Ciri-ciri Feses Normal yang Menandakan Pencernaan Anda Sehat

Ciri-ciri Feses Normal yang Menandakan Pencernaan Anda Sehat

Kotoran atau feses yang dikeluarkan bisa menjadi gambaran kondisi kesehatan tubuh Anda, salah satunya sistem pencernaan. Selain melalui darah atau air seni, ternyata feses juga bisa memberikan informasi tentang keadaan atau kondisi tubuh Anda. Mungkin terkesan jorok ketika membicarakan tentang feses, ya. 

Tubuh manusia memerlukan energi untuk beraktivitas, energi tersebut bisa diperoleh dari makanan yang kita makan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah melalui sistem pencernaan dan diubah menjadi energi agar tubuh bisa mempunyai tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Setelah makanan diproses dalam sistem pencernaan, akan ada sisa-sisa makanan hasil proses pencernaan yang tidak diperlukan oleh tubuh, yaitu feses. Oleh karena itu, feses harus dibuang agar tidak menumpuk dan memberikan ruang kepada organ sistem pencernaan untuk mengolah makanan yang akan kita makan selanjutnya.

Saat feses dikeluarkan melalui kegiatan buang air besar (BAB), ada ciri-ciri yang ditunjukkan dan menandakan bahwa feses Anda normal. Apa sajakah ciri-cirinya ? 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri feses normal yang bisa Anda ketahui. Lebih jelasnya, cari tahu di bawah sini.

Ciri-ciri Feses Normal dalam Sistem Pencernaan yang Sehat

Memiliki Tekstur Lembut

Ciri feses yang normal pada sistem pencernaan yang sehat biasanya berbentuk lonjong mirip sosis atau ular. Apabila feses lembek dan encer, ada kemungkinan sistem pencernaan Anda tidak berfungsi dengan baik. 

Jenis makanan yang sulit untuk dicerna dengan baik oleh pencernaan adalah makanan pedas, makanan berminyak, dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Frekuensi BAB yang Normal

Melansir situs Healthline, frekuensi buang air besar yang normal adalah antara tiga kali sehari hingga tiga kali dalam seminggu.

Namun, ada gangguan pencernaan yang menyebabkan orang kesulitan buang air besar, yaitu sembelit. Konstipasi (sembelit) adalah gangguan pada pencernaan karena terjadi penurunan kinerja organ usus.

Berwarna Kecokelatan dan Memiliki Bau yang Normal

Warna kecokelatan pada feses berasal dari zat pemberi warna (pigmen) yang bernama bilirubin. Zat ini merupakan hasil dari perombakan sel darah merah yang sudah tua. Salah satu fungsi hati adalah merombak sel darah merah yang sudah tua dan dari proses tersebut akan menghasilkan suatu senyawa, yaitu birubilin yang bisa mewarnai feses dan urine.

Selain warna, feses juga menghasilkan bau khas yang tidak sedap. Feses akan selalu mengeluarkan bau yang tidak sedap ketika dikeluarkan. Aroma tidak sedap ini berasal dari pembentukan gas oleh bakteri di dalam usus. Feses yang berbau merupakan salah satu ciri feses yang sehat. 

Tidak Menimbulkan Rasa Sakit Saat BAB

Pencernaan yang sehat tidak menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. Sistem pencernaan yang baik, membuat feses mudah dikeluarkan ketika BAB. Jika ada rasa sakit saat BAB, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan, yaitu penyakit wasir.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai ciri-ciri feses normal. Ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui kondisi pencernaan dalam tubuh Anda. Bila tidak menemukan ciri-ciri tersebut, kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan.

Namun, Anda tidak perlu panik karena hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot.

Nutrive FiberShot bisa membantu menjaga saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit, wasir dan gangguan pencernaan lainnya. Nutrive FiberShot merupakan minuman tinggi serat yang mengandung 16 sari buah dan sayur. 

Nutrive FiberShot bisa dikonsumsi dua kali sehari setelah makan untuk memenuhi kebutuhan serat. Kandungan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa pada Nutrive FiberShot akan bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus sehingga sistem pencernaan terjaga kesehatannya dan penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal.

Jangan lupa untuk selalu sedia Nutrive FiberShot di rumah Anda !

06 October 2022 - 26 views 3 min to read

Share: