Daftar Makanan untuk Penyakit Diabetes, Yuk Simak!

Daftar Makanan untuk Penyakit Diabetes, Yuk Simak!

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 422 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit diabetes. Para penderita ini mayoritas berasal dari negara yang berpenghasilan rendah dan menengah, hingga 1,5 juta kematian di negara tersebut secara langsung dikaitkan dengan diabetes setiap tahunnya.

Diabetes merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh. Peningkatan ini jika dibiarkan secara terus menerus, dapat menyebabkan kerusakan serius pada pembuluh darah, ginjal, saraf, mata, dan jantung.

Nah, bagi Anda yang menderita diabetes, mungkin sulit untuk bisa mengetahui bagaimana cara menjaga pola makan yang baik supaya gula darah tetap dalam kondisi normal. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, meskipun banyak makanan yang bisa merangsang gula darah naik, masih banyak pula makanan untuk penyakit diabetes yang ramah dikonsumsi.

Dibandingkan memfokuskan diri untuk memikirkan makanan yang sebaiknya dihindari, lebih baik mulai mengganti fokus pada makanan yang bisa Anda konsumsi untuk penyakit diabetes supaya nutrisi tubuh terus terpenuhi dan gula darah tetap terkontrol.

Inilah daftar makanan tinggi serat untuk penyakit diabetes yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Makanan untuk Penyakit Diabetes

  •  Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan ikan teri merupakan sumber asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) yang juga disebut sebagai ‘pemurni darah’. Sumber asam lemak ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, khususnya bagi kesehatan jantung.

Tidak hanya bagi jantung, ikan berlemak juga bisa menjadi makanan untuk penyakit diabetes di mana sangat penting bagi penderita diabetes untuk mendapatkan cukup lemak secara teratur untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. DHA dan EPA kemudian akan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi penanda peradangan, dan dapat membantu meningkatkan fungsi arteri Anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada The American Journal of Medicine dengan judul Fish Consumption and Acute Coronary Syndrome: A Meta-Analysis (2014) menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena sindrom koroner akut seperti serangan jantung, dan memiliki risiko yang lebih kecil meninggal karena penyakit jantung.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa makan ikan berlemak juga dapat membantu mengatur gula darah agar tetap stabil, sehingga baik untuk untuk para penderita diabetes.

  •  Oatmeal

Biji-bijian seperti oatmeal dan gandum merupakan makanan yang memiliki serat tinggi dan baik untuk gula darah Anda. Serat yang terkandung di dalam biji-bijian utuh ini bisa membantu meminimalisir kemungkinan meningkatnya gula darah dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Oatmeal mengandung serat beta-glucans. Serat ini merupakan serat larut yang menyebabkan oat menggumpal dalam cairan. Serat larut ini kemudian yang bertugas mengatur gula darah dalam tubuh dengan memperlambat pemecahan dan penyerapan karbohidrat dari makanan-makanan lain yang Anda konsumsi.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa gandum dapat membantu meningkatkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar insulin.

  •  Telur

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2009 menemukan fakta bahwa sarapan dengan telur yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat membantu para penderita diabetes untuk mengelola kadar gula darah mereka setiap hari.

Hal ini diperkuat dengan manfaat telur yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), dan mengubah ukuran serta bentuk dari kolesterol LDL (jahat).

Penelitian sebelumnya juga mengemukakan hubungan dari konsumsi telur dengan risiko adanya penyakit jantung pada penderita diabetes. Terlebih lagi, beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi telur setiap hari bisa mengurangi risiko terkena stroke.

  •  Yogurt

Selain menyediakan kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang, makanan susu olahan juga merupakan sumber protein yang baik untuk mencegah rasa lapar. Beberapa contoh susu olahan di antaranya yaitu susu, keju, dan yogurt. Semuanya dipercaya mampu untuk membantu menstabilkan kadar gula darah dan dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Bahkan, ada sebuah studi jangka panjang dari BMC (Biomedcentral) pada tahun 2014 yang melibatkan data kesehatan lebih dari 100.000 peserta menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi satu porsi yogurt setiap harinya bisa menurunkan hingga 18% risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Dengan tingginya kadar kalsium, protein, dan jenis lemak khusus yang disebut conjugated linoleic acid (CLA) yang ditemukan dalam yogurt dapat membantu Anda untuk bisa merasa kenyang lebih lama, sehingga berat badan bisa lebih terjaga. Mengonsumsi yogurt juga sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa kekurangan serat.

  •  Kacang

Kacang juga merupakan makanan untuk penyakit diabetes yang sangat terjangkau, bergizi, dan menyehatkan tubuh. Kacang kaya akan vitamin B, serat, hingga mineral yang bermanfaat seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Clinical Nutrition pada tahun 2017 yang melibatkan lebih dari 3.000 peserta, mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena risiko penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan peserta lainnya yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk terus menjaga pola makan agar gula darah tetap terjaga dan tubuh tetap sehat setiap harinya. Makan makanan berserat tinggi juga akan sangat membantu penderita diabetes untuk bisa terhindar dari penyakit lain seperti jantung atau stroke.

Untuk meningkatkan asupan serat di dalam tubuh, Anda bisa mulai mengonsumsi Nutrive FiberShot sebanyak 2 kali setiap harinya. Kandungan Inulin dari Chicory dan Polidextrosa yang ada di dalam Nutrive FiberShot berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang maksimal.

Selain itu, tersedia 16 kandungan sari buah sayur lainnya yang terdapat dalam Nutrive FiberShot. Kandungan tersebut bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

 

Referensi:

10 Best Foods for Diabetes, 2021. https://www.eatingwell.com/article/288045/best-foods-for-diabetes/

Diet for People Living with Diabetes: The Best Foods to Choose and More, 2021. https://www.healthline.com/nutrition/16-best-foods-for-diabetics#takeaway

Diabetes, World Health Organization (WHO). https://www.who.int/health-topics/diabetes#tab=tab_1

03 August 2022 - 4 views 4 min to read

Share: