Daftar Makanan Rendah Serat Terbaik dan yang Bagus untuk Diare

Daftar Makanan Rendah Serat Terbaik dan yang Bagus untuk Diare

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Penyakit diare mungkin sudah dialami oleh hampir semua orang. Bahkan banyak dari kalian yang sudah merasakannya bukan? Memang penyakit ini memiliki disebabkan oleh faktor yang sangat sulit dihindari. Dilansir dari situs Medlineplus, diare dapat disebabkan oleh bakteri dari makanan atau air, virus, parasit, efek obat-obatan, intoleransi makanan, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa dikatakan diare apabila mengalami buang air besar sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari. Bukan tanpa risiko, jika dibiarkan terus menerus diare dapat menyebabkan dehidrasi, demam tinggi, dan rasa sakit parah di perut dan rektum. Untuk itu, anda harus menghindari beberapa makanan penyebab diare dan memilih diet rendah serat untuk menghentikannya.


Diet Rendah Serat untuk Diare

Tidak usah bingung untuk memilih makanan rendah serat untuk mencegah diare terus berlanjut, karena anda hanya perlu mengurangi kadar serat harian dengan mengkonsumsi jenis makanan di bawah ini. Berikut jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mengurangi gejala diare menurut situs OncoLink!

 

Kelompok Makanan Jenis Makanan
Buah-buahan Pisang
Saus apel
Buah kalengan
Buah yang dimasak tanpa kulit atau biji
Jus buah tanpa ampas
Sayuran Asparagus
Kacang hijau
Wortel
Labu
Kupas, buang bijinya dan masak sayuran sampai empuk
Roti & pasta Produk roti yang dibuat dengan tepung putih halus
Pilih produk yang memiliki kurang dari 2 gram serat per porsi
Pasta/mie dibuat dengan tepung halus
Beras putih
Kue beras putih
Kerupuk Graham
Sereal Sereal dingin - Rice Krispies, Corn Flakes, Cheerios, Special K, Golden Grahams, Rice and Corn Chex
Sereal panas - oatmeal dan bubur jagung
Pilih sereal yang memiliki kurang dari 2 gram serat per porsi
Kacang-kacangan Mentega kacang halus
Daging, unggas, ikan dan telur Semua diperbolehkan
Produk susu Semua diperbolehkan jika tidak toleran laktosa

 

Sebelum anda mengkonsumsi makanan yang diinginkan, sebaiknya anda hitung dulu kadar serat yang terkandung pada label makanan. Pilih makanan yang mengandung 2 gram atau kurang serat makanan per porsinya dan carilah makanan yang mengandung serat larut. Menurut situs OncoLink, serat larut menyerap cairan dan dapat membantu meredakan diare.

Hindari Makanan yang Dapat Menyebabkan Diare

Apabila anda sedang mengalami diare, penting untuk menghindari beberapa jenis makanan yang tidak akan menyelesaikan masalah anda. Menurut situs OncoLink, sebaiknya anda menghindari beberapa jenis makanan seperti:

  • Makanan berlemak, berminyak, dan digoreng
  • Makanan pedas dan berbumbu tinggi
  • Makanan dan minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan coklat
  • Hindari mengunyah permen karet, permen bebas gula, dan permen karet yang mengandung alkohol gula seperti sorbitol atau manitol


Serat larut juga bisa didapatkan dari Nutrive Fiber Shot untuk membantu menyelesaikan masalah diare anda. Nah setelah masalah diare anda hilang, jangan lupa untuk menjalani diet tinggi serat supaya fungsi usus semakin baik.

Sebelum anda mengalami gejala-gejala penyakit usus yang sangat mengganggu, yuk konsumsi Nutrive Fiber Shot dua kali di setiap hari! Karena anda akan mendapatkan 10 gram serat dan membantu 30% serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah jangan lupa untuk memenuhi sisanya dengan asupan makanan tinggi serat, supaya berbagai penyakit merugikan bisa dihindari.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/low-fiber-diet/art-20048511
https://www.oncolink.org/support/nutrition-and-cancer/during-and-after-treatment/low-fiber-diet-for-diarrhea#.YaXvxPC_MeA.twitter 

24 December 2021 - 273 views 2 min to read

Share: