dua, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kedua jenis serat ini sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun keduanya memiliki peran yang berbeda. Menurut situs Mayoclinic, serat larut dapat larut di dalam air dan membentuk bahan seperti gel. Sehingga serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah.

Manfaat Serat Larut

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah, serat larut juga memiliki peran yang penting bagi tubuh. Situs WebMD memaparkan manfaat lain dari serat larut yang perlu anda tahu, beberapa diantaranya adalah:

  • Perlindungan jantung
  • Perlindungan diabetes
  • Penurunan berat badan
  • Pergerakan usus yang sehat

Makanan Dengan Kandungan Serat Larut Tinggi

Tidak sulit untuk menemukan makanan dengan kadar serat larut yang tinggi. Bahkan beberapa makanan dengan serat larut yang tinggi sudah bisa anda temukan pada makanan sehari-hari. Sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengkonsumsinya demi menjaga kesehatan tubuh.

Segera ubah pola hidup anda agar lebih baik dengan mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat, karena makanan tinggi serat larut di bawah ini tidak kalah lezat dan juga dapat memberikan kesehatan bagi tubuh anda. Berikut beberapa jenis makanan dengan kandungan serat larut tinggi menurut situs Mayoclinic dan Cleveland Clinic:

  • Gandum
  • Jelai
  • Kacang-kacangan
  • Apel
  • Jeruk
  • Wortel
  • Sitrus
  • Psyllium

Segera mulai pola hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan makanan berserat tinggi, anda juga dapat mengkonsumsi Nutrive FiberShot sebagai cara enak penuhi serat. kandungan 16 sari buah sayur bantu jaga sistem pencernaan, dan terhindar dari masalah perut seperti sembelit, dan kembung. lakukan pengecekan serat harian anda dari makanan yang anda konsumsi sehari- hari (link ke website kita) dan temukan jumlah serat yang dibutuhkan untuk tubuh dan kekurangannya. dengan mengkonsumsi Nutrive FiberShot, bantu penuhi serat, pencernaan sehat.

Referensi:

Mayoclinic (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983)
Webmd (https://www.webmd.com/diet/features/insoluble-soluble-fiber)
Webmd (https://www.webmd.com/digestive-disorders/dietary-fiber-the-natural-solution-for-constipation)
Cleveland Clinic (https://health.clevelandclinic.org/whats-the-difference-between-soluble-and-insoluble-fiber/)

01 November 2021 - 186 views 2 min to read

Share: