Ciri-ciri Jantung Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Jantung Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Jantung adalah komponen utama di tubuh manusia yang terbilang sangat krusial. Sebab, jantung berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, jantung juga berperan untuk menjaga tekanan darah, serta mengontrol kecepatan detak dan ritme jantung itu sendiri.

Oleh sebab itu, memiliki kondisi jantung yang sehat merupakan kewajiban yang harus dijaga oleh setiap orang. Tentunya, kamu tidak ingin memiliki jantung yang bermasalah, dong? Sebab, bisa menghambat fungsinya untuk tubuh juga. Memangnya, apa saja yang termasuk ciri-ciri jantung bermasalah?

Yuk, cari tahu mengenai serba-serbi jantung bermasalah di sini!

Penyebab jantung bermasalah

Sebelum menyelami ciri-ciri jantung bermasalah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan jantung bermasalah?

Nah, menurut CDC, pusat pengendalian dan pencegahan penyakit dari Amerika Serikat, jantung bermasalah ini erat kaitannya dengan penyakit jantung seperti koroner, kelainan katup, hingga serangan jantung.

Penyebab jantung bermasalah ini sebenarnya terjadi karena gaya hidup sehari-hari, lho. Supaya lebih jelas, berikut penjelasan dari beberapa penyebab jantung bermasalah:

  • Tekanan darah tinggi

Pertama-tama, orang yang memiliki tekanan darah tinggi berisiko besar terkena penyakit jantung. Menurut CDC, tekanan darah yang tinggi menyebabkan arteri kurang elastis. Akibatnya, aliran darah dan oksigen yang mengarah ke jantung akan berkurang sehingga menyebabkan jantung bermasalah.

  • Merokok

Selain tekanan darah, penyebab jantung bermasalah juga dikarenakan oleh merokok. Saat seseorang merokok secara berkala, plak akan terbentuk di area pembuluh darah. Plak tersebut mampu mengganggu proses arteri yang ingin membawa darah ke area otot jantung.

Dikarenakan plak yang menumpuk, arteri gagal sampai ke area otot jantung sehingga menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

  • Kolesterol tinggi

Tidak kalah penting, memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan jantung bermasalah juga, lho. Adanya kandungan kolesterol tinggi mampu mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah.

 

Saat timbunan lemak semakin bertumbuh, darah menjadi susah untuk melewati arteri. Nah, gumpalan darah yang tertimbun itu bisa pecah dengan sendirinya sehingga membentuk gumpalan baru yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Ciri-ciri jantung bermasalah (gejala)

Ternyata, penyebab jantung bermasalah tidak jauh-jauh dari gaya hidup yang tidak sehat, ya. Lalu, bagaimana ciri-ciri jantung bermasalah? Untuk ciri-cirinya sendiri sebenarnya tergantung dari masalah atau penyakit yang diderita jantung tersebut.

Agar semakin mudah untuk dimengerti, berikut beberapa ciri-ciri jantung bermasalah berdasarkan penyakitnya:

  • Jantung koroner

Menurut Mayo Clinic, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, penyakit jantung koroner disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah koroner yang bisa memberhentikan suplai darah menuju otot jantung. 

Ciri-ciri jantung bermasalah untuk penderita jantung koroner adalah nyeri bagian dada, sesak napas, dingin di bagian kaki dan tangan, serta nyeri pada bagian leher, rahang, hingga tenggorokan.

  • Cacat jantung

Untuk ciri-ciri jantung bermasalah pada penderita cacat jantung bawaan adalah pembengkakan di bagian kaki, perut, atau mata. Seseorag yang mengalami jantung bermasalah juga memiliki kulit yang berwarna abu-abu pucat, disertai sesak napas.

  • Masalah pada otot jantung

Ciri-ciri jantung bermasalah lainnya juga bisa didapatkan oleh penderita di bagian otot jantung. Gejala seseorang yang memiliki masalah pada otot jantung adalah sering mengalami sesak napas saat beraktivitas, bengkak di bagian kaki, detak jantung yang terlalu cepat, pusing, sakit kepala, hingga mudah lelah.

  • Infeksi jantung

Sedangkan untuk penderita infeksi jantung, ciri-ciri jantung bermasalah ini dimulai dari demam. Lalu, gejala lainnya pun akan ikut berdatangan seperti perubahan irama jantung, sesak napas, batuk kering, ruam pada kulit, dan bengkak di bagian kaki hingga perut.

  • Masalah katup jantung

Pada dasarnya, jantung memiliki 4 katup yang terdiri dari aorta, trikuspid, mitral, dan juga pulmonal. Seluruh katup tersebut tentunya memiliki fungsi tersendiri.

Nah, jika salah satu katup jantung bermasalah, maka hal itu mampu menghambat fungsi jantung juga. Akhirnya, jantung pun bermasalah. Ciri-ciri jantung bermasalah yang didasari oleh katupnya yaitu sesak napas, mudah lelah, sakit di bagian dada, detak jantung tidak teratur, hingga pingsan.

Cara mengatasi jantung bermasalah

Itu dia berbagai ciri-ciri jantung bermasalah berdasarkan penyakit tertentu. Sebagai salah satu komponen tubuh yang sangat krusial, tentunya jantung perlu dijaga. Jika sudah terkena penyakit dan mengalami ciri-ciri seperti yang ada di atas, kamu harus mengatasinya sesegera mungkin.

 

Bagaimana cara mengatasi jantung bermasalah? Yuk, kita bedah bersama.

  • Obat-obatan

Penting untuk dikonsumsi, penderita jantung bermasalah harus memiliki obat-obatan yang mampu mengurangi penyakitnya tersebut. Namun, pemilihan obat-obatan ini tidak bisa sembarangan, ya. Kamu harus mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan resep.

  • Operasi

Selain mengonsumsi obat-obatan, jantung bermasalah juga bisa diatasi dengan operasi. Jenis operasi yang dilakukan pun tergantung penyakit yang diderita. Beberapa jenis operasi jantung bisa berupa ablasi, operasi katup, hingga implan alat pacu jantung.

  • Merubah gaya hidup

Terakhir, cara mengatasi jantung bermasalah melalui perubahan gaya hidup ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho. Beberapa langkah yang bisa diikuti adalah rutin berolahraga setiap harinya, berhenti merokok, berhenti mengonsumsi alkohol. 

Kemudian, perubahan gaya hidup juga bisa diteruskan ke makanan yang dikonsumsi. Kamu disarankan mengonsumsi makanan yang rendah natrium serta rendah lemak. Sebab, banyaknya lemak di dalam makanan bisa membentuk kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

Usahakan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi ya, karena kolesterol memegang peranan yang cukup penting juga sebagai penyebab jantung bermasalah. Kalaupun kamu mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, pastikan disiasati dengan konsumsi Nutrive Benecol di saat yang bersamaan.

Alasannya, karena mengonsumsi Nutrive Benecol mampu mengurangi kadar kolesterol di tubuh sebanyak 7-10%. Sangat membantu, bukan? Yuk, konsumsi Nutrive Benecol mulai dari sekarang! 

03 August 2022 - 37 views 4 min to read

Share: