Ciri-ciri Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Ketahui Gejala-gejalanya

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Ketahui Gejala-gejalanya

Berada di usia muda tidak menggambarkan bahwa anda memiliki tubuh yang sehat dibandingkan usia tua. Bahkan berbagai penyakit merugikan seperti kolesterol tinggi dapat menyerang tubuh anda sejak muda. Menurut artikel dari National Heart, Lung, and Blood Institute, risiko penyakit jantung dapat dialami oleh mereka yang memiliki peningkatan kadar kolesterol LDL di usia muda. Untuk itu sangat penting memperhatikan kesehatan tubuh selagi anda masih mampu beraktivitas.

Situs Mayoclinic juga memaparkan bahwa pemeriksaan kolesterol pertama harus dilakukan mulai dari usia 25 tahun ke atas, kemudian pemeriksaan harus diulang setiap 5 tahun setelah usia tadi. Pemeriksaan sejak dini secara rutin rutin dapat mencegah anda dan anak-anak anda dari risiko penyakit mematikan.


Penyebab Peningkatan Kadar Kolesterol di Usia Muda

Banyak sekali faktor-faktor yang bisa mengakibatkan tingginya kadar kolesterol di usia muda. Apalagi karena berada di usia produktif, kesibukan sehari-hari juga dapat membuat banyak orang lupa untuk menjaga kesehatan. Situs WebMD memaparkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol saat usia muda, seperti:

  • Riwayat Keturunan
  • Junk Food
  • Perokok Pasif

Beberapa penyebab di atas bisa dibilang paling mudah ditemui saat usia muda. Apalagi bagi anda yang memiliki riwayat keturunan dari orang tua yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sebaiknya anda harus menjaga diri supaya terhindar dari berbagai penyakit yang merugikan.


Ciri-Ciri Peningkatan Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Tidak ada kata terlambat selagi anda masih memiliki waktu untuk mencegahnya, karena peningkatan kadar kolesterol memiliki ciri-ciri yang mudah diidentifikasi. Tentu artikel ini juga akan membantu anda untuk mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi. Berikut ciri-ciri yang harus anda ketahui menurut situs Healthline!

  • Nyeri Dada
  • Nyeri Tengkuk
  • Mual
  • Kelelahan
  • Sesak Nafas

 

Jika anda mengalami beberapa ciri-ciri di atas, segera temui dokter untuk memeriksakan diri anda. Salah satu ciri-ciri di atas mungkin tidak menggambarkan bahwa kadar kolesterol anda meningkat. Namun sebaiknya anda harus tetap berkonsultasi demi menjaga tubuh tetap sehat.
Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak menjaga kesehatan di usia muda, karena sangat disayangkan jika usia produktif anda terganggu akibat penyakit yang menyerang tanpa kenal waktu. 

Untuk terhindar dari kolesterol tinggi, anda bisa konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari langsung setelah makan. Nutrive Benecol juga aman untuk diabetesi karena low GI = 52 (rendah indeks glikemik), sehingga aman untuk kamu konsumsi setiap harinya. kandungan Plant Stanol Ester dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol maupun menjaga kadar kolesterolmu. byebye kolesterol tinggi di usia muda!

Referensi:


https://www.nhlbi.nih.gov/news/2020/high-cholesterol-teens-early-20s-leads-heart-problems-middle-age
https://www.everydayhealth.com/high-cholesterol/high-cholesterol-in-young-adults-raises-heart-attack-and-stroke-risks-later-in-life/
https://medlineplus.gov/highcholesterolinchildrenandteens.html
https://www.webmd.com/cholesterol-management/news/20130430/secondhand-smoke-tied-to-lower-good-cholesterol-in-teen-girls
https://www.healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#cad

29 October 2021 - 514 views 2 min to read

Share: